Ukuran Lapangan Bola Voli Standar Beserta Ketentuan Lainnya

1
251

Apakah Anda termasuk pecinta bola voli? Ya, bola voli merupakan salah satu cabang olahraga (cabor) cukup familiar dan menjadi favorit banyak orang. Sejak di sekolah, Anda tentu sudah pernah memainkannya, bahkan dalam kompetisi tingkat nasional maupun internasional, voli menjadi cabor yang tak ketinggalan untuk dipertandingkan. Di antara penyebab orang memilih memainkan bola voli adalah tidak membutuhkan tempat yang luas. Ukuran lapangan bola voli hanya 1/5 dari ukuran lapangan sepak bola. Nah, untuk lebih jelasnya silahkan simak informasi mengenai ukuran perlengkapan olahraga ini.

Ukuran Lapangan Bola Voli Standar Nasional dan Internasional

Ukuran Lapangan Bola Voli

Sebagai olahraga yang dipertandingkan pada berbagai tingkat, lapangan bola voli telah diatur sesuai dengan standar yang telah disepakati Federation Internationale De Volleyball (FIVB). Jadi, ukuran lapangan voli nasional dan internasional di seluruh negara, termasuk Indonesia adalah sama. Secara garis besar lapangan voli memiliki ukuran 18×9 meter dengan rincian sebagai berikut:

  • Ukuran panjang lapangan yaitu 18 meter
  • Ukuran lebar lapangan yaitu 9 meter
  • Ukuran lebar garis dalam lapangan yaitu 5 centimeter
  • Ukuran area servis lapangan yaitu 3 meter
  • Ukuran panjang garis serang lapangan yaitu 3 meter

Jadi, ukuran lapangan bola voli nasional dan internasional sudah ada standarnya.

Ukuran Standar Net Bola Voli

Tidak hanya ukuran lapangan, Anda juga mengetahui ukuran standar net bola voli. Net adalah jaring pembatas antara kedua tim untuk menenukan point. Adapun ukuran standar net bola voli secara nasional maupun internasional sebagai berikut:

  • Ukuran panjang net bola voli yaitu 9 meter
  • Ukuran lebar net bola voli yaitu 1 meter
  • Ukuran tinggi tiang net bola voli putra yaitu 2,43 meter
  • Ukuran tinggi tiang net bola voli putri yaitu 2,24 meter
  • Ukuran jarak tiang net dengan garis tepi atau samping lapangan yaitu 0,5 – 1 meter
  • Ukuran pita tepian atas net bola voli yaitu 5 cm
  • Ukuran pita tepian samping net bola voli yaitu 5 cm dengan panjang 1 meter
  • Ukuran mata jala jaring atau net bola voli yaitu 10 cm dengan bentuk persegi

Ukuran Standar Bola Voli

Ukuran Standar Bola Voli

Selain ukuran lapangan bola voli dan tinggi net, perlengkapan penting selanjutnya adalah bola. Berapakah ukuran standar bola voli? Sesuai standarnya bola voli terbuat dari bahan kulit lentur di bagian luar dan karet atau sejenisnya pada lapisan dalam. Pada pertandingan resmi nasional maupun internasional ukuran standar bola voli sebagai berikut:

  • Keliling bola voli standar yaitu 65-67 cm
  • Diameter bola voli standar yaitu 18-20 cm
  • Berat bola voli standar yaitu 260-280 gram
  • Tekanan bola voli standar yaitu 0,30-0, 325 kg/ cm 2
  • Jumlah lajur yaitu 12-18 lajur

Ketentuan Jumlah Pemain Bola Voli

Voli adalah olahraga beregu. Jumlah pemain bola voli masing-masing terdiri dari 6 pemain inti dan 4 pemain cadangan. Apabila jumlah pemain bola voli kurang dari 4 orang, maka tim tersebut dinyatakan kalah. Beberapa pelanggaran dalam permainan bola voli yang mengakibatkan pemain terdiskualifikasi sebagai berikut:

1. Pelanggaran tingkat pertama berupa sikap kasar, yakni pemain bertindak melawan atau tidak sopan kepada wasit, pemain mengeluarkan kotor-kotor. Sanksi untuk sikap ini adalah peringatan secara lisan atau isyarat tangan.

2. Pelanggaran tingkat kedua berupa sikap menyerang, yakni pemain menfitnah, menghina, atau memukul wasit maupun pemain tim lain. Sanksi untuk sikap ini adalah hukuman penaliti. Regu lawan berhak memperoleh point (angka) dan melakukan servis.

