Universitas Jurusan Migas Terbaik

Teknik perminyakan atau Migas memang menjadi salah satu jurusan yang memiliki peluang kerja cukup menjanjikan. Di Indonesia, ada beberapa universitas jurusan migas terbaik di Indonesia yang patut dipertimbangkan bagi Anda yang sekarang ini sedang mencari jurusan kuliah. Meskipun tidak sepopuler program studi lain, jurusan migas cukup banyak peminatnya. Mengingat bidang kerja perminyakan di Indonesia masih cukup besar potensinya. Selain itu, sarjana lulusan jurusan migas juga memiliki peluang besar untuk berkecimpung dalam dunia kerja perminyakan skala internasional.

Universitas Jurusan Migas Terbaik dan Terpopuler di Indonesia

Anda mungkin masih sedikit bingung dengan apa yang akan dipelajari di universitas jurusan migas. Jurusan ini memiliki sedikit kemiripan dengan teknik pertambangan. Teknik pertambangan mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan penambangan benda padat. Contohnya adalah batubara, logam dan galian lainnya.

Pada migas atau teknik perminyakan, yang dipelajari adalah penambangan cairan atau fluida dan gas. Jurusan ini fokus pada proses pengeboran, eksplorasi dan distribusi migas khususnya minyak, gas dan panas bumi. Bagi Anda yang tertarik pada jurusan ini, berikut akan dirangkum 8 universitas jurusan perminyakan terbaik di Indonesia. Diantaranya adalah :

1. Institut Teknologi Bandung

Tidak perlu diragukan lagi. Universitas yang masuk dalam jajaran kampus terbaik seindonesia ini juga mengukuhkan jurusan migasnya menjadi salah satu yang paling berkualitas. Kampus ini memiliki jurusan migas di fakultas teknik pertambangan dan perminyakan mereka.

Universitas jurusan migas terbaik ini memiliki lulusan yang sudah banyak diserap oleh perusahaan migas terkemuka. Tenaga-tenaga terdidik dari kampus ini menjadi profesional yang menduduki jabatan penting di berbagai industri hulu perminyakan.

2. Universitas Trisakti

Tahukah Anda bahwa Universitas Trisakti telah menyediakan jurusan migas sejak tahun 1980 yang lalu. Berdirinya jurusan ini bersamaan dengan berdirinya jurusan teknik geologi. Namun, jurusan migas nampaknya jauh lebih populer.

Universitas ini melengkapi fasilitas laboratoriumnya seperti laboratorium produksi, analis, komputer dan peralatan lainnya. Berikut ini adalah program studi konsentrasi jurusan migas yang disediakan yaitu :

  • Teknik Reservoir
  • Teknik Produksi
  • Teknik Pemboran
  • Peningkatan Perolehan Minyak
  • Peniliaan Formasi
  • Panas Bumi
  • Teknik Eksploitasi Gas Bumi

3. Universitas Pertamina

Universitas yang satu ini tergolong kampus baru dalam kancah pendidikan nasional Indonesia. Namun, kampus ini mampu menjadi salah satu universitas jurusan perminyakan terbaik di Indonesia dalam waktu singkat.

Teknik perminyakan atau migas Universitas Pertamina bertujuan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang pertambangan migas. Tujuannya adalah untuk menghasilkan energi terbarukan dengan memanfaat fosil.

Di kampus ini, Anda akan menemukan tiga program studi unggulan yaitu teknik reservoir, teknik produksi dan teknik pengeboran. Salah satu kelebihan kampus ini adalah program kerja sama yang telah dijalin oleh pihak universitas.

Program kerjasama dengan beberapa instansi seperti Pertamina dan berbagai macam anak usahanya akan menjadi potensi baik bagi para mahasiswa. Mereka berkesempatan untuk membangun penelitian dan kegiatan yang bisa menguntungkan.

4. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogjakarta

Universitas yang sudah lama berdiri ini juga memiliki jurusan migas atau perminyakan di dalamnya. Di usia ke 54 tahun, salah satu universitas jurusan migas terbaik ini mampu meraih akreditasi A dari BAN PT.

