Sakit Pinggang

Sakit pinggang bukan hanya dialami oleh kaum manula saja. Anak muda sekarang ini juga banyak yang mengeluhkan sakit di bagian tengah tubuh mereka. Pinggang adalah bagian yang sangat penting untuk menopang aktivitas harian seperti bergerak, berjalan dan lain sebagainya. Tanpa pinggang yang sehat, nyaman dan lentur, semua aktivitas akan terasa berat dan terganggu. Itulah mengapa Anda harus mengetahui semua penyebab penyakit ini sehingga bisa menemukan cara mengobatinya dengan tepat.

Penyebab Umum Terjadinya Sakit Pinggang

Kira-kira apa sajakah yang menyebabkan Anda tiba-tiba merasa sakit pinggang? Apakah hanya karena terbentur sesuatu, cedera otot atau ada kemungkinan lainnya? Sakit yang dialami di daerah pinggang ini biasanya terasa nyeri, nyilu atau pegal. Ada berbagai macam faktor yang menyebabkan timbulnya rasa sakit ini. Berikut ini adalah beberapa penyakit atau kelainan dalam tubuh yang menyebabkan Anda sakit pinggang. Diantaranya adalah :

1. Duduk Terlalu Lama

Berada dalam kondisi terlalu lama sering kali menyebabkan permasalahan. Berdiri terlalu lama bisa menyebabkan otot betis menjadi kram, pegal dan lain sebagainya. Begitu pula dengan duduk terlalu lama. Anda akan merasakan sakit di bagian pinggang jika tidak mengubah posisi duduk dalam beberapa waktu.

2. Cedera Otot

Berlatih atau olahraga terlalu keras dan lama juga bisa menjadi penyebab terjadinya sakit di daerah pinggang. Hal ini disebabkan otot mengalami cedera ketika berlatih terlalu berat. Selain itu, tertabrak benda keras di bagian pinggang juga akan mencederai otot juga tulang.

3. Kelainan Tulang Punggung

Bagi mereka yang sudah berusia lanjut, kelainan atau perubahan tulang mungkin saja terjadi. Kelainan ini akan membawa dampak seperti rasa sakit atau nyeri yang dirasakan oleh tubuh. Salah satunya terasa di bagian pinggang.

4. Usus Buntu

Pernahkah Anda mendengar penyakit usus buntu? Ya, salah satu gejala penyakit usus buntu adalah sakit pinggang yang tidak tertahan. Umumnya, rasa sakit akan dirasakan pada pinggang bagian kanan sesuai dengan letak usus buntu. Semakin besar peradangannya, rasa nyeri akan lebih sering terasa.

5. Kelainan Ginjal

Ginjal terletak di rongga perut bagian bawah. Setiap orang terlahir dengan dua ginjal yang terletak di bagian kiri dan kanan. Ketika ginjal mengalami permasalahan, gejala yang pertama kali terasa adalah rasa nyeri yang ada di daerah panggul dan pinggang. Bisa jadi, sakit pinggang yang Anda rasakan berasal dari ginjal yang bermasalah.

6. Kelainan Organ Reproduksi

Organ reproduksi terletak di area panggul. Ketika organ ini mengalami beberapa permasalahan seperti kista, miom dan lain sebagainya, rasa nyeri akan menjalar hingga ke bagian pinggang. Itulah mengapa kaum wanita adalah yang paling sering merasakan sakit di area ini.

Cara Mengatasi Sakit Pinggang

Sebelum mencari bagaimana mengatasi back pain istilah inggrisnya, Anda harus mengetahui penyebabnya dengan pasti terlebih dahulu. Hal ini diperlukan supaya cara penyembuhan yang dipilih bisa tepat dan sesuai dengan penyakitnya. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengobati sakit di daerah pinggang. Diantaranya adalah :

1. Istirahat

Pengobatan sakit di area pinggang yang pertama adalah dengan beristirahat secukupnya. Cara ini bisa dilakukan jika Anda mengalami kelelahan seperti habis beraktivitas berat atau olahraga tingkat tinggi. Sakit ini yang disebabkan oleh posisi duduk juga bisa disembuhkan melalui istirahat yang cukup.

2. Kompres Air Dingin atau Hangat

Cara kedua ini dilakukan jika Anda mengalami cedera otot atau tulang yang tidak terlalu serius. Tubuh memiliki sistem untuk menyembuhkan dirinya sendiri. Oleh sebab itu Anda tidak perlu khawatir. Yang perlu Anda lakukan adalah mengompres pinggang dengan air dingin atau hangat sesuai dengan kebutuhan. Hal ini dilakukan untuk mengurangi rasa nyeri yang terjadi.

3. Obat Pereda Nyeri

Langkah terakhir adalah dengan mengonsumsi obat pereda nyeri. Obat ini harus didapatkan dengan resep dokter. Anda tidak boleh minum obat pereda nyeri sembarangan karena akan berbahaya jika tidak mengetahui dosis tepatnya.

Sakit di area belakang ini memang bisa dialami siapa saja dan kapan saja. Rasa nyeri yang terjadi di daerah pinggang ini masih dikategorikan aman jika tidak kambuhan dan berlangsung lama. Namun jika sakitnya semakin meluas dan tidak kunjung sembuh, Anda harus segera mengunjungi dokter ahli.

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.