Diet Alami

Masalah berat badan selalu menjadi sebuah momok menakutkan terutama bagi kaum wanita. Tidak sedikit dari mereka yang mati-matian melakukan diet dengan mengonsumsi obat-obatan atau hal-hal berbahaya lainnya. Kesalahan dalam berdiet seringkali membahayakan dan hal ini banyak tidak disadari oleh kaum perempuan. Mereka menginginkan tubuh langsing dalam waktu instant dan tidak diiringi dengan usaha. Jika Anda ingin mengurangi lemak di tubuh, sangat disarankan untuk melakukan diet alami dengan memanfaatkan buah sehat. Konsumsilah beberapa buah alami berikut ini dan bebaskan diri Anda dari obat diet yang penuh bahan kimia dan pengawet.

21 Buah Sehat untuk Diet Alami Beserta Cara Konsumsinya

Salah satu cara melakukan diet alami adalah dengan mengonsumsi buah sehat. Buah-buahan mengandung banyak sekali sumber vitamin, zat gizi dan mineral. Selain itu, banyak buah yang juga mengandung karbohidrat, protein, kalsium dan lain sebagainya.

Pada dasarnya, gizi dalam buah itu sendiri bisa dikatakan cukup memenuhi kebutuhan tubuh kita. Anda tidak membutuhkan sumber makanan lain apalagi seperti tepung, gula, minyak yang pada dasarnya akan ditimbun sebagai lemak.

Berikut ini adalah beberapa buah sehat yang bisa Anda gunakan sebagai alat diet alami. Kami juga sertakan cara mengonsumsinya supaya Anda tidak salah makan dan mendapatkan hasil diet maksimal.

1. Kiwi

Kiwi merupakan buah diet alami yang paling baik karena mengandung vitamin C dan serat yang sangat tinggi. Buah ini mampu menekan rasa lapar dan membantu proses pembakaran lemak di dalam tubuh. Karena mengandung serat tinggi, Anda akan merasa kenyang lebih lama jika mengonsumsi buah ini.

Kiwi sebaiknya dikonsumsi dengan menggunakan air hangat. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan proses metabolisme sehingga lemak tubuh akan lebih cepat terbakar. Air hangat diketahui mampu meningkatkan metabolisme tubuh karena secara tidak langsung tubuh akan menyesuakan dengan temperatur air.

2. Pisang

Dalam 100 gram buah pisang terdapat 88,7 kalori. Dari buah ini, Anda sudah bisa mendapatkan energi untuk mendukung aktivitas sehari-hari sehingga pisang akan membantu Anda mengurangi asupan makanan lain.

Anda bisa memakan pisang di pagi hari sebagai pengganti sarapan. Dampingi dengan meminum air hangat. Selain baik untuk diet, buah pisang juga sangat membantu memperlancar pencernaan. Anda bisa memanfaatkannya sebagai buah pendetoks tubuh.

3. Alpukat

Anda mungkin berfikir bahwa alpukat merupakan buah yang penuh dengan lemak dan mana mungkin akan membantu diet alami? Memang tidak dipungkiri, lemak di buah ini cukup besar yaitu 15 gram lemak dalam 100 gram alpukat. Namun, lemak ini akan membuat perut Anda lebih cepat kenyang dan menunda lapar.

Cara mengonsumsi alpukat cukup mudah yaitu dengan memakannya secara langsung tanpa menggunakan tambahan topping apapun. Jangan sekali-kali menambahkan coklat, gula, selai dan lain sebagainya yang hanya akan semakin menambah porsi lemak di dalamnya.

4. Pear

Kebutuhan akan serat dalam tubuh Anda dapat terpenuhi hingga 1ΒΌ per kebutuhan serat setiap harinya jika Anda mengonsumsi satu buah pear dengan rutin. Buah yang satu ini memang cukup ramah bagi mereka yang melakukan diet alami.

Kandungan vitamin C-nya tinggi, mampu mengurangi kadar kolesterol, mencegah jantung koroner adalah keuntungan lain yang akan didapatkan. Anda bisa mengonsumsinya secara langsung atau diblender menjadi jus buah.

