Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar

0
40

Surat lamaran kerja adalah salah satu hal yang penting untuk diperhatikan dalam melamar sebuah pekerjaan. Instansi atau tempat kerja yang Anda lamar akan menilai Anda untuk pertama kalinya dari surat lamaran yang diajukan. Penting bagi siapa saja untuk mengetahui cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar. Jika Anda mampu membuat surat lamaran sesuai dengan anjuran, maka pekerjaan yang Anda impikan pun bukan hanya akan menjadi sebuah impian belaka.

Terdapat banyak cara dalam membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar. Hal tersebut dibedakan dari instansi yang akan dilamar. Masing-masing instansi atau perusahaan biasanya akan menentukan jenis surat lamaran yang harus diajukan. Anda harus mencari tahu surat lamaran seperti apakah yang harus Anda buat untuk bisa diterima di perusahaan atau instansi tersebut.

Tips Membuat Surat Lamaran Kerja

Setiap orang pasti ingin bekerja. Untuk bisa bekerja, Anda harus melamar pekerjaan terlebih dahulu. Sebelum belajar cara membuat surat lamaran kerja agar cepat diterima , Anda harus mengetahui tips membuat surat lamaran kerja terlebih dahulu. Berikut beberapa tips menarik dalam menulis surat lamaran kerja.

1. Baca dengan baik persyaratannya

Pahami dan baca dengan sungguh-sungguh tentang persyaratan yang ada di lowongan pekerjaan yang akan dilamar. Tanpa memperhatikan hal tersebut, bisa jadi surat lamaran kerja yang Anda ajukan akan menjadi keluar kontrol. Ini akan memperkecil peluang Anda agar bisa diterima di instansi tersebut.

2. Tulis dengan bahasa baku

Meskipun Anda merasa kenal atau akrab dengan pemilik perusahaan yang akan dilamar, tetap gunakanlah bahasa baku dalam membuat surat lamaran kerja. Gunakan Ejaan yang baik dan benar sesuai dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia.

3. Gunakan kata yang mudah dipahami

Berikutnya, gunakanlah kata-kata yang mudah dipahami dalam membuat surat lamaran kerja. Kata-kata yang digunakan tidak harus berbelit-belit. Tuliskan saja kalimat yang singkat, jelas, dan sopan.

4. Tujuan yang jelas

Tujuan membuat sura lamaran kerja harus jelas. Pastikan Anda telah menulis nama, jabatan, dan gelar dengan benar. Jangan lupa, tulis alamat perusahaan dengan benar agar surat lamaran kerja tersebut tidak salah alamat.

5. Ulangi membaca

Untuk memastikan bahwa surat lamaran kerja yang akan dikirim baik dan benar, pastikan Anda mengulangi membacanya sekali lagi. Pastikan bahasa yang digunakan baik dan mudah dipahami.

6. Pastikan kertas yang digunakan bersih

Mau membuat surat lamaran kerja tulis tangan ataupun diketik, Anda harus memastikan bahwa kertas yang digunakan bersih. Jangan sampai kertas yang digunakan adalah kertas bekas dihapus, di tipex, bahkan bekas dilipat.

7. Hindari menggunakan huruf tegak bersambung

Jika Anda ingin membuat surat lamaran kerja dengan menggunakan tulisan Anda sendiri, hindarilah untuk menggunakan tulisan tegak bersambung.

Setelah memahami semua tips di atas, kini Anda bisa memulai membuat surat lamaran kerja dan CV yang menarik.

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Menurut EYD

Lantas, bagaimana cara membuat sura lamaran kerja sesuai dengan Ejaan yang Disempurnakan? Berikut langkah-langkahnya!

1. Tempat dan tanggal penulisan surat

Langkah pertama dalam membuat sura lamaran kerja adalah menuliskan tempat dan tanggal penulisan surat. Ini adalah hal yang tidak boleh terlupakan. Cara penulisan tempat dan tanggal penulisan surat bisa diletakkan di sebelah kanan atas. Berikut contohnya.

