Efektif dan Mudah! 8 Jenis Olahraga Peninggi Badan Ini Wajib Anda Coba

0
26

Hampir setiap orang punya dambaan memiliki tinggi badan ideal. Namun, tidak semua orang memiliki tinggi badan ideal tersebut. Salah satu faktor yang mempengaruhi adalah faktor genetik atau keturunan. Meski begitu bukan berarti kita tidak bisa memiliki tubuh tinggi bukan?. Ada banyak yang bisa dilakukan untuk mendapatkan tubuh tinggi, seperti mengkonsumsi makanan dan minum yang mengandung kalsium, atau rutin berolahraga. Bagi anda yang ingin memiliki tubuh tinggi dan ideal, salah satu cara untuk mendapatkannya adalah dengan berolahraga. Beberapa jenis olahraga memang dikenal dapat membantu meninggikan badan. Nah, berikut ini merupakan daftar olahraga peninggi badan yang perlu anda ketahui.

Jenis Olahraga Peninggi Badan

Olahraga memang diketahui dapat membantu seseorang untuk meninggikan badan secara efektif. Inilah beberapa jenis olahraga meninggikan badan yang dapat anda coba lakukan.

1. Basket

Basket merupakan salah satu olahraga yang cukup banyak digemari serta populer sebagai olahraga peninggi badan. Berlari dan melompat adalah gerakan utama dalam olahraga ini. Kedua gerakan ini dilakukan secara konstan selama permainan yang akan menimbulkan guncang pada lempeng pertumbuhan.

Hal ini akan membuat darah banyak mengalir ke lempeng sehingga membantu merangsang pertumbuhan. Selain itu, gerakan meloncat akan membuat otot meregang dan berkontraksi yang juga dapat merangsang pertumbuhan tulang.

2. Berenang

Bagi anda yang mendambakan tubuh tinggi, berenang bisa menjadi pilihan olahraga yang dapat dilakukan. Gerakan pada renang ini dapat membantu merangsang pertumbuhan tulang, terutama pada tulang belakang.

Saat berenang, otot tubuh akan bergerak ketika melakukan gerakan horizontal. Melakukan gerak di dalam air berarti melawan gravitasi yang dapat menyebabkan otot di bagian dada akan meregang dan berkontraksi. Tidak mengherankan jika berenang mampu merangsang pertumbuhan tulang dengan baik dan efektif.

3. Bersepeda

Bersepeda merupakan jenis olahraga peninggi badan yang dapat dilakukan setiap hari. Gerakan mengayuh sepeda ini mampu meningkatkan aliran darah pada otot paha dan lutut, sehingga dapat merangsang tulang tumbuh. Olahraga ini juga dapat memperlancar aliran oksigen ke seluruh tubuh sehingga tubuh bagian atas akan menjadi lebih kuat. Manfaat lain dari bersepeda yaitu untuk menjaga kesehatan paru-paru dan jantung, serta dapat menambah stamina.

4. Lompat Tali atau Skipping

Salah satu cara sederhana dan efektif untuk meninggikan badan adalah dengan melakukan lompat tali atau skipping. Untuk melakukan olahraga ini tentunya anda memerlukan tali khusus yang dapat dibeli di toko peralatan olahraga, serta tekad untuk konsisten dalam menerapkannya.

Manfaat lompat tali akan membuat otot tubuh menjadi lebih renggang dan berkontrasi, tertama di bagian kaki. Gerakan melompat ini dapat meningkatkan hormon pertumbuhandi seluruh bagian tubuh. Olahraga ini sangat cocok bagi anda yang menyukai olahraga ringan dan dapat dilakukan dimana saja.

5. Bertahan pada Tiang

Olahraga Peninggi Badan

Bertahan pada tiang merupakan olahraga peninggi badan termudah di antara yang lain. Cara melakukan pun mudah, anda hanya perpegangan di tiang serta bertahan selama mungkin. Latihan ini cukup efektif untuk menambah tinggi badan apabila dilakukan secara rutin. Tidak hanya itu, latihan bertahan pada tiang ini juga membantu memperkuat otot tulang belakang dan perut.

6. Yoga

Yoga dikenal sebagai olahraga yang mengandalkan kelenturan tubuh. Tidak hanya itu, sejumlah gerakan pada yoga ternyata dapat membantu merangsang pertumbuhan tulang. Gerakan yoga tersebut di antaranya mountain, triangle, chakrasana, tree, adho mukha syanasana, dan surya namaskar.

Selain itu, olahraga ini juga dapat memberikan ketenangan dan menghilangkan stress, serta membuat sendi dan otot menjadi rileks. Sendi dan otot yang rileks ini yang dapat membantu memperlancar aliran hormon pertumbuhan pada tubuh.

7. Stretching

Stretching atau gerakan merenggangkan tubuh yang umumnya dilakukan sebagai pemanasan sebelum melakukan olahraga sesungguhnya seperti renang atau sepak bola. Ada berbagai macam gerakan olahraga stretching untuk meninggikan badan, seperti cobra stretching.

Cara melakukan cobra stretching ini cukup mudah, pastikan tubuh dalam posisi tengkurap. Selanjutnya, angkat tubuh bagian atas dan kepala menghadap ke atas, lakukan gerakan tersebut secara perlahan. Gerakan pada olahraga peninggi badan ini dipercaya cukup efektif untuk menambah tinggi badan, karena mampu merangsang pertumbuhan tulang dengan baik.

8. Squat Jump

 

Olahraga Peninggi Badan

Squat Jump

Squat jump adalah olahraga peninggi badan yang dapat dengan mudah dilakukan sehari-hari. Gerakan pada squat jump ini dapat melatih otot serta merangsang tulang untuk tumbuh. Olahraga ini tidak bisa dilakukan secara sembarang meskipun gerakannya mudah.

Cara melakukan squat jump antara lain:

Pertama, posisikan tubuh dalam berdiri tegak serta kaki agak terbuka. Selanjutnya, letakkan kedua tangan di belakang kepala dan ambil posisi jongkok secara perlahan. Ketika dalam posisi jongkok sebaiknya tahan selama beberapa detik, kemudian lakukan gerakan melompat.

Itulah beberapa jenis olahraga peninggi badan yang wajib anda coba untuk mendapatkan tinggi badan ideal. Selain mencoba meninggikan badan dengan cara berolahraga, ada baiknya jika kita mengimbangi kegiatan tersebut dengan mengkonsumsi makanan sehat dan bernutrisi. Makanan yang dapat dikonsumsi seperti susu, ikan, daging sapi, brokoli, jamur, kacang-kacangan, dan lain sebagainya.

Selain itu, anda juga perlu memperbaiki gaya hidup yang tidak baik bagi kesehatan misalnya kurang tidur, merokok, mengonsumsi alkohol, atau mengkonsumsi suplemen peninggi badan. Apabila ingin mengkonsumsi obat-obatan atau suplemen tertentu sebaiknya konsultasikan dengan dokter, untuk mengetahui formula yang tepat untuk meninggikan badan. Semoga cara tersebut bermanfaat dan dapat membantu anda yang menginginkan tinggi badan ideal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.