Tips Lulus Perguruan Tinggi Negeri

Setelah melewati masa Sekolah Menengah tingkat Pertama (SMP)dan Atas (SMA), seorang siswa umumnya akan melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi yaitu Universitas. Berikut ini adalah tips lulus perguruan tinggi negeri favorit yang bisa Anda pelajari. Memang tidak mudah menembus universitas atau perguruan tinggi negeri, apalagi jika tempat itu merupakan kampus favorit bagi banyak calon mahasiswa. Anda harus bersaing dengan ribuan calon mahasiswa lainnya untuk bisa menempati slot atau kursi yang ada. Anda harus mempersiapkan diri sebaik dan semaksimal mungkin supaya bisa mendapatkan kesempatan memasuki sekolah negeri favorit tersebut.

Tips Lulus Perguruan Tinggi Negeri yang Perlu Anda Ketahui

Banyak calon mahasiswa yang merasa khawatir akan persaingan memasuki sebuah universitas favorit yang tidak mudah. Mereka tidak cukup percaya diri pada kesempatan atau peluang yang mungkin bisa kalian dapatkan. Bahkan, tidak sedikit yang menyerah sebelum bertempur.

Anda tidak perlu mengubur harapan dan impian untuk bisa masuk ke universitas impian. Selalu ada cara yang bisa kalian lakukan untuk mewujudkan hal tersebut. Berikut ini akan kami sampaikan beberapa tips lulus perguruan tinggi negeri yang Anda inginkan, yaitu :

1. Persiapkan Sedari Awal

Persiapan untuk memasuki universitas impian seharusnya sudah kalian lakukan sejak dini. Itulah mengapa beberapa sekolah banyak yang telah melakukan penjurusan serta pemetaan potensi dan pilihan karir.

Sekolah-sekolah ini mencoba untuk mempersiapkan ke mana bakat dan minat Anda menuju. Dalam hal ini, tips lulus perguruan tinggi negeri adalah dengan menyambut baik dan ikut berpartisipasi dalam pencarian bakat dan minat Anda.

Yang terpenting dari pemilihan jurusan saat kuliah adalah tentang bagaimana keinginan Anda di masa mendatang. Jangan sampai Anda salah jurusan dan mengakibatkan DO (Drop Out) saat tengah masa perkuliahan.

2. Fokus pada Jurusan Tertentu di Universitas Impian

Setelah mendapatkan bakat dan minat Anda terhadap satu jurusan, usahakan untuk fokus terhadap pelajaran yang berkaitan dengan jurusan tersebut. Contohnya jika Anda ingin masuk jurusan Akuntansi, pastikan Anda benar-benar mendalami pelajaran tersebut semasa sekolah.

3. Buat Penelitian Sederhana dan Update Informasi

Tips lulus perguruan tinggi negeri adalah jangan berhenti untuk mencari tahu dan menambah informasi terkait jurusan dan kampus idaman Anda. Buat penelitian atau riset kecil mengenai tempat yang Anda dambakan tersebut.

Gali lebih banyak informasi untuk mendapatkan wawasan dan pengetahuan tentang kampus tersebut. Bagaimana potensi penerimaannya, apakah Anda cukup berpeluang untuk memasukinya, dan lain sebagainya.

4. Kunjungi Calon Universitas Impian

Tips lulus perguruan tinggi negeri selanjutnya adalah dengan mengunjungi universitas dambaan Anda. Dengan begitu, Anda akan merasa lebih dekat dan terikat. Anda bisa membayangkan seandainya Anda menjadi mahasiswa pada kampus tersebut.

Dengan mendatangi kampus impian, Anda akan semakin termotivasi untuk bergabung pada PTN itu. Apalagi jika kampus tersebut merupakan kampus favorit, hal ini akan menjadi kebanggaan tersendiri baik bagi Anda ataupun keluarga.

5. Gali Potensi Diri

Menggali potensi dan kemampuan diri adalah salah satu tips lulus perguruan tinggi negeri yang wajib dilakukan. Hal ini perlu kalian lakukan untuk mengetahui seberapa jauh kemampuan Anda dalam menembus ujian-ujian masuk ke kampus favorit tersebut. Setidaknya, ada tiga macam ujian masuk yang PTN sediakan. Diantaranya adalah jalur undangan, jalur ujian dan jalur mandiri. Berikut ini adalah penjelasannya, yaitu :

  1. Jalur Undangan, adalah jalur yang disediakan oleh perguruan tinggi untuk siswa-siswa yang berprestasi selama di Sekolah Menengah Atas. Umumnya, jalur ini dimanfaatkan oleh siswa yang sering mendapatkan rangking di kelas atau mereka yang sering menjuarai lomba.
  2. Jalur Ujian, adalah jalur penerimaan mahasiswa baru dengan cara mengikuti tes masuk yang diselenggarakan oleh panitia ujian Universitas. Ujian masuk ini umumnya berlangsung serentak dan diikuti oleh semua universitas negeri di Indonesia.
  3. Jalur Mandiri, adalah jalur penerimaan mahasiswa baru yang mana akan ada tes atau ujian masuk secara mandiri oleh masing-masing perguruan tinggi negeri.