Purworejo, 1 Juni 2019

2. Alamat perusahaan atau instansi yang dituju

Langkah kedua adalah menuliskan alamat perusahaan dengan benar. Pastikan Anda telah mengetahui alamat perusahaan agar tidak sampai salah tulis. Jika Anda mengetahui nama dan gelar kepala bagian HRD, Anda bisa menuliskannya dengan baik dan benar. Alamat perusahaan ditulis di bagian kiri setelah tempat dan tanggal penulisan surat. Contoh penulisan alamat perusahaan adalah sebagai berikut

Kepada,
Yth. Bapak Wirawan
HRD PT UNGGUL MAKMUR
Jalan Dewi Sartika Nomo2 100
Semarang
Provinsi Jawa Tengah

3. Salam hormat

Dalam pengantar surat lamaran kerja, Anda perlu menuliskan pembuka surat atau salam pembuka. Salam hormat yang dipilih haruslah bisa diterima oleh semua orang. Contoh salam pembuka yang bisa digunakan adalah sebagai berikut.

Dengan hormat,

Singkat, padat, jelas, dan penuh makna. Salam pembuka tidak perlu berbelit-belit seperti menuliskan salam pembuka untuk surat pribadi.

4. Pembukaan surat

Dalam membuat surat lamaran kerja untuk fresh graduate atau pun lulusan lama, Anda harus menuliskan pembukaan surat yang singkat. Sebutkan posisi dan jabatan yang Anda inginkan jika lowongan yang dibuka untuk berbagai macam jenis jabatan. Berikut contohnya.

Berdasarkan informasi lowongan kerja yang ditayangkan melalui situs Jobstreet, dengan ini saya mengajukan lamaran untuk menempati bagian Marketing di PT Anugerah Jaya.

5. Biodata pribadi

Mau membuat surat lamaran kerja online atau pun tulis tangan, biodata pribadi harus disampaikan dengan jelas dan benar. Tuliskan nama lengkap, tempat tanggal lahir, alamat lengkap, nomor telepon yang bisa dihubungi, email, dan pendidikan. Pendidikan yang ditulis adalah pendidikan tertinggi. Contoh penulisannya adalah sebagai berikut.

Nama : Siti Nur Jannah
Tempat, tanggal lahir : Yogyakarta, 12 Mei 1992
Alamat : Jalan Ahmad Dahlan 5 Yogyakarta
Nomor Telepon : 0856 0999 9283
Email : nurjanahsiti@gmail.com
Pendidikan : SI Akuntansi

6. Pengalaman kerja

Jika Anda pernah memiliki pengalaman kerja, Anda bisa menuliskannya. Jika Anda adalah fresh graduate yang belum memiliki pengalaman kerja, Anda bisa menuliskan pengalaman magang kerja. Pengalaman ikut berorganisasi juga bisa dicantumkan. Selain itu, Anda juga bisa menuliskan tentang keahlian atau kemampuan lain yang dimiliki. Hal ini dilakukan sekiranya kemampuan yang Anda miliki tersebut memang dibutuhkan oleh perusahaan. Contoh penulisan:

Saya mampu bekerja teamwork, memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, dan dapat berkomunikasi dengan baik. Semasa kuliah saya ikut berorganisasi dalam BEM Kampus. Posisi yang saya ajukan sesuai dengan pengalaman yang saya miliki. Saya percaya dan yakin bisa menjadi anggota yang baik untuk perusahaan.

7. Penutup surat

Setelah semua Anda tulis, maka Anda bisa menutup surat dengan tulisan yang sopan. Jangan lupa, ucapkanlah terima kasih. Contoh penulisan

Demikianlah sura lamaran kerja ini saya buat, besar harapan saya untuk menjadi bagian dari perusahaan Bapak/Ibu. Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

8. Lampiran surat lamaran

Agar perusahaan yang Anda lamar semakin yakin akan menerima Anda, cantumkan lampiran surat lamaran. Ini akan menjadi poin plus untuk Anda. Lampiran yang bisa dicantumkan adalah sebagai berikut.

  • Pas foto terbaru
  • Fotokopi KTP
  • Daftar riwayat hidup atau CV
  • Fotocopy ijazah terakhir
  • fotocopy sertifikat kompetensi jika ada
9. Tanda tangan dan nama lengkap

Langkah terakhir, hormat saya, tanda tangan, dan nama lengkap

Hormat saya,

TTD

Siti Nur Jannah

Demikianlah beberapa langkah yang harus diperhatikan dalam membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar. Anda tidak boleh menyepelekan sebuah surat lamaran kerja. Ini menjadi sebuah hal penting dan ujung tombak diterima atau tidaknya Anda dalam pekerjaan tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.