5. Kelapa

Kelapa yang dimaksud disini adalah buah kelapa muda yang dagingnya masih tipis. Berbeda dengan buah kelapa yang sudah tua atau bersantan, kelapa mudah berfungsi sebagai buah diet alami.

Buah ini mengandung trigiserida dan minyak jenuh yang dapat menurunkan bobot tubuh Anda. Cara memakannya adalah dengan mengonsumsinya secara langsung tanpa melalui proses apapun. Air kelapa muda sangat segar sekali untuk dinikmati di siang hari.

6. Apel

Satu buah apel yang Anda konsumsi secara langsung memiliki kandungan air sebanyak 85% dan seratsebesar 5 gram. Selain itu, apel mengandung unsur yang bernama pectin yakni semacam serat.

Kandungan ini sangat sempurna untuk membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Dengan memakan langsung satu buah apel, Anda menunda lapar sehingga pembakaran untuk energi tubuh akan difokuskan kepada tumpukan lemak.

7. Strawberry

Buah yang tergolong keluarga berry ini memang ahlinya dalam menyuplai vitamin C ke dalam tubuh. Kandungan vitamin Cnya sangat tinggi sehingga cocok sekali dimakan sebagai buah diet alami.

Anda bisa mengolahnya menjadi jus strawberry jika tidak kuat harus mengunyah dan merasakan rasa asamnya. Perlu diingat, jangan tambahkan gula. Jika ingin manis, Anda bisa menggantinya dengan madu atau gula rendah kalori.

8. Melon

Buah selanjutnya yang juga sangat baik untuk buah diet alami adalah melon. Buah ini kaya akan vitamin A can C. Vitamin C akan membantu tubuh untuk melakukan proses metabolisme dengan lebih sempurna. Di samping itu, kandungan seratnya akan membuat Anda kenyang lebih lama dan tidak ingin makan lagi.

Bahkan, buah melon sangat cocok untuk dijadikan santapan di sore hari yang cerah. Memakan buah melon tidak perlu ribet. Buah ini lebih enak dimakan langsung dari pada diolah menjadi jus.

9. Jeruk

Sebagai sumber vitamin C paling populer, jeruk sudah tidak diragukan lagi khasiatnya. Anda bisa mengandalkan buah ini untuk mendukung program diet alami. Meskipun merupakan buah rendah serat, jeruk akan membantu dalam hal supply vitamin C.

Cara mengonsumsi buah jeruk adalah dengan dimakan secara langsung. Namun untuk buah jeruk nipis, lebih baik jika dikonsumsi dengan air hangat di pagi hari sebelum makan.

10. Lemon

Lemon termasuk salah satu buah yang kaya akan khasiat dan manfaat. Buah ini mampu membuat Anda turun berat badan dengan cepat dan tanpa ribet. Kalori lemon sangat rendah yaitu 6 kalori dalam satu gelasnya. Namun, buah lemon mampu meningkatkan metabolisme dan pembakaran lemak di dalam tubuh.

Cara diet alami dengan menggunakan lemon adalah merendam potongan buah ini dalam air hangat. Minum sebanyak tiga kali sehari yaitu 30 menit sebelum makan.

11. Mangga

Mangga diketahui mengandung zat yang bernama beta crytoxanthin yang berfungsi untuk melindungi usus dari serangan kanker. Buah ini juga tinggi serat yang memuat rasa kenyang bisa bertahan lama. Vitamin C dalam buah mangga cukup tinggi untuk membantu mengoptimalkan proses metabolisme dalam tubuh.

Itulah mengapa buah mangga seringkali dijadikan andalan untuk diet alami dan penunda lapar. Anda bisa mengonsumsi buah mangga secara langsung atau dijus untuk mendapatkan khasiat seratnya.

12. Plum

Plum dapat dikonsumsi secara langsung ataupun dalam bentuk jus. Kandungan seratnya yang tinggi membuat orang yang mengonsumsi buah ini menjadi kenyang lebih lama.

Buah ini memang sangat baik untuk Anda yang sedang menjalankan diet alami. Selain dikonsumsi secara langsung, buah plum juga bisa diolah seperti dijadikan jus, pasta plum dan juga plum kering.

