Cara Aktifkan Mode Gelap di Instagram di iPhone dan Android

2
47

Instagram merupakan sebuah platform media sosial yang cukup populer. Hampir semua orang mempergunakan media sosial yang satu ini. Sebagai aplikasi yang cukup memiliki nama besar, tidak heran jika instagram selalu hadir dengan inovasi terbaru dan menyegarkan. Salah satunya adalah mode gelap. Baru-baru ini, instagram mempersembahkan fitur baru yaitu mode gelap. Fitur yang telah dinanti-nanti ini makin menambah apik tampilan instagram dan membuatnya makin diminati. Karena penasaran, penggunanya berlomba-lomba untuk aktifkan mode gelap di Instagram.

Keuntungan Aktifkan Mode Gelap di Instagram

Dalam menciptakan sebuah inovasi, instagram tidak pernah main-main. Persembahan fitur-fiturnya yang canggih selalu bisa menarik dan bermanfaat bagi para penggunanya. Begitu pula dengan mode gelap Instagram. Anda akan melihat bagaimana fitur ini mampu menarik perhatian para pengguna instagram yang setia. Sebelum aktifkan mode gelap di Instagram, sebaiknya kita pelajari lebih jauh mengenai fitur terbaru ini.

Seperti mode gelap aplikasi lainnya, di sini Anda akan mendapatkan berbagai keuntungan jika menggunakannya, diantaranya adalah :

1. Menghemat Baterai

Pembaharuan mode gelap pada instagram merupakan sebuah terobosan yang akan mampu mengurangi penggunaan daya smartphone Anda. Seperti yang kita ketahui bahwa pemakaian layar yang terang dengan pencahayaan maksimal akan menyerap energi lebih banyak. Kondisi ini akan membuat daya baterai smartphone Anda menjadi cepat berkurang.

Dengan menginstal mode gelap, banyak fitur warna yang dimatikan. Pemakaian cahaya menjadi lebih sedikit sehingga bisa mengurangi penggunaan power baterai. Dengan penggunaan daya yang minimalis, smartphone Anda akan lebih hemat baterai. Waktu hidup baterai menjadi lebih panjang dan Anda tidak perlu bolak balik mengisi baterai.

2. Mengurangi Radiasi Cahaya di Malam Hari

Mode gelap membantu Anda mengurangi radiasi cahaya ketika aplikasi instagram dibuka di malam hari. Dengan pencahayaan yang redup, membuka aplikasi ini dengan mode normal dapat memancarkan cahaya yang terlalu terang. Hal ini dapat menyakiti mata Anda jika dilihat dalam waktu yang terlalu lama. Oleh sebab itu, sangat tepat jika Anda mulai menggunakan mode gelap untuk menyayangi mata.

3. Mudah Terlihat Ketika Siang Hari

Membuka aplikasi instagram di siang hari yang terik dan terang seringkali tidak terlihat. Hal ini disebabkan silau yang ditimbulkan oleh sinar matahari. Anda bahkan harus memicingkan mata untuk bisa melihat tulisan atau gambar dengan jelas. Jika Anda mengaktifkan background layar warna hitam pada instagram, semua yang ada di layar smartphone akan terlihat lebih terang.

Cara Mengaktifkan Mode Gelap di Instagram pada Pengguna iPhone

Berita bahagia ini juga untuk mereka yang menggunakan iPhone. Instagram telah memperbarui fitur mode gelapnya. Sayangnya, mode gelap untuk iPhone hanya bisa diakses oleh mereka yang telah support iOS terupdate yaitu versi13. Jika iPhone Anda belum iOS versi 13, Anda harus segera mengupgradenya terlebih dahulu. Untuk melakukan upgrade iOS iPhone, Anda bisa mendapatkannya di App Store. Setelah upgrade, Anda baru bisa aktifkan mode gelap di instagram dan menikmatinya.