Universitas ini merupakan satu-satunya perguruan tinggi negeri yang memiliki jurusan migas di area Yogjakarta. Bisa dikatakan, universitas ini adalah pioneer bagi jurusan migas di universitas lainnya.

Kurikulum yang dipergunakan di universitas ini merupakan kolaborasi atau penggabungan dari kurikulum nasional dan lokal. Setidaknya ada 144 SKS yang harus ditempuh oleh mahasiswa untuk mendapatkan predikat sarjana teknik perminyakan.

5. Universitas Islam Riau

Riau merupakan salah satu kota di Indonesia yang memiliki potensi penghasil minyak terbesar. Tidak salah jika perkembangan dunia perminyakan dan migas di kota ini cukup pesat. Tenaga kerja terdidik yang dibutuhkan pun juga cukup besar.

Universitas Islam Riau mendirikan jurusan perminyakan sejak tahun 1986. Jurusan ini didirikan melihat perkembangan migas yang begitu pesat saat itu. Persiapan Sumber Daya Manusia harus tepat untuk mengisi kesempatan kerja yang ada.

Universitas jurusan migas terbaik di Indonesia ini masih mendapatkan akreditasi B dari BAN PT. Meskipun demikian, hal ini tidak menutup kenyataan bahwa universitas ini telah menghasilkan lulusan berkualitas yang mampu berkontribusi positif di bidang pertambangan migas.

6. Universitas Proklamasi 45

Selain sebagai salah satu universitas jurusan migas terbaik di Indonesia, kampus ini juga menjadi sekolah yang populer akan konsentrasinya dalam industri migas. Mengusung slogan “The University of Petroleum”, Universitas Proklamasi 45 sangat disiplin dalam orientasinya terhadap bidang ini.

Universitas ini sangat tinggi komitmennya dalam disiplin ilmu perminyakan. Hal ini terlihat dari berbagai jurusan atau bidang studi lain yang juga diarahkan pada industri migas. Berikut ini adalah pilihan studi konsentrasi untuk jurusan perminyakan di UP45 yaitu:

  • Teknik Reservoir
  • Teknik produksi
  • Teknik pengeboran
  • Teknik Evaluasi Formasi

7. Sekolah Tinggi Teknologi Migas Balikpapan

Kota Balikpapan yang dikenal sebagai kota minyak merupakan kota dengan peluang kerja besar dalam industri perminyakan. Itulah sebabnya STT Migas Balikpapan didirikan. Sekolah ini bertujuan untuk mendukung kebutuhan tenaga ahli perminyakan di kota ini.

STT Migas Balikpapan menjadi salah satu universitas jurusan migas terbaik di Indonesia. Sekolah ini menyediakan kurikulum yang tepat guna dan bisa langsung diaplikasikan. Banyak proyek kerjasama yang telah dijalin oleh STT Migas dengan berbagai badan usaha industri perminyakan.

8. Sekolah Tinggi Energi dan Mineral (STEM Akamigas)

Sekolah tinggi ini berlokasi di Cepu Jawa Timur. STEM Akamigas memiliki jurusan perminyakan yang telah mendapatkan akreditasi B dari BAN PT. Sekolah ini pada dasarnya beroperasi di bawah Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral RI. Setidaknya ada 5 program studi yang tersedia pada fakultas teknik perminyakan STEM Akamigas. Diantaranya adalah :

  • Teknik produksi migas
  • Teknik pengolahan migas
  • Logistik migas
  • Teknik instrumentasi kilang
  • Teknik mesin kilang

Itulah 8 universitas jurusan migas terbaik di Indonesia yang perlu Anda ketahui. Bagi Anda yang berminat untuk memfokuskan diri dalam industri perminyakan, bersekolah di salah satu universitas ini adalah jalan terbaik. Melihat potensi dunia migas yang masih sangat besar di negeri ini, mari kita berharap semoga semakin banyak lagi sekolah-sekolah tinggi migas terbaik dan berkualitas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.