Cek Resi POS

Kantor POS merupakan salah satu jasa pengiriman atau ekspedisi yang sudah berdiri sangat lama. Ekspedisi yang satu ini termasuk salah satu badan usaha yang bernaung di bawah pemerintahan setempat. Di era serba modern ini, POS tidak ketinggalan jaman dalam ikut serta meramaikan jasa pengiriman barang yang semakin meningkat. Sejak berpindahnya cara belanja konvensional ke belanja online, kantor POS turut serta memberikan pelayanan pengiriman barang. Seperti halnya ekspedisi swasta lain, kantor POS juga menyediakan layanan cek resi POS yang bisa diakses melalui website resmi, aplikasi maupun website lainnya.

Syarat dan Ketentuan Cara Cek Resi POS Indonesia

PT POS Indonesia adalah jasa pengiriman yang sudah memiliki banyak jaringan. Jasa ini memiliki lebih dari 50 ribu titik pelayanan di seluruh Indonesia. Ketika ekspedisi swasta hanya bisa meraih titik-titik tertentu, POS bahkan bisa menjangkau area atau wilayah yang lebih dalam. Itulah mengapa banyak orang lebih memilih menggunakan jasa kantor POS dibandingkan jasa ekspedisi lainnya.

Dalam proses tracking order pengiriman, kantor POS menyediakan fitur cek resi POS Indonesia yang bisa diakses melalui situs resmi PT POS Indonesia. Anda juga bisa menggunakan website lain untuk melakukan pengecekan ini. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam proses cek resi POS, diantaranya adalah :

1. Nomor Resi

Resi adalah kode unik yang dibuat untuk menandai sebuah order pengiriman. Setiap order pasti memiliki nomor resi yang berbeda. Hal inilah yang menjadi acuan untuk melakukan pengecekan. Nomor resi POS umumnya terletak dibagian kanan atas atau bagian atas saja. Ada resi yang menggunakan nama “Nomor Barcode” atau “ Nomor Kiriman”.

Kantor POS memiliki beberapa format yang berbeda. Satu kantor POS dan lainnya tidak selalu memiliki kode yang serupa. Umumnya, mereka menggunakan kombinasi angka hingga 11 digit. Jika hendak melakukan pengecekan, pastikan untuk tidak salah menginput nomor resinya ya Sobat!

2. Tidak Bisa Tracking dengan Nama Penerima

Cek resi POS Indonesia hanya bisa dilakukan dengan menggunakan nomor resi yang tertera di lembar resi. Anda tidak bisa melakukan pengecekan dengan menggunakan nama penerima atau nama pengirim. Nama seseorang bisa sama atau serupa. Hal ini akan menghambat proses pencarian. Oleh sebab itu, tracking order pengiriman hanya bisa dilakukan dengan nomor resi saja. Jadi, pastikan Anda meminta nomor resi pengiriman jika berbelanja online.

3. Istilah Pengiriman Lewat Kantor POS

Dalam melakukan pelacakan secara online, Anda harus mengetahui istilah-istilah yang ada di dalamnya. Istilah ini akan membantu Anda mengerti status dan keberadaan barang kiriman. Berikut ini adalah beberapa istilah dalam cek resi POS yang harus Anda ketahui, yaitu :

  • Posting Loket : Barang sudah diterima di loket dan segera diproses menuju kantor POS tujuan.
  • Puri Kirim : Kiriman sudah diberangkatkan
  • Berangkat ke Kantor Penerusan : Barang dikirim ke kantor POS pusat
  • Manifest Serah : Barang sedang diberangkatkan untuk diproses atau barang sedang diproses keberangkatannya menuju kantor POS tujuan
  • Berangkat ke Kantor POS Tujuan : Barang sudah berangkat ke Kantor POS Tujuan
  • Puri Terima : Barang sudah diterima di kantor POS tujuan dan akan segera dikirimkan ke alamat penerima
  • Antaran : Barang sedang diantar ke alamat oleh petugas
  • Selesai Antar : Barang sudah diterima oleh penerima

Alamat Website Cek Resi POS

PT POS Indonesia memiliki website resmi yaitu posindonesia.co.id. Di sini, Anda bisa melakukan cek resi POS online dengan cara memasukkan nomor resi pada kolom yang disediakan. Selanjutnya Anda akan diminta untuk mengisi captcha dan lanjutkan dengan mengklik button pencarian.

Anda juga bisa menggunakan website lain yang banyak tersedia di Google. Tinggal cari di kolom pencarian dan puluhan website cek resi bisa Anda gunakan dengan mudah. Cara lainnya yaitu dengan memasang aplikasi cek resi yang tersedia di Playstore atau Appstore. Semua cara tersebut sangat mudah dilakukan dan tidak ribet.

Kemudahan memonitoring status pengiriman menjadi suatu hal yang melegakan bagi pengirim ataupun penerima. Dengan adanya cek resi POS, kita tidak perlu khawatir barang akan terlambat karena bisa dikontrol dengan mudahnya.