Cek Tagihan Listrik

Tagihan listrik pasca bayar adalah salah satu pengeluaran yang sangat diperhitungkan setiap bulannya dalam anggaran rumah tangga. Hal ini tentu saja karena tagihannya tidak tetap dan berdasarkan pada besarnya daya yang digunakan. Jangan sampai Anda telat melakukan pembayaran dan berakhir dengan pemadaman listrik yang akan membuat Anda kebingungan. Agar hal itu tidak terjadi, akan lebih baiknya bila Anda tahu cara cek tagihan listrik yang harus dibayarkan dan tanggal jatuh temponya.

Beberapa Cara Cek Tagihan Listrik PLN

Berikut ini adalah beberapa cara cek tagihan listrik PLN yang bisa Anda gunakan agar tahu berapa tagihan yang sebenarnya.

1. Cara cek tagihan listrik PLN lewat HP

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan layanan telepon untuk menghubungi pihak PLN. Caranya mudah yaitu Anda cukup menghubungi nomor 123 bila menggunakan telepon rumah. Bila Anda menelponnya dengan handphone, format telponnya harus disisipkan kode area dan dilanjutkan dengan 123. Sebagai contohnya adlah 021-123 untuk Anda yang bertempat tinggal di Jakarta.

Setelah panggilan Anda tersambung, ikuti perintah yang dikatakan oleh operator yang terhubung dengan Anda. Sayangnya cara ini tidak bebas pulsa karena Anda akan dibebankan biaya seperti Anda melakukan panggilan normal. Namun cara mengecek tagihan listrik via telepon ini sangat membantu karena Anda dapat melakukannya setiap saat selama 24 jam ke call centre PLN.

2. Cara cek tagihan listrik online via website

Untuk Anda yang akrab berselancar dengan dunia maya, ada cara mengecek tagihan listrik yang sangat direkomendasikan dan mudah dilakukan. Caranya adalah dengan menggunakan website yang hasilnya akurat walaupun website ini bukan resmi milik PLN.

Caranya adalah dengan masuk ke alamat website cekbill.com. Nantinya Anda akan menemukan kolom untuk mengisikan ID Anda sebagai pelanggan. Kemudian masukkan ID pelanggan PLN Anda dan cek berapa tagihan yang harus dibayarkan melalui cekbill. Saat proses sudah selesai, Anda akan tahu berapa tagihan listrik yang harus dibayarkan.

3. Cara cek tagihan listrik PLN dengan SMS

Selain 2 cara di atas, ada lagi cara mengecek tagihan listrik yang bisa Anda gunakan yaitu melalui SMS. Ini merupakan cara cek tagihan yang paling mudah bagi Anda yang tidak memiliki akses internet ataupun smartphone.

Namun layanan ini hanya bisa digunakan untuk pelanggan operator Telkomsel, Xl, Indosat dan flexi saja. Format SMS yang bisa Anda gunakan untuk melakukan pengecekan adalah REK(spasi)No ID Pelanggan. Selanjutnya kirimkan SMS tadi ke nomor 8123.

Untuk Anda yang ingin mengetahui berapa tagihan listrik setiap bulannya tanpa harus melakukan pengecekan setiap bulannya, Anda dapat berlangganan layanan SMS ini. Caranya adalah dengan mengirim format SMS PLN(spasi)ON(spasi)No ID Pelanggan dan kirimkan ke 8123.

Untuk berhenti dari layanan ini, Anda dapat mengirimkan SMS dengan format PLN(spasi)OFF(spasi)No ID Pelanggan dan kirim ke 8123. Untuk menggunakan layanan ini, Anda akan dibebankan biaya Rp. 500 untuk setiap pesan yang dikirimkan dan tariff ini sama untuk semua operator.

4. Cara cek tagihan listrik PLN via aplikasi

Bagi Anda yang memiliki smartphone, saat ini ada aplikasi yang memudahkan Anda dalam cek tagihan listrik. Ini adalah salah satu cara PLN memanfaatkan teknologi untuk memudahkan pelayanan bagi masyarakat.

Nama dari aplikasi ini adalah PLN mobile dan berisi beberapa fitur lainnya yang dapat digunakan. Untuk menggunakan cara ini tentu saja Anda harus mendownload terlebih dahulu aplikasi PLN mobile melalui Google play atau app store.

Setelah download selesai, daftarkan dahulu ID Anda untuk set up profile. Bagi yang belum pernah menggunakannya, klik “Daftar” dan isi semua informasi yang harus diisi dan lanjutkan dengan melakukan penyimpanan dengan menekan tombol “simpan”. Setelah itu Anda sudah bisa log in ke dalam profil Anda dan mengetahui berapa tagihan listrik yang harus dibayar.

Bagi Anda yang tidak memiliki profil, Anda juga dapat menggunakan layanan aplikasi ini tanpa melakukan log in. caranya adalah dengan klik “Masuk tanpa log in” dan lanjutkan dengan klik pilihan “Informasi” di bagian atas. Selanjutnya Anda akan diarahkan untuk masuk ke halaman informasi yang ingin diketahui.

Sebagai contoh untuk cek tagihan listrik, Anda cukup klik opsi “Informasi Tagihan dan Token Listrik”. Nantinya akan muncul pop up yang meminta Anda memasukkan IDPEL (nomor pelanggan) atau nomor meter Anda dan dilanjutkan dengan menekan tombol “cari”. Dengan otomatis nantinya akan ada pemberitahuan berapa jumlah tagihan Anda yang terpampang di layar ponsel.

Selain untuk cek tagihan listrik, aplikasi ini juga dapat Anda manfaatkan untuk mengakses pelayanan lain. Beberapa layanan yang bisa dilakukan adalah untuk mengetahui pemakaian kwh listrik, melihat transaksi token dan status pengaduan. Selain itu aplikasi ini juga berguna untuk mencari tahu tempat pembayaran terdekat bagi Anda yang mungkin baru saja berpindah tempat tinggal dan belum mengetahuinya.

Ternyata sekarang cara cek tagihan listrik itu ada berbagai macam dan dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Semua pelayanan ini tentu saja untuk memberikan kemudahan dan nantinya Anda tidak akan kesulitan mengetahui berapa biaya listrik yang harus dibayarkan. Jangan lupa juga untuk menggunakan listrik secara bijak agar hemat energy.