Ketiga jalur ini sama-sama bisa anda tempuh guna memasuki universitas negeri impian. Namun, ada perbedaan mendasar ketiganya yaitu terkait biaya atau dana pendidikan.

Biaya pendidikan untuk jalur undangan dan ujian biasanya lebih murah karena mendapatkan subsidi dari Pemerintah. Hal ini karena kampus tersebut merupakan kampus negeri atau milik Pemerintah.

Sedangkan untuk jalur mandiri, biaya pendidikan yang harus kalian bayarkan akan sedikit lebih mahal. Namun secara keseluruhan, tidak ada perbedaan dalam proses pengajaran dan pembelajaran dari ketiga jalur tersebut.

6. Fokus Belajar dan Asah Kemampuan

Setelah mengetahui jurusan dan jalur penerimaan yang Anda inginkan, tips lulus perguruan tinggi negeri selanjutnya adalah terus fokus. Asah kemampuan Anda dengan cara mengerjakan soal-soal ujian yang keluar pada tahun-tahun sebelumnya.

Anda bisa mengikuti beberapa kursus tambahan yang lembaga atau kursus dari luar sekolah online maupun offline adakan. Kursus ini akan banyak mengulas dan membahas soal-soal ujian dan membantu Anda berlatih mengerjakan latihan soal.

7. Minta Support dari Keluarga dan Orang Terdekat

Langkah selanjutnya adalah meminta dukungan dari keluarga dan orang terdekat. Pastikan Anda selalu mendapatkan support dari orang-orang sekitar Anda. Menjaga suasana hati dan perasaan bisa menjadi salah satu hal penting.

Tips lulus perguruan tinggi negeri adalah dengan meminta mereka untuk memberikan motivasi saat Anda merasa lelah dan jenuh belajar. Minta mereka untuk terus mendampingi supaya Anda bisa fokus dan tidak lengah mengejar impian memasuki universitas negeri impian.

Rasa bahagia karena mendapatkan dukungan penuh dari keluarga dan orang terdekat akan membuat Anda semakin bersemangat. Dengan perasaan yang baik ini, Anda akan lebih lancar dalam mengerjakan soal-soal ujian.

8. Minat Bantuan dan Saran dari Guru serta Pembimbing Akademik

Cara selanjutnya yang bisa Anda tempuh adalah meminta bimbingan dan bantuan dari guru. Anda bisa meminta mereka untuk memberikan saran dan masukan mengenai kisi-kisi ujian yang akan kalian tempuh.

Umumnya, banyak guru yang sudah mempersiapkan diri mereka untuk membantu siswa yang ingin menembus perguruan tinggi favoritnya. Hal ini bisa Anda pergunakan. Bekerja samalah dengan guru atau pembimbing akademik supaya persiapan Anda mengikuti ujian perguruan tinggi negeri lebih maksimal.

9. Jaga Kesehatan

Tips lulus perguruan tinggi negeri selanjutnya adalah dengan menjaga kesehatan Anda sebaik mungkin. Jangan sampai menjelang ujian masuk berlangsung, Anda malah jatuh sakit dan tidak bisa mengerjakan soal ujian dengan baik.

Anda harus terus menerapkan pola hidup sehat dan berolahraga dengan rutin. Dalam tubuh yang sehat, Anda akan merasa lebih baik dan lebih mudah berpikir. Hindari bergadang saat ujian masuk perguruan tinggi sudah dekat. Hal ini akan membuat Anda mudah lelah dan gampang jatuh sakit.

Itulah 9 tips lulus perguruan tinggi negeri favorit yang bisa Anda pelajari. Saat Anda memaksimalkan 9 langkah tadi, Anda akan memperbesar peluang untuk bisa lulus masuk PTN. Namun, apabila Anda belum bisa menembus ujian masuk perguruan tinggi negeri tersebut, jangan kecewa dan coba lagi tahun mendatang. Setidaknya Anda sudah memiliki pengalaman bagaimana harus mempersiapkannya dengan baik. Semoga sukses.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.