Sakit Pinggang Sebelah Kanan

Untuk bisa melakukan semua aktivitas sehari-hari dengan baik, kita membutuhkan tubuh yang prima, sehat dan fit. Jika ada salah satu anggota tubuh yang sakit, pasti aktivitas pun akan terganggu. Salah satu hal yang cukup mengganggu dan menghambat aktivitas adalah sakit pinggang sebelah kanan. Seringkali, kita mengabaikan rasa sakit ini karena berfikir bukan suatu hal yang penting. Sakit pinggang seringkali dirasakan ketika badan sedang lelah sehabis bekerja keras. Namun jika rasa sakit di bagian pinggang bagian kanan tidak kunjung membaik, Anda harus waspada.

Gejala Penyakit dengan Keluhan Sakit Pinggang Sebelah Kanan

Jika rasa sakit pinggang sebelah kanan memang hanya dirasakan sekali dan tidak pernah muncul lagi, Anda mungkin tidak mengalami hal yang serius. Bisa jadi Anda hanya mengalami beberapa nyeri otot atau persendian. Akan tetapi jika rasa sakit ini terus muncul dan mengganggu aktivitas harian, Anda patut waspada. Sakit yang dialami di bagian pinggang bisa merupakan indikasi dari penyakit serius lainnya. Anda wajib mewaspadai hal ini.

Berikut ini adalah beberapa diagnosa penyakit yang diderita ketika seseorang mulai merasakan sakit pinggang sebelah kanan secara berkelanjutan. Hal ini harus diperiksa lebih lanjut dari gejala yang dialami supaya bisa diperoleh diagnosa tepat. Diantaranya adalah :

1. Radang Usus Buntu

Setiap orang memiliki usus buntu di dalam tubuhnya. Usus memang tidak memiliki fungsi khusus seperti organ lainnya. Namun, usus ini dipercaya sebagai tempat berkumpulnya bakteri usus baik yang membantu sistem pencernaan. Seperti namanya, usus buntu merupakan bagian usus yang tidak memiliki jalan terusan. Usus ini terputus di satu titik. Posisinya berada di perut bawah bagian kanan.

Makanan yang telah dicerna di dalam lambung akan berjalan menuju usus kecil dan usus halus. Makanan ini pun akan melewati usus buntu. Ada beberapa makanan yang bisa tersangkut di usus buntu dan tidak bisa melanjutkan perjalanan ke organ pencernaan selanjutnya. Makanan ini terakumulasi dalam waktu yang lama hingga menyebabkan usus buntu jadi membengkak. Pembengkakan usus buntu ini rupanya bisa berbahaya karena jika sampai pecah, sisa makanan akan meracuni tubuh.

Rasa sakit pinggang sebelah kanan bisa disebabkan oleh usus buntu yang mengalami peradangan. Pada kondisi yang belum terlalu parah, penderita mungkin hanya mengalaminya sesekali saja. Namun jika usus buntu sudah meradang, penderita akan sering kambuh mengalami gejala ini. Oleh sebab itu, jika Anda merasa sakit pinggang di bagian kanan, cobalah untuk segera memeriksakan ke dokter atau rumah sakit terdekat. Jangan sampai usus buntu pecah dan menjadi sumber petaka bagi Anda.

2. Gangguan Ginjal

Seperti yang Anda ketahui, setiap manusia memiliki dua buah ginjal yang terletak di bagian kiri dan kanan. Letaknya berada di perut sebelah bawah. Ginjal merupakan organ penting dalam sistem ekskresi manusia. Fungsinya adalah untuk menyaring darah yang membawa sisa sari makanan.

Ginjal bekerja sangat keras untuk mencuci darah. Dalam beberapa kondisi, seseorang mungkin saja melalaikan kesehatan ginjalnya dengan melakukan kegiatan atau aktivitas yang dapat merugikan. Salah satu contohnya adalah kurang minum air putih, banyak mengonsumsi soda, banyak minum alkohol dan lain sebagainya. Hal-hal tersebut memicu kerja ginjal dan bisa merusaknya.

