Yuk Cari Tau Ukuran Lapangan Sepak Bola Standart FIFA

3
133

Apabila ditanya olahraga pemersatu masyarakat, maka jawabannya adalah sepak bola. Di Indonesia bisa Anda lihat betapa banyak tim sepak bola sekaligus supporter-nya yang cukup militan. Kemudian beralih ke luar negeri, ada banyak tim kenamaan, seperti Real Madrid, Manchester United, Bayern Munchen, Barcelona, dan masih banyak lagi. Mereka diidolakan dan menginspirasi semua kalangan pecinta sepak bola di dunia. Berbicara olahraga satu ini memang cukup menarik dan tak ada habisnya. Sebagai penggemar sepak bola, pernahkah Anda terpikirkan atau mengetahui ukuran lapangan sepak bola?

Permainan yang bermula pada abad ke- 3 Masehi oleh orang-orang Tiongkok ini memiliki perlengkapan lengkap beserta peraturannya. Semua ketentuan telah ditetapkan induk organisasi sepak bola, yaitu FIFA (Federation International de Football Association). Bagi Anda yang ingin mengetahui ukuran lapangan sepak bola standar internasional, silahkan simak informasi selengkapnya.

Ukuran Lapangan Sepak Bola Standar Nasional dan Internasional

Indonesia merupakan salah satu negara anggota FIFA. Selain itu, ada pula organisasi dalam negara yang mengatur sepak bola di Indonesia, yakni PSSI (Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia). Jadi, di Indonesia ukuran lapangan sepak bola sesuai dengan standar nasional dan internasional. Berikut rincian ukuran sepak bola nasional dan internasional, yakni:

  • Ukuran panjang lapangan: 100-120 meter
  • Ukuran lebar lapangan: 45-90 meter
  • Ukuran lingkaran tengah: 9,5 meter
  • Ukuran panjang kotak penalti: 40 meter
  • Ukuran jarak tendang penalti: 11 meter
  • Ukuran panjang daerah gawang: 18,32 meter
  • Ukuran lebar area gawang: 5,5 meter
  • Ukuran tinggi gawang: 2,4 meter
  • Ukuran lebar gawang: 7,3 meter

Ukuran Lapangan Sepak Bola

Ukuran Bola Standar dalam Sepak Bola

Selain ukuran lapangan sepak bola yang benar, Anda juga perlu mengetahui ketentuan ukuran bola sesuai standar FIFA. Organisasi sepak bola dunia ini menetapkan bahwa bola harus berbentuk bulat secara sempurna dengan bahan terbuat dari kulit atau yang sejenis dan berwarna mencolok. Adapun rincian ukuran bola sebagai berikut:

  • Keliling lingkaran bola: 68- 71 cm
  • Diameter lingkaran bola: 21-22,5 cm
  • Berat bola: 410-450 gram
  • Tekanan isi bola: 8-12 psi atau harus memantul balik setinggi 60 cm saat dijatuhkan dari ketinggian 1 meter

Ketentuan Jumlah Pemain Sepak Bola

Berapa jumlah pemain sepak bola? Anda tentu tak asing dengan istilah kesebelasan pada saat menyaksikan pertandingan sepak bola. Ya, olahraga ini dimainkan secara beregu dengan jumlah pemain sepakbola masing-masing tim berjumlah 11 pemain inti dan ditambah cadangan.

Posisi dan Tugas Pemain dalam Sepak Bola

Sebelum memutuskan untuk bermain, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu posisi dan tugas pemain sepak bola. Tujuannya agar Anda bisa menentukan posisi yang sesuai kemampuan. Meski sepak bola adalah permainan tim, namun kemampuan individu para anggota sangat dibutuhkan. Posisi dan tugas pemain sepak bola adalah sebagai berikut:

1. Keeper atau penjaga gawang

Pada umumnya keeper berpostur tubuh paling besar dan tinggi diantara para pemain sepak bola. Selain itu, seorang keeper harus memiliki insting kuat terhadap pergerakan lawan, gerak refleks sempurna, dan bakat menangkap bola secara cepat dan tepat. Apabila Anda menempati posisi penjaga gawang, maka tugas yang harus dilakukan diantaranya:

  • Menyelamatkan. Keeper menjaga agar gawang tidak kebobolan bola dari lawan dengan cara menangkap, menepis, atau meninju bola.
  • Membersihkan. Keeper melakukan upaya agar bola jauh dari daerah sekitar gawang.
  • Mengarahkan pertahanan. Keeper mengarahkan posisi bek sebab keeper adalah pemain aling belakang yang bisa melihat posisi paling pas.
  • Mendistribusikan bola. Keeper menentukan keputusan untuk menendang atau membuang bola setelah melakukan penyelamatan.

