Universitas Jurusan Teknik Mesin Terbaik

Sejauh ini, salah satu predikat mahasiswa terpopuler masih dipegang oleh mahasiswa teknik mesin. Selain peluang kerjanya yang besar, banyak calon mahasiswa yang berusaha menembus universitas jurusan teknik mesin terbaik karena berbagai alasan. Lulusan teknik mesin adalah salah satu sumber daya yang cukup banyak dibutuhkan oleh lapangan kerja.

Tidak heran jika para calon mahasiswa ini berupaya keras untuk bisa memasuki jurusan teknik mesin atau mechanical engineer di universitas idaman mereka. Banyak diantaranya yang bahkan mengambil kursus atau bimbingan belajar khusus agar bisa berhasil di ujian masuknya.

6 Universitas Jurusan Teknik Mesin Terbaik di Indonesia

Indonesia memiliki banyak sekali universitas dan sekolah tinggi yang menyediakan pilihan jurusan atau program studi teknik mesin. Namun, tidak semua universitas memiliki nilai atau akreditasi yang baik dalam kualitas pendidikannya.

Universitas yang terakreditasi baik akan menghasilkan lulusan yang berkualitas dan banyak diburu oleh perusahaan. Umumnya, lulusan jurusan mechanical engineer universitas terakreditasi baik memang cukup diperhitungkan.

Lembaga yang berhak memberikan penilaian atau akreditasi adalah Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. BAN PT bertugas untuk melaksanakan sistem akreditasi berdasarkan wewenang yang dilimpahkan oleh Kemenristek RI. Berikut ini adalah 6 universitas jurusan teknik mesin terbaik di Indonesia, diantaranya adalah:

1. Universitas Indonesia

Siapa yang tidak tertarik untuk bergabung di universitas ternama seantero Indonesia ini. Ya, Universitas Indonesia masuk dalam jajaran universitas jurusan teknik mesin terbaik di Indonesia. Kampus yang bonafid ini memang terkenal ketat dalam persaingan ujian masuknya. Namun, akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi mereka yang beruntung bisa memasuki UI.

UI memiliki jurusan teknik mesin yang sudah diakui kualitasnya sejak belasan tahun lalu. Tepatnya pada 2008, UI mendapatkan akreditasi baik dari Asean University Network (AUN). Predikat ini mengukuhkan UI dalam kancah pendidikan internasional sebagai universitas pertama yang mendapatkan pengakuan dunia.

Selain itu, jurusan teknik mesin UI juga telah berhasil mendapatkan sertifikasi ISO 9001:2000 internasional dalam hal manajemen mutu. Hal ini menunjukkan bagaimana manajemen UI mampu meningkatkan kualitas di lingkungan akademika.

Fakultas teknik mesin UI menyediakan program fast track dimana mahasiswa berkesempatan menempuh pendidikan dalam waktu yang cukup singkat. Mereka bisa menyelesaikan pendidikan S1 dan S2 teknik mesin dalam waktu 5 tahun saja.

2. Universitas Gadjah Mada

Yogjakarta bukan hanya tempat tujuan wisata yang paling banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Namun, kota ini juga menjadi salah satu tempat tujuan belajar oleh siswa dari seluruh penjuru tanah air.

Salah satu universitas terbaiknya adalah UGM dengan jurusan unggulan yaitu mechanical engineer. Beberapa tahun yang lalu, jurusan teknik mesin UGM mendapatkan kualifikasi baik dari akreditasi internasional yaitu Accreditation Board of Engineering and Technology (ABET).

Jurusan mechanical engineer di universitas ini diakui keunggulannya dalam mencetak generasi sarjana teknik unggulan. Selain teknik mesin, predikat baik dari ABET juga didapatkan oleh 3 program studi lainnya. Inilah yang menjadikan UGM sebagai salah satu universitas jurusan teknik mesin terbaik di Indonesia.

Departemen teknik mesin UGM dilengkapi dengan laboratorium dengan fasilitas terlengkap, perpustakaan online dan offline, dan ruang kuliah modern. Program studi teknik mesin yang disediakan di kampus ini meliputi konversi energi, material teknik dan manufaktur serta mekanika terapan.