Sakit pinggang sebelah kanan bisa jadi diakibatkan oleh adanya gangguan dalam ginjal. Contohnya seperti infeksi ginjal atau batu ginjal. Kedua penyakit ini sama-sama memiliki gejala sakit pada bagian perut bawah hingga tembus ke ginjal. Oleh sebab itu, sudah kewajiban bagi Anda untuk menjaga supaya ginjal tetap sehat dan bisa melaksanakan kerjanya dengan baik. Pastikan Anda minum air putih dalam jumlah yang cukup untuk meringankan kerja ginjal. Jika sakit pinggang yang Anda alami terus berlanjut dan semakin parah, segeralah hubungi dokter terdekat.

3. Penyempitan Tulang Belakang

Tulang belakang merupakan tulang penopang utama bagi tubuh. Tanpa tulang belakang yang sehat, mustahil bagi kita bisa berdiri, berjalan ataupun berlari. Penyempitan tulang belakang juga bisa menyebabkan sakit pinggang bagian kanan. Hal ini dikarenakan oleh beberapa faktor.

Pertama, kemungkinan ada peradangan di sendi-sendi tulang belakang. Kondisi ini dipicu oleh pertambahan usia seseorang atau karena aktivitas yang melibatkan pergerakan tulang belakang dengan keras. Salah satu contohnya adalah olahraga. Pada kondisi ini, sakit pinggang sebelah kanan bisa sembuh dengan sendirinya.

Kedua, bisa juga dikarenakan adanya syaraf yang terjepit di bagian tulang belakang. Serupa dengan peradangan sendi, kondisi ini juga bisa disembuhkan sendiri atau dengan teknik pemijatan. Ada pula yang bisa diredakan dengan beristirahat secukupnya dan mengurangi aktivitas berat.

4. Masalah Empedu

Empedu merupakan salah satu bagian tubuh yang memiliki fungsi mengubah lemak di dalam tubuh. Empedu adalah bagian dari hati. Posisinya terletak di perut atas bagian kanan atau sering kali disebut ulu hati. Empedu merupakan organ yang sangat rawan. Organ ini mudah terserang masalah seperti batu empedu, radang atau bahkan infeksi.

Karena letaknya berada di perut sebelah kanan, jika organ ini mengalami gangguan maka rasa sakit atau nyerinya bisa tembus hingga ke pinggang. Tidak hanya sakit pinggang sebelah kanan saja, penderita gangguan empedu mungkin juga sering mengalami mual dan muntah saat makan. Dalam kondisi seperti ini, harus segera diperiksakan ke rumah sakit supaya tidak semakin parah.

5. Radang Panggul

Jika pada keempat penyakit sebelumnya, rasa sakit tidak berasal dari posisi panggul itu sendiri melainkan dari organ lain. Namun, sakit pinggang sebelah kanan karena radang panggul adalah murni kelainan dari panggul itu sendiri.

Radang panggul memiliki nama medis Pelvis Inflammatory Diseases (PID). Umumnya diderita oleh kaum wanita. Radang panggul adalah peradangan yang terjadi di daerah sekitar panggul atau bagian bawah pinggang. Ada beberapa penyebab yang menyebabkan radang panggul. Diantaranya adalah peradangan yang terjadi di daerah organ reproduksi seperti rahim, ovarium dan saluran tuba. Atau bisa juga peradangan di daerah kandung kemih.

Ketika peradangan berada di daerah panggul, tidak heran jika rasa sakitnya menjalar hingga ke pinggang. Jika radang yang dialami semakin parah, rasa nyerinya bahkan bisa terasa hingga ke seluruh tubuh. Peradangan pada daerah panggul ini umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri. Bakteri menyerang melalui hubungan seksual yang tidak sehat.

Jika Anda sakit pinggang sebelah kanan jangan pernah disepelekan. Meskipun Anda hanya mengalaminya sesekali, namun hal ini bisa berupa peringatan dari tubuh terhadap serangan penyakit tertentu. Terkadang Anda juga bisa mengalami nyeri di pinggang bagian kanan karena hal-hal yang tidak terlalu serius. Contohnya seperti salah posisi duduk, tidur, sehabis mengangkat benda berat dan lain sebagainya.

Untuk itu, Anda harus bisa membedakan mana sakit pinggang yang akan membawa sesuatu yang berbahaya atau tidak. Jangan sampai salah mengartikan sakit pinggang sebelah kanan yang mengindikasi penyakit berbahaya. Pastikan Anda memahami dengan pasti kondisi tubuh Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.