Cara Aktivasi BNI SMS Banking dan BNI Mobile Banking Di HP Kamu

1
88

Kemajuan dan kecanggihan teknologi masa kini semakin memudahkan kita dalam semua hal termasuk melakukan transaksi perbankan. Jika dahulu kita harus pergi ke ATM untuk melakukan transfer, cek saldo, cek mutasi, pembelian pulsa, dan lain sebagainya, kini hanya dengan berbekal smartphone semua aktivitas perbankan tersebut dapat Anda lakukan dengan mudah. Layanan ini disebut dengan layanan elektronik banking (e-banking). BNI adalah salah satu bank pemerintah Indonesia dengan jumlah nasabah yang cukup besar. Demi meningkatkan pelayanan dan kemudahan transaksi nasabahnya, BNI meluncurkan program e-bankingnya. Ada tiga macam e-banking BNI yaitu BNI SMS banking, Mobile Banking dan Internet Banking. Namun saat ini, kita hanya akan membahas SMS banking dan mobile banking saja.

BNI SMS Banking

BNI SMS banking adalah salah satu layanan e-banking yang mengandalkan fitur SMS (Short Message Service) dari provider kartu selular. Layanan ini merupakan layanan e-banking yang pertama kali ada. Cara menggunakan SMS banking adalah dengan cara mengirimkan pesan singkat berisi kode-kode tertentu. Tentu saja, Anda membutuhkan ketersediaan pulsa agar layanan ini dapat diakses. Biaya transaksi adalah sekitar Rp 500 hingga Rp 1000 tergantung dari jenis transaksinya. Nomor layanan BNI SMS banking adalah 3346.

Cara daftar BNI SMS banking ada dua cara yaitu :

1. Melalui Customer Service

yang pertama adalah dengan mendaftar langsung pada Customer Service di kantor BNI terdekat. Anda akan diminta untuk menunjukkan kartu identitas dan buku tabungan. Kartu identitas yang bisa dipergunakan adalah KTP, SIM ataupun Paspor. Kemudian, Anda akan diminta untuk mengisi form aplikasi penggunaan layanan SMS banking. Customer service akan memandu Anda hingga selesai.

2. Melalui ATM

Ikuti prosedur dibawah ini jika ingin mendaftar SMS banking melalui ATM :

– Masukkan ATM beserta passwordnya

– Pilih menu Registrasi e-channel

– Pilih menu SMS banking

– Masukkan Nomor Handphone

– Buat PIN SMS banking, PIN ini akan digunakan setiap melakukan transaksi SMS banking. Anda bisa membuatnya sama dengan PIN ATM namun disarankan untuk membuatnya berbeda agar lebih aman.

– Setelah proses selesai, Anda akan menerima notifikasi dari 3346 yang berisi pemberitahuan bahwa SMS banking Anda sudah aktif dan juga struk pendaftaran SMS banking.

Keuntungan Menggunakan BNI SMS Banking

SMS banking bisa dilakukan di semua tipe Handphone dengan syarat jaringan dan pulsa tersedia. Berikut ini adalah beberapa transaksi yang bisa dilakukan melalui SMS banking beserta kode atau format SMSnya. Diantaranya adalah :

1. Cek Saldo

Format cek saldo BNI SMS banking adalah SAL. Cukup mengetikkan tiga huruf dan dikirimkan ke 3346. Anda akan mendapatkan balasan jumlah nominal yang ada di tabungan BNI Anda.

2. Cek Mutasi Terakhir

Formatnya adalah HST. Caranya sama dengan cara untuk cek saldo.

3. Isi ulang pulsa

Cara isi pulsa BNI sms banking adalah dengan format TOP <spasi> No. HP <spasi> NOMINAL. Contohnya TOP 085100200300 50000

4. Transfer uang ke sesama BNI

Cara transfer BNI sms banking adalah dengan format TRANSFER <spasi> NO.REKENING <spasi> NOMINAL.

5. Transfer uang ke bank lain

Tidak hanya transfer antar sesama, BNI SMS banking transfer antar bank juga bisa dilakukan dengan format TRANSFER <spasi> ANTARBANK <spasi> KODE BANK+NO. REKENING <spasi> NOMINAL

Itulah beberapa transaksi BNI SMS banking yang umumnya dipergunakan. Selain transaksi di atas, banyak juga transaksi lainnya seperti isi ulang PLN prabayar, bayar tagihan PLN pasca bayar, cek tagihan kartu kredit, cek tagihan PLN dan Telkom. Ada beberapa alasan yang menyebabkan BNI sms banking tidak dapat diproses yaitu pulsa yang tidak mencukupi atau saldo rekening Anda kurang dari nominal yang akan ditransaksikan. Coba cek kemungkinannya.

