25 Tempat Wisata Di Batam Paling Populer yang Wajib Dikunjungi

1
236

Semua orang tentu tak asing dengan kota Batam. Letak geografis yang strategis membuat kota ini sibuk dengan industri dan perdagangan. Berbagai proses impor dan ekspor terlebih dahulu transit di sini. Maka tak heran apabila banyak masyarakat tertarik berkunjung ke Batam, terutama berburu barang-barang impor. Namun ternyata, selain sebagai surganya produk murah, Batam memiliki deretan destinasi wisata yang menakjubkan. Kamu penasaran apa saja? Kali ini akan dibagikan informasi mengenai 25 tempat wisata di Batam yang wajib kamu kunjungi.

25 Tempat Wisata Di Batam Yang Terkenal

Berbicara tempat wisata yang ada di Pulau Batam memang tak ada habisnya, mulai dari wisata alam, buatan, kuliner, religi, edukasi, dan masih banyak lagi. Berikut daftar wisata yang harus masuk dalam daftar kunjungan kamu ketika ke Batam, yaitu:

1. Pantai Nongsa

Destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi pertama adalah Pantai Nongsa. Apabila datang dari bandara, maka kamu memerlukan waktu 10 menit perjalanan untuk mencapai pantai di Batam ini. Biaya masuk pantai dibanderol dengan harga Rp 5.000. Pantai Nongsa menawarkan keindahan pasir putih serta air laut yang jernih. Kamu bisa menghabiskan waktu untuk berenang, snorkeling, maupun relaksasi di tepi pantai. Menariknya, di sini juga tersedia lapangan golf di beberapa resort yang telah disediakan. Pantai ini benar-benar cocok untuk liburan keluarga maupun bersama rekan kerja.

2. Infinite Studio Film

Masih dalam satu kawasan tempat wisata di Nongsa Batam, kamu bisa melanjutkan perjalanan ke studio film terbesar di Indonesia. Selama ini belum banyak orang Indonesia yang tahu bahwa sebenarnya ada studio cukup membanggakan negara dan diakui dunia. Infinite Studio Film atau Infinite Frameworks (IFW) Studios pernah memfasilitasi proses syuting film Hollywood, Blackhat dan Skyline.

Di sini, kamu bisa melihat berbagai koleksi barang menarik yang berkaitan dengan perfilman, diantaranya becak dalam film Joker Games, memoribilia film (foto-foto sineas, baju, kamera jadul), dan masih banyak lagi. Semuanya tertata rapi dan menarik dalam sebuah museum mini di Infinite Studio Film.

3. Kebun Raya Batam

Kebun Raya Batam terletak di Sembulang, Galang, kota Batam. Destinasi wisata alam sekaligus edukasi ini cocok untuk berlibur bersama anak-anak tercinta. Kamu bisa memperkenalkan mereka aneka ragam flora Indonesia yang begitu menakjubkan dan langka. Hingga saat ini pemerintah kota Batam terus meningkatkan pembangunan Kebun Raya Batam (KRB) demi mewujudkannya sebagai destinasi wisata unggulan.

4. Jembatan Barelang

Bagi kamu yang mencari tempat wisata di Batam dekat bandara bisa mengunjungi Jembatan Barelang. Apa istimewanya jembatan ini? Jembatan Barelang merupakan ikon dan landmark Batam. Kamu bisa mengambil foto dengan latar tempat ikonik dan instagramable. Setiap wisatawan yang berkunjung ke Batam tak pernah melewatkan Jembatan Barelang, sebab tak sah rasanya jika belum foto di sini.

Jembatan yang diprakasai oleh B.J.Habibie ini terdiri dari enam buah dengan arsitektur berbeda. Masing-masing jembatan diberi nama-nama raja yang pernah berkuasa di Melayu Riau, diantaranya Tengku Fisabilillah, Nara Singa, Raja Ali Haji, Sultan Zainal Abidin, Tuanku Tambusai, dan Raja Kecik.

