Pendaftaran PPDB Online

Ketika tahun ajaran baru tiba, banyak pelajar dan orang tuanya sibuk mencari sekolah. Banyak yang ingin bisa bersekolah di sekolah favoritnya. Kini, proses pendaftaran bisa dilakukan dengan cara lebih praktis dan mudah yaitu melalui PPDB online. PPDB adalah singkatan dari Pendaftaran Peserta Didik Baru. Agar Anda tidak bolak-balik datang ke sekolah tujuan, pelajarilah cara pendaftaran PPDB Online yang mudah dan cepat.

PPDB online adalah sistem yang telah dirancang secara khusus untuk memberikan informasi kepada calon peserta didik baru, guru, orang tua murid, dan masyarakat pada umumnya. Seiring dengan perkembangan jaman, pendaftaran peserta didik baru bisa dilakukan secara online untuk memudahkan masyarakat.

Wilayah Pendaftaran PPDB Online

Pendaftaran PPDB online bisa dilakukan melalui HP atau pun komputer. Cara daftar PPDB online lewat HP akan memudahkan Anda karena praktis dilakukan di mana saja. Namun sayangnya, belum semua wilayah tergabung dalam PPDB online. Wilayah-wilayah yang sudah tergabung dalam PPDB online bisa dicek terlebih dahulu. Pastikan wilayah Anda memang sudah tergabung dalam PPDB Online.

Jika kebetulan wilayah Anda belum masuk dalam pendaftaran PPDB online, maka Anda tidak bisa melakukannya. Wilayah-wilayah yang tergabung dalam Siap PPDB Online dibagi menjadi wilayah kota dan kabupaten. Hanya wilayah yang sudah maju saja yang bisa tergabung dengan menggunakan sistem ini.

Layanan pendaftaran PPDB online diberikan pada wilayah-wilayah dengan koneksi internet yang sudah memadai. Jika wilayah tersebut tidak mendukung koneksi internetnya, maka pemerintah setempat harus meningkatkan layanan jaringan internet. Dengan demikian, masyarakat setempat bisa menikmati layanan PPDB Online yang jauh lebih mudah.

Setelah Anda mengetahui wilayah mana saja yang sudah tergabung dalam PPDB online, kini Anda bisa mencari sekolah di wilayah tujuan Anda. Bacalah informasi penting mengenai pendaftaran calon peserta didik baru. Hal tersebut dikarenakan masing-masing wilayah kini telah menerapkan sistem zonasi.

Sistem zonasi PPDB adalah sebuah sistem di mana peserta didik yang bertempat tinggal di wilayah tertentu berhak mendaftar sekolah di wilayah yang telah ditunjuk. Tidak semua peserta didik bisa mendaftarkan diri di luar wilayah. Kebijakan ini memang telah diterapkan di beberapa wilayah. Mau tidak mau, setiap orang harus mematuhi peraturan tersebut. Lalu, bagaimanakah cara melakukan PPDB online?

Cara Pendaftaran PPDB Online

Cara daftar PPDB online dibagi menjadi dua. Pertama adalah pendaftaran untuk siswa baru dan kedua bukan untuk pendaftaran siswa baru. Untuk mendaftar siswa baru, Anda bisa langsung mengakses situs resmi PPDB online sesuai dengan wilayah masing-masing. Untuk mendaftar PPDB online bukan siswa baru, berikut beberapa langkah yang harus Anda lakukan.

1. Buka situs resminya

Alur pendaftaran ppdb online pertama adalah dengan membuka situs remsi PPDB online. Situs resmi yang harus digunakan adalah siap-ppdb.com. Pastikan wilayah Anda memiliki koneksi internet yang baik. Kemudian, klik pada bagian menu. Menu terletak di pojok kanan atas. Carilah tulisan MENDAFTAR / LOGIN. Klik pada bagian tersebut.

2. Klik Mendaftar

Pada halaman selanjutnya, Anda bisa membaca tulisan Selamat datang di Komunitas TELKOM Siap online. Jika Anda telah mendaftar sebelumnya, Anda bisa langsung klik masuk. Namun jika belum mendaftar, terlebih dahulu Anda harus melakukan pendaftaran. Pendaftaran bisa dilakukan dengan menggunakan login Facebook atau twitter. Praktis kan?

3. Masukkan email

Setelah melakukan pendaftaran dan masuk pada menu selanjutnya, Anda akan menemukan halaman baru dengan kolom email. Isilah kolom email tersebut dengan menggunakan email yang Anda miliki. Pastikan email tersebut masih aktif dan bisa dibuka.