3. Institut Teknologi Bandung

Program studi teknik mesin ITB telah mendapatkan akreditasi A dari BAN PT dan menjadikannya salah satu universitas jurusan teknik mesin terbaik di Indonesia. Selain itu, jurusan ini juga masuk dalam bagian FTMD atau Fakultas Teknik Mesin dan Kedirgantaraan.

ITB juga masuk dalam salah satu universitas yang mendapatkan akreditasi skala Internasional. Pada tahun 2017, jurusan ini mendapatkan akreditasi istimewa dari ASIIN. ASIIN adalah lembaga akreditasi internasional yang berasal dari Jerman.

Predikat akreditasi baik dari ASIIN ini membuktikan bahwa jurusan teknik mesin ITB telah berhasil menyelenggarakan pendidikan bermutu internasional. Sarana, fasilitas dan program pendidikannya telah memenuhi persyaratan sebagai jurusan unggulan dan berkualitas.

4. Institut Teknologi Sepuluh November

Salah satu kampus utama di Surabaya ini juga tidak ketinggalan menyediakan pelayanan pendidikan terbaiknya. Jurusan teknik mesin di Universitas ini juga patut diperhitungkan keberadaannya selain ITB.

ITS berhasil memperoleh sertifikat Quality Assurance (QA) dari Asean University Network (AUN) pada tahun 2018 yang lalu. Predikat ini membuat ITS menjadi salah satu universitas jurusan mechanical engineer terbaik di Indonesia.

Selain mendapatkan pengakuan dari badan akreditasi internasional, ITS juga mendapatkan predikat baik dari BAN PT yaitu Akreditasi A. Di kampus ini, tersedia tiga pilihan bidang studi jurusan teknik mesin yaitu teknik produksi, konversi energi dan desain.

5. Universitas Sebelas Maret

UNS juga merupakan salah satu universitas jurusan teknik mesin terbaik yang ada di Indonesia. Universitas yang berlokasi di kota Solo Jawa Tengah ini memiliki suasana kampus yang teduh, kondusif, rimbun dan sangat baik untuk tempat menuntut ilmu.

Jurusan teknik mesin merupakan salah satu jurusan terlama yang disediakan kampus UNS. Di kampus ini tersedia dua program studi teknik mesin yaitu pendidikan teknik mesin dan teknik mesin murni.

Jurusan teknik mesin di UNS telah mendapatkan Akreditasi A dari BAN PT. Selain itu, mereka juga berhasil meraih sertifikat Quality Assurance (QA) dari Asean University Network (AUN) pada tahun 2018.

6. Universitas Diponegoro

Berlokasi di kota Semarang Jawa Tengah, universitas jurusan teknik mesin terbaik yang satu ini juga tak kalah bagus kualitasnya. Memiliki program studi yang cukup beragam, UNDIP cukup populer dan menjadi PTN impian bagi pelajar di seluruh Indonesia.

Jurusan teknik mesin di UNDIP juga cukup berkualitas dan bergengsi. Pasalnya, jurusan ini juga telah meraih akreditasi A dari BAN PT. Jurusan ini juga telah sukses mencapai akreditasi Quality Assurance (QA) dari Asean University Network (AUN).

Sarjana lulusan teknik mesin UNPID banyak sekali dibutuhkan oleh perusahaan atau pabrik-pabrik terkemuka. Hal ini dapat dilihat dari cepatnya sarjana teknik UNDIP terserap dalam lapangan pekerjaan setelah mereka lulus dari universitas.

Itulah 6 universitas jurusan teknik mesin terbaik yang ada di Indonesia. Semua universitas ini bahkan sudah mendapatkan pengakuan dari badan akreditasi nasional dan internasional. Semoga semakin banyak lagi universitas dengan jurusan teknik mesin atau mechanical engineer yang mendapatkan penilaian baik, sehingga pendidikan di Indonesia juga akan diperhitungkan di mata dunia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.