Cara Daftar SMS Banking Mandiri Untuk Transaksi Mudah Dan Cepat

0
32

Transaksi perbankan seperti cek saldo dan transfer adalah transaksi yang paling banyak dilakukan. Dahulu, Anda harus pergi ke bank atau ATM untuk melakukannya. Hal ini sangat merepotkan apalagi jika Anda sedang sibuk atau harus mengantri. Namun kini, Bank Mandiri telah mempersembahkan layanan perbankan melalui handphone yang bisa diakses kapan saja dan dimana saja. Layanan ini disebut sebagai SMS Banking Mandiri dan Mobile Banking Mandiri. Kedua layanan ini sama-sama menggunakan handphone sebagai mediatornya. Ingin tahu bagaimana cara daftar keduanya? Cek info di bawah ini.

SMS Banking Mandiri

SMS Banking dari Bank Mandiri adalah layanan yang memanfaatkan fitur SMS dari handphone Anda. Dengan nomor OTP 3355, Transaksi keuangan seperti transfer uang dan cek saldo dapat Anda lakukan dengan mudah dan cepat di sini.

Cara daftar SMS Banking Mandiri ada dua yaitu melalui ATM dan Customer Service di kantor cabang. Berikut ini penjelasannya.

1. Pendaftaran Melalui ATM

Persyaratan yang dibutuhkan untuk pendaftaran adalah kartu ATM. Langkah atau cara daftar SMS Banking lewat ATM adalah:

  • Masukkan kartu ATM dan password
  • Masuk menu Transaksi Lainnya
  • Pilih menu Pendaftaran e-Banking
  • Pilih menu SMS Banking
  • Pilih menu Pendaftaran Mandiri SMS
  • Ikuti langkah yang ada di layar ATM seperti memasukkan nomor handphone dan lain sebagainya.
  • Setelah sukses, SMS Banking Mandiri Anda bisa dipergunakan
  • Anda akan mendapatkan SMS notifikasi yang menginformasikan bahwa SMS Banking Anda telah diaktifkan.

2. Pendaftaran Melalui Customer Service di kantor cabang

Persyaratan yang dibutuhkan adalah kartu identitas seperti KTP, SIM atau Paspor dan buku tabungan. Anda akan dipandu secara langsung oleh petugas Customer Service untuk proses pendaftarannya. Isi dan tanda tangani Formulir Aplikasi SMS Banking yang diberikan oleh petugas dengan lengkap. Setelah itu, permohonan Anda akan diproses.

Semua jenis kartu SIM bisa dipergunakan untuk layanan SMS Banking dari Bank Mandiri ini. Cara ini terhitung lebih efektif dan efisien karena selain mudah dan cepat, menggunakan SMS Banking Mandiri akan menghemat waktu. Anda hanya memerlukan biaya transaksi sebesar biaya SMS ditambah Rp 500 untuk notifikasi SMS, dibandingkan dengan harus pergi ke kantor cabang atau ATM terdekat.

SMS Banking Mandiri memiliki banyak sekali fitur yang bisa Anda manfaatkan. Fitur apa sajakah yang terdapat dalam layanan SMS Banking ini? Berikut listnya.

– Cek saldo

Cara cek saldo SMS Banking Mandiri adalah dengan mengirim format “SAL <kode rek sendiri> <4 digit terakhir no rek> dan dikirim ke 3355. Contohnya adalah “SAL 1 9876”.

– Transfer

Proses transfer memiliki banyak format menyesuaikan dengan jenis dan tujuan transfer. Ada transfer ke sesama rekening Mandiri, ada transfer ke rekening selain Mandiri dan lain sebagainya. Cara transfer SMS Banking Mandiri ke rekening lain sesama Mandiri adalah dengan menggunakan format TRT <kode rek sendiri> <no rek lain> <jumlah> lalu kirim ke 3355. Contohnya adalah TRT 1 144000143258 500000.

– Pembelian pulsa

Pembelian pulsa juga memiliki format yang berbeda-beda sesuai dengan provider kartu SIM Anda. Contohnya ISI <kode rek sendiri> <noHP> <nilai voucher> untuk kartu Telkomsel, Indosat dan XL

– Pembayaran tagihan PDAM

Untuk pembayaran PDAM, kode format dibedakan sesuai daerahnya masing-masing. Misalnya untuk daerah Bandung, formatnya adalah BYR BDG <kode rek sendiri> <IDpelanggan>.

– Pembayaran Telkom

Anda bisa menggunakan format BYR <kode rek sendiri> <noHP/telp> untuk pembayaran Telkom

– Pembayaran tagihan kartu seluler pasca bayar

Gunakan format BYR <kode rek sendiri> <noHP/telp> untuk pembayaran tagihan katu pasca bayar.

Mobile Banking Mandiri

Jika SMS Banking membutuhkan pulsa untuk melakukan transaksi, Mobile Banking membutuhkan ketersediaan kuota internet. Untuk dapat menggunakan Mobile Banking Mandiri, Anda harus menginstal aplikasi Mobile Mandiri yang bisa didapatkan di playstore atau appstore.

Mobile Banking Mandiri sedikit berbeda dengan Mobile Banking Bank lainnya. Disini Anda harus terlebih dahulu mendaftar SMS Banking Mandiri jika ingin bisa mengakses full versionnya. Jika Anda belum mendaftar SMS Banking, akses Mobile Banking hanya akan terbatas pada:

  • Daftar / Aktivasi
  • Kurs dan Suku Bunga
  • Mandiri Call 14000
  • Bahasa

Oleh sebab itu, Anda harus mengaktifkan SMS Banking terlebih dahulu dengan cara membuat SMS Banking Mandiri lewat ATM seperti di atas. Jika sudah terdaftar SMS Banking, Anda bisa mengaktifkan layanan Mobile Banking dengan cara daftar Mobile Banking Mandiri melalui android, iphone atau blackberry. Spesifikasi OS Handphone agar bisa mengakses Mobile Banking adalah versi 5 (lollipop) ke atas untuk Android dan versi 8 ke atas untuk iOS.

Lakukan aktivasi pada aplikasi yang telah Anda download. Setelah akun Mobile Banking Mandiri Anda aktif, Anda bisa melakukan berbagai transaksi keuangan seperti di bawah ini :

  1. Cek Saldo dan cek mutasi rekening untuk 5 transaksi terakhir
  2. Transfer antar rekening Mandiri atau Bank lain
  3. Pembelian pulsa
  4. Pembayaran tagihan Telkom
  5. Pembayaran tagihan PDAM
  6. Pembayaran Kartu Kredit
  7. Administrasi seperti perubahan PIN, perubahan daftar transfer dan lain sebagainya.

Menggunakan layanan atau fasilitas e-Banking dari Bank Mandiri merupakan salah satu cara untuk menghemat waktu, tenaga dan uang yang harus Anda keluarkan jika harus pergi ke kantor cabang dan ATM terdekat. Oleh sebab itu, kita harus memanfaatkan dengan maksimal semua kemudahan yang diberikan oleh Bank Mandiri ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.