4. Isi Biodata

Selesai memasukkan email, kini Anda bisa melanjutkan untuk mengisi biodata. Biodata yang harus diisi mulai dari nama lengkap, jenis kelamin, tanggal lahir, dan berikan informasi apakah Anda adalah seorang guru, orang tua, siswa, tenaga kependidikan, mahasiswa, alumni, masyarakat peduli pendidikan, atau pilihan lainnya. Setelah semua biodata terisi dengan baik, Anda bisa melanjutkan ke menu berikutnya.

5. Tulis Captcha

Pada menu berikutnya, akan muncul isian kode captcha yang harus diisi. Anda harus memasukkan password dan isilah kode Captcha yang sesuai. Pastikan kode captcha yang dimasukkan benar. Jika sudah benar, masuklah pada menu selanjutnya.

6. Masukkan kode aktivasi

Kini Anda sudah masuk dalam langkah terakhir pendaftaran PPDB online. Masukkanlah kode aktivasi Anda. Anda boleh membuka email dan membaca pesan yang berada di kotak masuk. Disitu, bisa ditemukan kode aktivasi di menu sosial, bukan menu primary. Jika sudah ditemukan, copy dan pastelah kolom aktivasi tersebut pada SIAP PPDB Online. Kemudian klik menu berikutnya

7. Selesai

Setelah 6 langkah di atas Anda lakukan, SELAMAT Anda sudah tergabung dalam Siap PPDB Online. Kini, Anda bisa mengakses dan melengkapi profil Anda. Sapalah semua teman-teman yang ada. Untuk mendapatkan informasi yang ingin diketahui, Anda bisa melihatnya melalui pilihan menu

Mudah bukan? Kini semuanya sudah dimudahkan dengan menggunakan bantuan internet. Mau daftar sekolah, mau cari tahu syarat-syaratnya, semuanya bisa diakses melalui SIAP PPDB Online.

Kelebihan PPDB Online Sistem Zonasi

Di era yang sudah maju seperti sekarang, masyarakat lebih tertarik untuk menggunakan PPDB Online dibandingkan langsung datang ke sekolah. Sebenarnya, apa saja kelebihan dari sistem ini? Kembali lagi ke sistem Zonasi PPDB 2019, ini bukan lagi menjadi sebuah rumor, namun kenyataan. Sistem Zonasi ini menitikberatkan pada peserta didik yang terdekat dengan sekolah. Apa saja kelebihan dari sistem ini?

1. Pemerataan

Adanya sistem zonasi membuat pemerataan dan penyebaran siswa yang berprestasi di masing-masing sekolah. Kini, penyebaran siswa-siswa yang berprestasi bukan hanya terdapat di sekolah favorit saja. Melainkan, semua siswa berprestasi tersebar di semua sekolah di wilayah tersebut.

2. Persaingan sehat

Sistem ini akan berimbas pada masing-masing sekolah untuk berusaha meningkatkan kualitas pendidikannya baik dari segi sarana dan prasarana serta kualitas tenaga didik atau pengajar. Sekolah yang dulunya tidak difavoritkan harus mau meningkatkan kualitas untuk menunjang setiap siswa yang ada di sekolah tersebut.

3. Berkah bagi sekolah swasta

Adanya sistem PPDB Online sistem zonasi ternyata menjadi berkah tersendiri bagi sekolah swasta. Mereka bisa mengambil siswa yang tidak lulus seleksi PPDB Online. Kuota masing-masing sekolah telah ditetapkan oleh Dinas Pendidikan. Oleh karena itu, sekolah tidak lagi leluasa untuk menargetkan penerimaan jumlah yang terlampau banyak. Bagi yang tidak masuk dalam sekolah tersebut, maka ia bisa menjadi bagian dari sekolah swasta. Ini juga akan memicu semangat sekolah swasta untuk menawarkan kualitas yang lebih baik lagi.

Demikianlah beberapa hal yang berkaitan dengan sistem PPDB Online. Semua pihak bagi orang tua, guru, dan masyarakat diharapkan bisa menggunakan sistem tersebut dengan sebaik-baiknya. Aturan yang sudah ditetapkan harus dipenuhi dengan baik. Sekolah di manapun, kalau memang anak berprestasi ia tetap bisa berprestasi. Semoga tips pendaftaran PPDB Online di atas membantu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.