Begini Cara Daftar Kartu Semua Operator Agar Tidak Kena Blokir

0
50

Sesuai dengan Peraturan Pemerintah terbaru mengenai Pelaksanaan Registrasi Kartu Prabayar Seluler yang dikeluarkan tahun 2016, semua kartu operator prabayar wajib dilakukan registrasi per 31 oktober 2017. Persyaratan yang dibutuhkan untuk melakukan pendaftaran adalah nomor NIK dan nomor KK. Untuk kartu yang tidak didaftarkan, Anda akan diblokir atau kartu operator tidak dapat digunakan seterusnya. Untuk menghindari hal tersebut, berikut ini akan diulas mengenai cara daftar kartu semua operator.

Cara Daftar Kartu Semua Operator

Cara Daftar Kartu Telkomsel

Provider Telkomsel memiliki beberapa produk kartu prabayar diantaranya adalah Simpati, Kartu As dan Simpatiloop. Adapun cara registrasi kartu Telkomsel yaitu:

1. Melalui 4444

Untuk pelanggan baru, Anda bisa mengetik format REG<spasi>Nomor NIK#Nomor KK# dan dikirimkan ke 4444. Sedangkan untuk pelanggan lama, format yang digunakan adalah ULANG<spasi>Nomor NIK#Nomor KK# dan dikirimkan ke 4444.

2. Melalui Website

Anda juga bisa melakukan pendaftaran via online dengan mengunjungi situs resmi kartu operator Anda. Untuk pengguna kartu Telkomsel, alamat situsnya adalah https://mobi.telkomsel.com/ulang. Anda akan langsung masuk pada menu “registrasi pelanggan prabayar”. Di sana Anda akan diminta untuk mengisi nomor handphone, NIK, nomor KK dan password. Password bisa Anda dapatkan dengan cara mengklik tombol “dapatkan password”. Password akan dikirimkan langsung ke handphone Anda. Setelah semua bagian terisi, jangan lupa klik tombol kirim.

Cara Daftar Kartu XL dan Axis

Provider yang satu ini memiliki jumlah pelanggan yang cukup banyak. Untuk melakukan registrasi kartu operatornya, Anda bisa menggunakan salah satu dari dua cara registrasi kartu Axis dan XL ini, yaitu :

1. Melalui 4444
Untuk pelanggan baru, gunakan format SMS DAFTAR#Nomor NIK#Nomor KK lalu kirim ke 4444. Sedangkan untuk pelanggan lama, ketik ULANG#Nomor NIK#Nomor KK dan kirim ke 4444.

2. Melalui Website

Untuk yang ingin mendaftar melalui website, alamatnya adalah https://registrasi.xl.co.id/ulang. Anda akan masuk pada tampilan menu Registrasi Ulang Kartu Prabayar. Langkah pertama adalah dengan memasukkan nomor handphone. Anda akan otomatis mendapatkan kode verifikasi yang akan dikirimkan langsung melalui SMS pada nomor handphone. Setelah memasukkan kode verifikasi, Anda akan diminta untuk memasukkan nomor NIK dan KK.

Cara Daftar Kartu Indosat

Indosat mempunyai dua produk kartu prabayar yaitu Indosat dan IM3. Cara registrasi kartu Indosat adalah :

1. Melalui 4444

Untuk pelanggan baru, registrasi dilakukan dengan cara mengirim SMS dengan format Nomor NIK#Nomor KK dan dikirim ke 4444. Sedangkan untuk pelanggan lama, formatnya adalah ULANG#Nomor NIK#Nomor KK dan dikirim ke 4444.

2. Melalui Website

Sedangkan untuk yang ingin mendaftar melalui website operator, bisa melalui alamat https://myim3.indosatooredoo.com/registration. Pada menu awal, Anda akan masuk halaman registrasi kartu prabayar. Langkah pertama adalah memasukkan nomor NIK yang ada di KTP, kemudian masukkan nomor KK. Sistem akan memunculkan verifikasi berupa “i am not a robot”. Cek kembali hasil inputan Anda melalui tombol “Periksa”. Registrasi selesai dilakukan.

Cara Daftar Kartu Tri

Untuk pengguna kartu Tri, Anda bisa mendaftar menggunakan dua cara. Cara registrasi kartu tri yaitu :

1. Melalui 4444

Bagi pelanggan baru, gunakan format Nomor NIK#Nomor KK dan kirimkan SMS ke 4444. Sedangkan pelanggan lama, format yang digunakan adalah ULANG#NIK#Nomor KK dan SMS ke 4444.

2. Melalui website

Jika menggunakan website resmi, Anda bisa mengunjungi https://registrasi.tri.co.id. Langkah-langkahnya adalah memasukkan nomor handphone Anda. Kemudian Anda akan diminta untuk memasukkan nomor NIK dan KK. Kode rahasia akan dikirim ke nomor handphone Anda. Setelah memasukkan kode rahasia, Anda akan diminta untuk memasukkan empat digit angka yang paling terakhir yang ada di kartu SIM. Setelah memastikan semua angka yang dimasukkan benar, lalu klik tombol kirim. Registrasi sudah dilakukan.

Segera lakukan registrasi kartu prabayar Anda untuk menghindari pemblokiran. Program daftar kartu semua operator ini dilakukan sebagai upaya pencegahan terjadinya kejahatan yang memanfaatkan sistem telekomunikasi. Oleh sebab itu, diharapkan Anda turut berpartisipasi dan mendukung program pemerintah yang baik ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.