13. Nanas

Buah dengan rasa asam manis ini memang populer digunakan sebagai bahan rujak. Nanas adalah salah satu buah tropis yang ternyata sangat efektif untuk teman diet alami Anda.

Buah ini memiliki kandungan vitamin, mineral serta serat yang tinggi. Serat memang merupakan unsur utama yang akan membantu program diet. Dengan mengonsumsi nanas secara langsung setiap hari, berat badan akan turun dengan cepat.

14. Anggur

Anggur merupakan salah satu buah yang nilai kalorinya tidak terlalu besar. Namun, buah ini mengandung banyak serat sehingga tubuh tidak akan merasa mudah lapar. Meskipun demikian, Anda tidak disarankan untuk terus menerus mengonsumsi anggur dalam satu hari. Gunakan buah ini sebagai pengganjal rasa lapar dan menunda makan. Dijamin, lemak dalam tubuh Anda akan banyak berkurang.

15. Pepaya

Pepaya diketahui sebagai buah yang sangat membantu proses pencernaan. Biasanya banyak dimakan oleh orang yang mengalami gangguan pencernaan seperti sembelit. Buah ini mengandung kalsium, vitamin, zat besi, dan riboflavin.

Kadar lemaknya rendah namun kadar seratnya tinggi sehingga sangat cocok bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Anda bisa makan buah pepaya masak secara langsung ketika rasa lapar melanda.

Beberapa potong buah ini sudah cukup memberikan energi untuk melanjutkan aktivitas. Dengan berkurangnya asupan makanan, lemak-lemak dalam tubuh akan perlahan dibakar. Dengan begitu, berat badan pun dapat turun secara signifikan.

16. Semangka

Beberapa orang mencapai kesuksesan diet alami dengan menggunakan buah semangka. Buah ini sangat manjur untuk menurunkan berat badan dan menjadi pendetoks untuk saluran pencernaan. Anda tidak akan kekurangan energi karena dalam semangka terdapat 7 gram gula dan 32 kalori.

Cara melakukan diet dengan buah semangka adalah dengan memasukkannya ke dalam menu makan setiap hari. Anda bisa memakannya secara langsung ataupun membuatnya menjadi jus semangka.

17. Tomat

Meskipun dikenal sebagai bahan pelengkap masakan, buah ini juga berkhasiat untuk membantu diet alami. Tomat dapat menurunkan berat badan Anda karena kalorinya yang rendah. Buah ini hanya mengandung 22 kalori untuk ukuran sedang dengan serat sebanyak 2.2 gram.

Makanan yang sangat sempurna untuk program diet membakar lemak. Jika tidak terbiasa makan buah tomat mentah, Anda bisa menjadikannya minuman. Meskipun tanpa ditambah pemanis, jus tomat sudah terasa manis dan segar.

18. Jeruk

Anda bisa menurunkan berat badan hingga 23 kilogram dalam waktu 2 bulan dengan cara mengonsumsi jus jeruk secara rutin. Diet alami menggunakan jeruk bisa terjadi karena jeruk memiliki sifat katalis. Artinya, jeruk menjadi perantara yang bisa mempercepat proses metabolisme, pemecahan tumpukan lemak dan juga pembakarannya.

19. Kurma

Faktanya, kurma memang buah yang bisa mengenyangkan meskipun hanya memakan beberapa butir saja. Jika ingin berhasil melakukan diet alami, sangat disarankan untuk menggunakan buah kurma.

Buah ini mengandung banyak sekali nutrisi seperti zat besi, magnesium, serat dan kalium. Itulah sebabnya mengapa Anda bisa cepat kenyang meskipun hanya makan beberapa butir saja.

Kurma juga merupakan buah yang terbilang rendah gula. Walaupun rasanya sangat manis, rasa manis ini tidak akan diubah menjadi lemak. Seratnya mengenyangkan sehingga Anda tidak akan mudah terasa lapar. Oleh sebab itu, buah kurma banyak digunakan sebagai buah diet.

20. Pisang

Di Indonesia, pisang sangat mudah ditemukan. Buah ini seakan bisa tumbuh dimana saja. Pegunungan, perbukitan, dataran tinggi hingga dataran rendah mudah sekali ditumbuhi pisang.

