Universitas Terbaik Di Indonesia

Siapa sih yang tidak ingin berkuliah di universitas favorit? Pasti semua mengharapkannya dan berusaha maksimal untuk merealisasikannya. Untuk siswa yang baru saja lulus SMA dan berniat melanjutkan kuliah, moment mencari perguruan tinggi dengan jurusan yang diinginkan tentu saja menjadi hal yang penting. Dari tahun ke tahun, tingkat persaingan semakin sulit dan ketat sehingga perlu persiapan yang sangat matang untuk mengantisipasinya. Sebelum memilih universitas, ada baiknya kamu tahu beberapa universitas terbaik di Indonesia 2020 yang bisa dijadikan pilihan.

Universitas Terbaik di Indonesia yang Direkomendasikan

Berikut ini adalah 10 universitas terbaik di Indonesia versi dikti yang bisa kamu jadikan tempat untuk menuntut ilmu selanjutnya. Bisa dibilang beberapa universitas ini adalah universitas paling bagus di Indonesia yang nantinya bisa mengantarkan kamu menuju gerbang kesuksesan.

1. Universitas Gadjah Mada

Siapa yang tidak mengenal UGM (Universitas Gajah Mada) ini? kampus ini merupakan universitas terbaik di Indonesia dan berada di Jogjakarta. Banyak sekali para siswa yang berlomba ingin berkuliah di sini karena kualitasnya baik. Selain itu, Universitas Gajah Mada ini juga memiliki banyak jurusan yang bisa dijadikan pilihan. Universitas Gajah Mada ini sudah berdiri sejak 19 Desember 1949 dan tergolong sebagai universitas yang sudah tua dan melahirkan banyak orang sukses. Kampusnya juga bersebelahan dengan Universitas Negeri Yogyakarta sehingga wilayah tersebut merupakan lingkungan perkampusan.

Di level Asia kampus UGM menempati peringkat ke 105 dan di tingkat dunia peringkat 550. Banyak sekali yang berminat berkuliah di kampus ini untuk menempuh pendidikan sarjana hingga mendapat gelar master. Dengan lingkungan Kota Jogja yang dikenal sebagai kota pelajar, UGM ini tentu saja menjadi kampus idaman banyak orang.

2. Institut Teknologi Bandung

Urutan universitas paling bagus di Indonesia nomor dua diduduki oleh ITB (Institut Teknologi Bandung). Jika kamu tertarik dengan ilmu sains dan teknik, universitas ini bisa menjadi pilihan yang sangat recommended. Banyak sekali peminat yang ingin menuntut ilmu di kampus ini karena kualitasnya yang sangat unggul. Kampus ini berdiri pada 2 Maret 1959 dan menjadi kebanggaan Indonesia khususnya kota Bandung.

Kampus ini dikenal sebagai universitas yang banyak melahirkan para insinyur. Selain itu, ITB masuk dalam jajaran 300 kampus terbaik di dunia dalam bidang teknik. Sedangkan di level dunia versi umum kampus ITB masuk dalam peringkat 410 dan peringkat 86 se Asia.

3. Institut Pertanian Bogor

Universitas terbaik di Indonesia urutan ke tiga berlokasi di Jawa barat, tepatnya ada di kota Bogor. Nama universitas ITB (Institut Pertanian Bogor) ini adalah salah satu kampus yang memiliki banyak jurusan bidang pertanian. Namun di sisi lain, jurusan non agraris yang dimiliki juga cukup banyak sehingga kamu tidak perlu bingung dalam memilih. Kampus ini sudah berdiri sejak 1 September 1963 da tentu saja memiliki banyak mahasiswa karena kualitasnya yang tidak perlu diragukan lagi.

Universitas ini memiliki 9 jurusan dan dilengkapi dengan 1 pasca sarjana, diploma serta sekolah bisnis. Di tingkat Asia, universitas Institut Pertanian Bogor ini menduduki peringkat ke 191 dan dalam jajaran universitas bidang pertanian masuk dalam 100 besar. Tidak mengherankan bila banyak peminat yang berlomba ingin menjadi mahasiswa IPB.

4. Universitas Indonesia

Untuk kamu yang berniat berkuliah di universitas paling berkualitas di Indonesia yang letaknya di ibukota, kamu dapat memilih berkuliah di UI (Universitas Indonesia). Universitas ini sangat terkenal dan telah beberapa kali menduduki ranking pertama universitas favorit di Indonesia. Universitas Indonesia termasuk universitas yang terbesar di Indonesia dan didirikan sejak tahun 1849. Jadi tidak mengherankan bila kampus ini menjadi banyak incaran orang yang ingin melanjutkan jenjang pendidikannya di bangku kuliah.

5. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Jika kamu ingin berkuliah di daerah Surabaya, kamu dapat memilih ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember) sebagai pilihannya. Sebagai kampus favorit, ITS lebih menitik beratkan pada jurusan yang mengembangkan bidang maritim di Indonesia dan teknologi. Usia dari institut di Surabaya ini juga sudah cukup tua karena sudah ada sejak 10 November 1957.

6. Universitas Diponegoro

Jika membahas universitas yang letaknya di daerah Jawa Tengah, pasti tidak lepas dari UNDIP (universitas Diponegoro). Letak universitas ini tepatnya berada di kota Semarang dan dikenal masyarakat luas sebagai universitas terbaik di Jawa Tengah. Lokasi dari universitas ini bisa dibilang strategis dan mudah dijangkau oleh kendaraan apapun. Selain itu pilihan dari jurusan yang ada cukup bervariasi sehingga menjadi universitas yang sangat direkomendasikan bagi kamu. Usia dari UNDIP juga tergolong cukup tua karena sudah berdiri sejak 9 Januari 1957.

7. Universitas Airlangga

Selain ITS, Surabaya juga memiliki universitas terbaik di Indonesia lainnya yaitu UNAIR (Universitas Airlangga) yang sudah sangat dikenal masyarakat. Banyak orang yang mengatakan bahwa UNAIR adalah universitas terbaik di Kota Surabaya. Hal ini tentu saja karena UNAIR dinilai memiliki tingkat moralitas dan kredibilitas yang tinggi. Oleh karena itu tidak mengherankan jika kampus ini menjadi serbuan banyak orang yang ingin berkuliah. Kampus ini juga termasuk sudah berusia tua karena berdiri sejak 10 November1954.

8. Universitas Brawijaya

Satu lagi universitas paling bermutu di Indonesia yaitu UNIBRAW (Universitas Brawijaya). Kampus ini berada di daerah Jawa Timur. Namun saat ini singkatan UNIBRAW ini sudah mulai ditinggalkan dan kebanyakan orang mengenalnya dengan sebutan UB. Kampus ini sudah berdiri sejak lama yaitu mulai 5 Januari 1963 dan banyak orang yang berminat untuk berkuliah di tempat ini.

Universitas paling bermutu di Indonesia UB ini memiliki 11 fakultas yang bisa dijadikan pilihan sehingga kamu tidak akan merasa kebingungan dalam memilih. Keistimewaan lain dari UNIBRAW ini adalah peringkat yang disandangnya. Di tingkat Asia, UNIBRAW menempati peringkat 301 – 350 dan di tingkat dunia berada di peringkat 1354.

9. Universitas Hasanuddin

Di luar pulau Jawa juga ada universitas berkualitas dengan biaya murah yaitu Universitas Hadanuddin (UNHAS). Letak dari kampus ini tepatnya berada di kota Makassar provinsi Sulawesi Selatan. Universitas ini cukup popular dan banyak diminati oleh para pencari perguruan tinggi karena kualitasnya. UNHAS didirikan sejak 10 September 1956 dan cukup dikenal masyarakat luas sebagai universitas murah berkualitas walaupun letaknya berada di Makassar.

10. Universitas Negeri Yogyakarta

Satu lagi universitas terbaik di Jogja yang sangat banyak peminatnya adalah UNY (Universitas Negeri Yogyakarta). Letak universitas ini masih berada dalam satu kawasan dengan UGM sehingga tidak mengherankan bila daerah tersebut penuh dengan mahasiswa.

Dahulu nama universitas ini adalah Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Yogyakarta dan seiring berjalannya waktu berubah menjadi UNY. Kampus ini sudah berdiri sejak 21 Mei 1964 dan menjadi tempat incaran untuk menuntut ilmu. Jurusan yang mendominasi di universitas ini adalah bidang pendidikan dan dikenal menjadi pencetak tenaga pendidik yang handal.

Mulai sekarang, persiapkan diri kamu agar dapat berkuliah di kampus impian. Jangan lupa juga untuk mengenali diri dengan mengetahui jurusan apa yang sesuai dan dapat mengembangkan potensi kamu. Persaingan untuk masuk ke universitas terbaik semakin ketat dan sulit sehingga kamu tidak boleh bersantai diri dan harus bersiap berkompetisi dengan jutaan siswa yang memiliki mimpi yang sama dari seluruh penjuru Indonesia.

Semoga informasi tentang 10 universitas negeri terbaik di Indonesia ini dapat menjadi referensi kamu dalam menentukan pilihan.

6 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.