3. Pelanggaran tingkat ketiga berupa menyerang, yakni pemain melakukan serangan fisik atau tindakan untuk menyerang. Sanksi untuk pelanggaran ini adalah dikeluarkan atau terdiskualifikasi.

Posisi dan Tugas Pemain dalam Bola Voli

Ketika bermain bola voli Anda harus mengetahui posisi dan fungsi masing-masing pemain dalam sebuah tim. Hal ini agar Anda dapat memaksimalkan peran dalam permainan. Pada prinsipnya, bola voli adalah memainkan bola dengan cara dipukul agar jatuh di area lawan. Upaya ini dilakukan melalui kerja sama tim dengan menyeberangkan bola di atas net dan mempertahankan agar serangan bola dari lawan tidak jatuh. Berikut posisi dan tugas pemain dalam permainan bola voli sebagai berikut:

1. Posisi Set-Upper atau Tosser

Pemain yang bertugas mengatur serangan dalam sebuah tim. Apabila ingin menempati posisi ini, maka Anda harus memiliki kualitas umpan baik dan bervariasi. Setiap anggota tim akan melakukan serangan, seorang set-upper menciptakan umpan cantik dan tepat agar tim melakukan penyerangan dengan baik. Selain itu, Anda juga perlu menguasai teknik smash dan blocking yang bik. Kegagalan pada seorang set-upper membuat sebuah tim akan sering kebobolan dan kekurangan point.

2. Posisi Smasher atau Spiker

Pemain yang bertugas melakukan serangan untuk mendapatkan point sekaligus blocking agar serangan bola dari tim lawan dapat terbendung dan menghindari kekalahan. Letak smasher berada di depan net dan di samping set-upper.

3. Posisi Libero atau Defender

Pemain yang bertugas melakukan passing untuk menerima dan menahan berbagai serangan dari tim lawan. Apabila ingin menempati posisi ini, maka Anda harus memahami teknik passing atas dan bawah dengan baik agar bola tidak terlewat dan mengetahui setiap arah datangnya serangan bola dari lawan. Perlu diketahui, sebagai pemain bertahan, Libero tidak boleh melakukan smash, namun bisa keluar masuk area lapangan voli. Letak pemain ini berada di area belakang.

4. Server

Pemain yang bertugas melakukan servis. Biasanya peran ini dilakukan oleh defender atau libero. Jadi setelah menjalankan fungsi Server, pemain kembali ke posisi semula.

Macam-Macam Teknik Dasar Bermain Bola Voli

Setelah mengetahui posisi beserta tugasnya, Anda juga perlu memahami teknik dasar dalam bermain bola voli. Meski olahraga ini dilakukan secara beregu, namun kemampuan individu juga diutamakan. Jika semua anggota tim dapat menguasai teknik bermain, maka tim hanya perlu memaksimalkan dan mengatur kekompakan. Berikut teknik dasar bermain bola voli, yaitu:

1. Teknik servis. Suatu teknik memukul bola voli agar dapat melewati net dan menuju area lawan. Agar servis dapat berhasil dan mendapatkan poin, maka pemukulan harus diarahkan ke area kosong atau pemain lawan yang terlihat kurang menguasai permainan. Pada pelaksanaanya teknik servis terbagi dalam beberapa cara, diantaranya servis bawah, servis samping, servis atas, dan jump servis.

2. Teknik passing. Suatu teknik memberikan bola kepada pemain dalam satu tim sebelum melakukan serangan kepada lawan. Secara garis besar teknik passing ada dua, yakni passing atas dan bawah.

3. Teknik smash. Suatu teknik berupa memukul bola voli dengan gerakan melompat secara kuat ke arah area tim lawan yang kosong. Tahapan melakukan smash yang perlu Anda lakukan adalah awalan, pukulan, tolakan, dan pendaratan.

4. Teknik blokcing. Suatu teknik menahan sekaligus mecegah serangan dari tim lawan. Cara blocking adalah dengan melompat tinggi sekaligus mengarahkan kedua tangan untuk menahan bola dari lawan.

Nah, itulah penjelasan mengenai perlengkapan bola voli, mulai dari ukuran lapangan bola voli hingga posisi para pemainnya. Semua peraturan mengenai olahraga ini diatur secara resmi oleh induk organisasi bola voli internasional, yaitu Federation Internationale De Volleyball (FIVB). Kemudian di Indonesia diatur lagi secara terperinci oleh Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI). Setelah mengetahui ketentuannya, sekarang Anda tinggal bermain dengan kualitas terbaik, menguasai teknik, dan secara sportif. Selamat bermain bola voli bersama rekan sebagai persahabatan maupun untuk pertandingan.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.