Buah berwarna kuning ini mengandung serat yang tinggi sehingga Anda akan cepat kenyang setelah mengonsumsinya. Cara mengonsumsi pisang biasanya cukup langsung dimakan saja atau juga diproses menjadi jus pisang.

21. Bluberry

Buah yang satu ini masih sefamily dengan buah berry lain seperti murberry, blackberry, raspberry dan lainnya. Buah ini juga merupakan salah satu buah dengan kandungan serat dan vitamin C tinggi. Berat badan pun akan ideal karena kedua unsur tersebut.

Akan tetapi, bluberry memiliki kandungan kalori lebih banyak dibandingkan dengan saudaranya. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk membatasi jumlah buah bluberry yang akan dikonsumsi.

Tips Diet Alami yang Sehat dan Tidak Membahayakan Tubuh

Diet alami sangat memungkinkan untuk Anda mengembalikan ukuran tubuh ke bentuk ideal. Anda tidak harus bersusah payah meminum butiran-butiran pil obat diet untuk mendapatkan tubuh langsing kembali. Anda bisa melakukan program diet dengan cara-cara alami. Cara-cara ini dipastikan tidak akan membahayakan tubuh Anda. Diantaranya:

1. Memahami Proses Pencernaan

Mengapa Anda harus memahami bagaimana proses pencernaan terjadi di dalam tubuh? Pengetahuan ini sangat penting sekali mengingat kegemukan terjadi akibat pola makan yang keliru. Anda banyak mengonsumsi makanan-makanan yang mengakibatkan tumpukan lemak di seluruh tubuh. Tentu saja, hal ini diawali dari ketidaktahuan.

Jika Anda memahami dengan jelas bagaimana sebuah proses pencernaan terjadi dalam tubuh, Anda tidak akan memasukkan makanan-makanan secara sembarangan. Anda tidak akan mengonsumsi makanan yang pada akhirnya hanya akan ditumpuk menjadi lemak.

Pada akhirnya, Anda mampu mengatur dan memilih makanan apa saja yang boleh dimasukkan ke dalam mulut. Ini adalah sebuah keberhasilan terbesar yang akan Anda lakukan.

2. Mengatur Pola Makan

Kegemukan bisa diakibatkan oleh banyak faktor. Beberapa faktornya adalah keturunan atau genetika, junk food, konsumsi obat-obatan, stress, malas gerak dan kurang tidur.

Namun, faktor utama yang banyak sekali dialami seorang wanita adalah karena kelebihan makanan yang dikonsumsi. Selain itu, rasa malas berolah raga juga menjadi salah satu faktor terbesar kegemukan.

Untuk melakukan diet alami, Anda harus terlebih dahulu melakukan pengaturan pola makan. Hentikan memakan makanan-makanan sampah yang berakibat buruk terhadap tubuh Anda.

Jangan lagi mengonsumsi minuman yang akan membuat tumpukan lemak semakin tebal. Hal ini harus segera dilakukan jika Anda tidak ingin terus bertambah melar. Mengatur pola makan berarti Anda mengatur makanan apa saja yang boleh dikonsumsi dan kapan saja diperbolehkan memakan makanan tersebut.

Beberapa makanan yang sangat baik sebagai obat diet alami adalah sayuran berserat dan buah. Diatas sudah kita bahas lebih mendalam buah-buah apa saja yang direkomendasikan sebagai obat diet alami.

3. Olah Raga

Untuk menyempurnakan diet alami yang Anda lakukan, olahraga adalah jawaban paling tepat. Olahraga akan membantu Anda membakar lemak dan mendapatkan bentuk tubuh ideal.

Anda bisa saja menjadi lebih kurus dengan mengurangi makan dan menggantinya dengan buah. Akan tetapi, tubuh Anda akan nampak bergelambir karena bekas tempat lemak berada kini telah kosong. Itulah mengapa olahraga akan menyempurnakan diet alami dengan membentuk otot menjadi lebih besar dan kuat.

Itulah beberapa macam buah yang direkomendasikan untuk Anda yang sedang program diet alami. Jangan lupa untuk mengingat dan mengikuti tipsnya supaya hasil usahadiet Anda bisa maksimal. Selalu jaga kesehatan ya!