Cara Cek IMEI Dengan Mudah Untuk Berbagai Merk HP

0
58

Saat ini banyak sekali handphone keluaran baru dengan merk dan tipe yang beragam. Hal ini tentu saja juga membuka peluang para oknum licik yang menjual handphone black market yang bila dilihat sepintas tidak memiliki banyak perbedaan dengan yang resmi. Agar Anda terhindar dari hal tersebut, Anda harus tahu bagaimana cara cek IMEI HP untuk mengetahui ponsel Anda resmi atau black market. Ini adalah salah satu upaya untuk memerangi dan meminimalisir merajalelanya peredaran smartphone black market yang meresahkan.

Cara Simple Cek IMEI HP

IMEI atau International Mobile Equipment Identity merupakan identitas yang dimiliki ponsel dan terdiri dari 15 hingga 16 digit kode unik yang menyimpan data penting. Anda dapat melakukan cek IMEI dengan beberapa cara seperti berikut ini :

1. Mengecek IMEI dengan menggunakan kode dial USSD

Hal pertama yang bisa Anda coba dalam melakukan pengecekan IMEI adalah dengan menggunakan kode USSD. Langkahnya adalah dengan menggunakan aplikasi dial di smartphone Android Anda seperti saat akan melakukan pengecekan pulsa atau kuota internet. Masukkan kode USSD *#06# ke dalam aplikasi dial di handphone Anda. Dengan otomatis nantinya pop up akan muncul beserta dengan nomor IMEI Anda.

2. Mengecek IMEI dengan menu setting

Cara mengecek IMEI selanjutnya adalah dengan menggunakan pengaturan di handphone Anda. Cara ini akan memberikan informasi yang lebih mendetail tentang handphone Anda. Caranya adalah dengan membuka setting di HP dan pilih menu tentang ponsel. Lanjutkan dengan memilih opsi status dan dilanjut dengan opsi informasi IMEI. Di sini Anda akan diberikan informasi detail tentang IMEI dan Anda akam memiliki 2 IMEI bila HP Anda memiliki fitur 2 SIM.

3. Mengecek IMEI dengan fisik ponsel

Cara selanjutnya untuk cek IMEI adalah dengan melakukan pengecekan kode IMEI yang berada di bagian bodi HP. Biasanya nomor ini tertera dalam sticker yang ditempelkan atau bisa juga dipasang langsung pada bodi handphone. Untuk handphone yang memiliki removable baterai, nomor IMEI biasanya dapat dijumpai di bagian bawah tempat meletakkan baterai. Sedangkan untuk jenis HP yang memiliki non removable baterai, tulisan kode IMEI dapat dijumpai di belakang bodi handphone.

Cara Cek IMEI Berdasar Merk Handphone

Selain 3 cara diatas, Anda juga bisa mengecek nomor IMEI dengan beberapa cara lain menurut merk handphone Anda. Beberapa cara tersebut antara lain adalah sebagai berikut ini :

1. Cara cek IMEI Samsung

Bukalah menu setting di dalam HP Samsung Anda dan scroll ke bawah hingga menemukan menu tentang ponsel. Buka menu tersebut dan Anda akan mendapatkan nomor IMEI dan informasi lengkap tentang HP Samsung Anda. Cara ini tentu saja sagat mudah dan dapat dilakukan dengan cepat.

2. Cara cek IMEI Xiaomi

Selanjutnya untuk pengguna handphone Xiaomi, Anda dapat melakukan pengecekan dengan membuka menu setting. Lanjutkan dengan memilih opsi tentang ponsel dan scroll ke bawah menu tersebut hingga menemukan menu status. Pilih menu tersebut dan akan muncul banyak menu lagi. Untuk tau berapa nomor IMEI handphone, Anda dapat melihatnya dengan klik opsi informasi IMEI.

Jika Anda memiliki handphone Xiaomi yang double SIM card, nantinya Anda akan melihat dua nomor IMEI di dalamnya. Cara diatas juga dapat Anda gunakan untuk mengetahui nomor IMEI dari berbagai HP android Tiongkok. Beberapa merk tersebut antara lain adalah HTC, Honor, Huawei dan lain sebagainya.

3. Cara cek IMEI Vivo

HP lain yang sedang naik daun karena fiturnya yang menakjubkan adalah Vivo. Agar tahu HP Anda Kw atau original, cek terlebih dahulu nomor IMEI nya. Caranya adalah dengan membuka menu setting dan scroll ke bawah hingga menemukan menu more settings. Lanjutkan dengan memilih menu about phone agar tahu informasi tentang handphone Anda. Disitu akan tertera nomor IMEI dari handphone Anda. Dan bila Anda memiliki dual SIM card, yang akan tertera di layar adalah 2 nomor IMEI yang berbeda. Langkah singkat ini dapat Anda gunakan untuk semua tipe HP vivo.

4. Cara cek IMEI Oppo

HP lain yang masih bersaudara dengan Xiaomi karena diproduksi di Tiongkok adalah HP Oppo. Cara mengecek IMEI dari HP Oppo ini juga mudah yaitu dengan membuka menu setting terlebih dahulu. Selanjutnya buka setting di HP Oppo Anda dan pilih menu about phone. Berikutnya scroll layar HP Anda hingga menemukan opsi dengan tulisan status. Klik opsi tersebut dan nantinya akan muncul informasi mendetail tentang HP Anda beserta nomor IMEI nya.

Cara ini dapat dikatakan mirip dengan cara mengecek nomor IMEI dari Xiaomi dan beberapa HP Tiongkok lainnya. Pilihan lain yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan dial ke *#06#. Cek HP Oppo Anda sekarang dan jangan sampai Anda sudah mengeluarkan banyak uang untuk membeli barang Kw yang berkualitas rendah.

5. Cara cek IMEI iPhone dan iOS lainnya

Untuk Anda yang memiliki HP iPhone dan iOS lainnya, cara mengecek nomor IMEI juga dapat dilakukan melalui menu setting. Mulailah dengan membuka setting di iPhone Anda dan pilih opsi general. Lanjutkan dengan memilih opsi about dan scroll ke bawah sehingga Anda dapat melihat nomor IMEI yang ada di dalam kolom IMEI. Selain itu biasanya di belakang body juga sudah tertera nomor IMEI HP Anda.

Ternyata cara cek IMEI Android sangat mudah bukan? Segera lakukan langkah yang sudah dijelaskan dan pastikan bahwa HP Anda ori dan bukan Kw. Untuk lebih meyakinkan diri, Anda dapat melakukan pengecekan melalui imei.kemenperin.go.id. Cukup masukkan nomor IMEI ke kolom yang tersedia dan tekan tombol search. Bila HP Anda original, di layar HP akan muncul “IMEI terdaftar di database Kemenperin”. Selamat mencoba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.