Berikut ini adalah panduan cara mengaktifkan mode gelap di Instagram untuk pengguna iPhone dengan syarat menggunakan iOS versi 13. Diantaranya adalah :

  1. Periksa di pengaturan apakah iPhone Anda sudah terupgrade pada iOS versi 13
  2. Jika belum, Anda bisa mendownload dari App Store
  3. Jika sudah, Anda bisa melanjutkan melakukan penginstalan fitur mode gelap
  4. Untuk aktifkan mode gelap di instagram, Anda bisa mulai dari menu setting
  5. Masuk pada menu display
  6. Pilih fitur Mode Gelap atau dalam Bahasa Inggris Dark Mode
  7. Setelah menu mode gelap terinstal, Anda bisa keluar dari menu setting
  8. Masuk ke App Store
  9. Pilih aplikasi Instagram
  10. Download aplikasi instagram terbaru
  11. Buka aplikasi instagram
  12. Anda sudah bisa menikmati fitur mode mode gelap terbaru

Jika Anda bosan dan ingin kembali menggunakan tema normal, Anda bisa melakukan langkah berikut, yaitu :

  1. Masuk ke menu Setting
  2. Pilih menu display
  3. Aktifkan Light Mode
  4. Instagram Anda akan kembali menggunakan menu normal seperti biasanya.

Sayangnya, ada satu kekurangan yang mungkin ditemui para pengguna iPhone. Yaitu tidak semua seri keluaran iPhone support untuk iOS versi 13. Ada beberapa type iPhone yang tidak mumpuni untuk diinstal iOS versi terbaru ini. Salah satunya adalah iPhone 5S. Anda bisa saja memaksa untuk memasang fitur mode gelap, namun hal ini tidak akan berhasil. Anda tidak akan bisa menemui mode gelap pada iPhone versi ini.

Cara Mengaktifkan Mode Gelap di Instagram pada Pengguna Android

Mode gelap instagram di handphone Andriod juga serupa dengan iPhone untuk pengaplikasiannya. Tidak banyak perbedaan untuk cara aktikan mode gelap di Instagram di Android dan iOS. Dibutuhkan spek minimal OS Android 10 supaya bisa menginstal fitur terbaru instagram ini. Fitur night mode ini biasanya hadir untuk smartphone android kelas menengah ke atas. Yakni untuk layar smartphone yang sudah menggunakan AMOLED atau super AMOLED. Salah satu contoh HP android yang support untuk fitur ini adalah Samsung Galaxy Note 10+.

Berikut ini adalah beberapa tahapan cara mengaktifkan mode gelap di Instagram untuk pengguna smartphone android, diantaranya adalah :

1. Pastikan smartphone Android Anda sudah menggunakan OS terbaru yaitu OS android 10 atau android pie.

2. Masuk ke menu setting, lalu pilih menu display.

3. Disana, Anda akan melihat pilihan Night Mode. Anda bisa menggeser tombol untuk mengaktifkannya.

4. Kemudian, akan muncul notifikasi untuk mengaktifkan Toggle. Pilih “Turn On Now” dan Anda akan mendapatkan layar berganti ke mode gelap.

5. Dari sini, Anda bisa langsung menuju ke Play store untuk menginstal aplikasi Instagram

6. Proses penginstalan instagram ini merupakan langkah yang sangat penting. Hal ini disebabkan Anda harus bergabung dengan program Beta dari Instagram untuk mendukung pengaktifan mode gelap instagram.

7. Carilah aplikasi instagram di Play store Anda. Setelah menemukannya jangan langsung diinstal.

8. Anda harus scroll layar ke bagian bawah terlebih dahulu. Disana, Anda akan menemukan pilihan “Join the beta”. Program ini ditujukan untuk mendukung fitur-fitur yang baru dirilis oleh instagram dan supaya Anda bisa memberi masukan atau feedback pada mereka.

9. Pilihlah tombol “Join”

10. Tunggu beberapa saat hingga muncul perintah untuk update aplikasi instagram.

11. Jika Instagram telah teraplikasi pada versi beta, Anda bisa memulai untuk membuka media sosial ini.

12. Proses mengaktifkan mode gelap di Instagram pada smartphone Android telah selesai. Anda bisa menikmati fitur yang nyaman di mata ini.

Itulah beberapa langkah yang bisa Anda gunakan untuk aktifkan mode gelap di Instagram, baik bagi pengguna iPhone ataupun Android. Setiap platform memiliki kekurangan tersendiri. Namun bagaimanapun, fitur instagram terbaru ini merupakan terobosan yang sangat menguntungkan bagi penikmat instagram. Tampilannya menjadi lebih cantik, cathcy dan lebih menarik dari berbagai segi. Jadi, apakah Anda sudah menggunakan mode gelap untuk instagram?

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.