BNI Mobile Banking

BNI Mobile banking adalah layanan terkini dari program e-banking. Layanan ini dapat diakses melalui smartphone yang telah terinstal di HP anda dangan download di Playstore atau Apple Store yaitu BNI Mobile banking. Tentu saja, Anda membutuhkan kuota internet untuk bisa mengaksesnya.

Cara daftar BNI Mobile banking hanya satu yaitu dengan mendatangi langsung Customer Service. Anda akan diminta untuk menunjukkan kartu identitas dan buku tabungan. Customer Service akan membantu Anda untuk melakukan BNI mobile banking registrasi. Prosesnya cepat dan tidak ribet. Setelah berhasil didaftarkan, Anda akan mendapatkan user ID BNI mobile banking yang akan dipergunakan untuk membuat akun mobile bankingnya. Langkah selanjutnya adalah mengaktifkan akun BNI mobile banking Anda. Caranya langsung dilakukan di smartphone Anda yaitu :

– Buka aplikasi BNI Mobile banking yang sudah terinstal di smartphone Anda.

– Pilih tombol Aktivasi

– Masukkan user ID BNI mobile banking yang Anda dapatkan dari Customer Service tadi

– Masukkan 16 digit angka yang ada di ATM Anda

– Akan muncul perintah KIRIM SMS OTP. SMS ini akan dikirimkan pada nomor handphone yang Anda daftarkan pada sistem BNI, berisi empat digit kode untuk dimasukkan ke kotak verifikasi Mobile Banking. Jika Anda tidak menerima kode OTP, mungkin ada kesalahan pada nomor handphone yang terdaftar.

– Kemudian Anda akan diminta untuk membuat PIN Mobile Banking.

– Setelah selesai membuat PIN, Mobile banking Anda sudah aktif dan bisa digunakan untuk bertransaksi.

– Banyak penyebab BNI Mobile Banking aktivasi gagal, bisa jadi karena kuota internet sudah habis, jaringan smartphone yang kurang kuat, atau sedang ada perbaikan di sistem BNI mobile banking. Untuk Alasan yang terakhir, Anda mungkin bisa mencoba lagi keesokan harinya.

Fitur Fitur BNI Mobile Banking

Anda akan menemui banyak sekali menu atau fitur dalam BNI Mobile Banking. Dalam setiap fitur, anda juga akan menemui lebih banyak lagi fitur pelengkapnya. Diantaranya adalah :

  • Rekeningku, yaitu tabungan, giro, deposito, investasi, pembukaan rekening, dan lain sebagainya.
  • Transfer, yaitu antar BNI, online antar bank. Kliring, dana pensiun, dan lain sebagainya.
  • Pembayaran, yaitu kartu kredit, listrik, BPJS, PDAM, finance dan lain sebagainya
  • Pembelian, token listrik, paket data, voucher TV berbayar, dan lain sebagainya
  • Investasi, yaitu SBN Ritel
  • Produk Dan Jasa Lainnya, yaitu pencairan deposito, bukti transaksi, reksa dana, dan lain sebagainya
  • Administrasi, yaitu ubah PIN, ubah password, dan lain sebagainya

Segala transaksi melalui BNI Mobile Banking terbilang lebih mudah dan cepat. Anda tidak perlu pergi ke bank untuk melakukan transfer dana. Di sini, Anda juga bisa mendapatkan BNI mobile banking bukti transfer untuk transaksi pemindahan uang yang dilakukan. Bukti transaksi ini merupakan bukti yang sah dan bisa dipertanggungjawabkan.

Layanan BNI e-banking merupakan kenyamanan dan kemudahan yang dipersembahkan oleh BNI untuk para pelanggannya. Layanan ini semakin meringankan Anda dalam melakukan transaksi perbankan. Anda tidak perlu harus pergi ke bank atau ATM untuk sekedar cek saldo, transfer dan cek mutasi. Anda juga dimudahkan dengan disediakannya fitur pembayaran dan pembelian sehingga tidak perlu lagi keluar rumah jika ingin membeli pulsa atau token listrik. Semua transaksi perbankan bisa dilakukan di ujung jari serasa punya ATM sendiri di rumah.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.