2. Bek atau pemain bertahan

Secara garis besar Bek dalam permainan sepak bola bertugas mencegah serangan lawan sekaligus memblok tembakan jarak jauh dari lawan. Apabila ingin menempati posisi bek, Anda harus memiliki fisik yang sehat dan kuat, serta kecepatan mengantisipasi serangan. Pada umumnya agar pertahanan suatu tim dapat maksimal, bek dibagi dalam 3 macam posisi, yakni:

Center back atau bek tengah. Kriteria pemain bisa menempati posisi ini adalah kuat, berani, dan memiliki kemampuan berdual dengan pemain lawan. Selain itu, akan menjadi nilai lebih jika seorang bek memiliki postur tubuh tinggi dan skill menyundul untuk menghadapi tendangan bebas atau sudut. Fungsi dari bek tengah adalah penjaga daerah tengah pertahanan.

Wing back atau bek sayap. Terdiri dari dua bagian, yakni sayap kiri dan kanan. Tugas dari bek sayap adalah menjaga area pertahanan sayap, sesekali membantu memberikan serangan kepada lawan, dan mengarahkan umpan kepada pemain penyerang dalam satu tim.

Sweeper atau penyapu. Letaknya berada di depan keeper atau penjaga gawang. Tugas dari sweeper adalah mengawasi, mendeteksi, dan menyapu bola dari lawan yang berhasil lolos dari pertahanan sebelumnya.

3. Gelandang atau Midfielder

Tugas utama dari gelandang dalam permainan sepak bola adalah menghubungkan antara bek dengan penyerang. Apabila menempati posisi ini, berarti Anda harus mencegah agar serangan lawan tidak sampai pada pertahanan dan menggiring bola dari bek menuju penyerang. Ada beberapa pembagian gelandang, yakni:

Gelandang bertahan yang berfungsi mencegah bola dari lawan masuk dalam garis pertahanan. Letak gelandang ini berada di belakang garis pertahanan dan di depan para bek.

Gelandang tengah yang terletak di tengah lapangan. Gelandang ini berfungsi untuk menjaga area tengah, mengatur ritme permainan, menciptakan peluang untuk stiker menyerang, dan menghentikan serangan lawan.

Gelandang serang yang berfungsi mendistribusikan bola dan menciptakan strategi penyerangan. Anda harus memiliki skill yang baik dalam mengontrol bola jika ingin menempati posisi ini.

Gelandang sayap yang terletak di bagian sayap dengan tugas hampir sama dengan gelandang serang. Pada umumnya posisi ini digunakan saat tim menggunakan formasi 4-3-3 atau 4-5-1. Apabila ingin menempati posisi ini, Anda harus memiliki kemampuan dalam dribbling dan melewati lawan secara akurat.

4. Penyerang atau Forward

Tugas utama dari penyerang dalam permainan sepak bola adalah mencetak gol. Pada saat permainan, penyerang tidak harus melakukan banyak pergerakan seperti bek dan gelandang. Namun, saat timnya memberikan bola, maka penyerang harus bisa mampu membobol lawan. Kemampuan utama yang diperlukan penyerang adalah teknik, kecepatan, bakat, naluri, serta konsentrasi tajam. Penyerang juga dibagi dalam beberapa macam, yakni:

Penyerang tengah atau striker yang letaknya di dekat gawang tim lawan. Tugasnya adalah menciptakan gol dari umpan yang diberikan timnya dan memberi ruang bagi gelandang serang, pemain sayap dengan cara mengalihkan perhatian pada pertahanan lawan. Penyerang sayap atau second striker yang tugasnya mencetak gol dan membantu serangan dari sektor sayap. Cara yang dilakukan adalah memberi umpan kepada striker dan membuka ruang bagi stiker untuk bisa mencetak gol.

Demikian informasi lengkap mulai dari ukuran lapangan sepak bola hingga posisi beserta tugas para pemain. Selanjutnya, Anda tinggal mencoba bermain bersama rekan untuk persahabatan maupun pertandingan. Jadikan sepak bola sebagai ajang untuk mempererat persaudaraan. Hal terpenting untuk memenangkan sebuah pertandingan sepak bola adalah kemampuan individu serta kerjasama yang baik dalam tim. Selamat bermain sepak bola secara menyenangkan dan penuh sportifitas.

3 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.