5. Pantai Melur

Tak hanya jembatan, ada pula tempat wisata di Barelang yang tak kalah menariknya, yaitu Pantai Melur. Kamu perlu menempuh perjalanan dengan jarak sekitar 45 km ke arah selatan dari pusat kota Batam. Pantai ini dekat dengan lokasi Jembatan Barelang Tuanku Tambusai. Kelebihannya, pantai Melur memiliki ombak yang tenang dan tak banyak terumbu karang, sehingga kamu bisa dengan aman berenang meski sampai 500 meter dari pesisir pantai. Selain itu, Bagi kamu yang suka menguji adrenalin dapat mencoba beberapa wahana watersport, seperti banana boat.

6. Ocarina Park

Ocarina Park merupakan tempat wisata di Bengkong Batam yang menjadi surganya wahana bermain. Tidak hanya untuk anak-anak, wahana yang dibangun di atas lahan seluas 40 hektare ini juga menyediakan wahana untuk orang dewasa. Kamu perlu membayar tiket masuk Rp. 10.000, namun ini belum termasuk tiket untuk menikmati aneka wahana. Sebagaimana taman rekreasi lainnya, Ocarina Park juga sering mengadakan konser musik. Harga murah dan wahana lengkap membuat Ocarina Park menjadi rekomendasi tempat wisata di Batam yang bagus dan terkenal.

7. Tulisan “Welcome to Batam” di Bukit Clara

Pilihan selanjutnya adalah salah satu tempat wisata di Batam Center, yakni tulisan “Welcome to Batam” yang terletak di Bukit Clara. Layaknya tulisan “Hollywood” yang ada di Amerika, di sini kamu bisa merasakan kebanggaan berfoto. Tak hanya foto dengan latar belakang tulisan, kamu juga bisa mengambil gambar pemandangan Singapura dan Malaysia, sebab tulisan ini menghadap ke Pelabuhan Ferry Internasional Batam Center. Kamu tak perlu membayar untuk berfoto di spot ini.

8. Rumah Kopi Fatmawati

Rekomendasi untuk kamu yang mencari tempat hang out di Batam adalah Rumah Kopi Fatmawati. Letaknya berada di kawasan Mega Wisata Ocarina, Batam Center. Saat yang pas untuk datang ke sini adalah malam hari. Perpaduan langit malam dan lautan melengkapi indahnya hang out-mu bersama teman-teman. Rumah Kopi ini buka dari pukul 10.00-23.00. Menu yang dijual juga memiliki harga terjangkau.

9. Kampung Vietnam

Bagi kamu yang ingin mendatangi wisata edukasi bisa memilih Kampung Vietnam. Di sini kamu bisa melihat bekas tempat tinggal orang Vietnam yang pernah mengungsi. Berdasarkan catatan sejarah, dahulu Vietnam sedang mengalami peperangan, sehingga beberapa warganya diungsikan sementara ke pulau Galang. Setelah konflik selesai, mereka dipulangkan kembali ke negaranya. Meski sudah tak berpenghuni, namun Kampung Vietnam menjadi tempat wisata di batam yang menarik. Kondisi rumah berbentuk perahu dan suasana kampung masih tetap terjaga hingga sekarang.

10. Water Park Top 100 Tambesi

Water Park Top 100 Tambesi merupakan tempat wisata di Batu Aji Batam yang cukup populer. Pada hari senin-jumat tiket masuk dibanderol dengan harga Rp 35.000, sedangkan hari sabtu-minggu seharga Rp 55.000. Taman rekreasi ini menawarkan banyak sekali wahana bermain yang bisa kamu nikmati diantaranya, water slide tower, kiddy pool, circle dan wide slide, swimming pool, lazy river, rock mountain, dan masih banyak lagi.

11. Bukit Senyum

Salah satu tempat wisata di Batu Ampar Batam yang tak boleh dilewatkan adalah Bukit Senyum. Tempat ini cocok digunakan untuk menikmati keindahan kota Batam saat malah hari. Kamu bisa melihat indahnya gemerlap suasana Batam, Singapura, dan lalu lalang pesawat dari bandara Changi. Perbukitan ini memberikan suasana malam yang romantis.

12. Hutan Mata Kucing

Hutan mata Kucing merupakan tempat wisata alam di Batam yang sayang untuk dilewatkan. Hutan ini menawarkan keindahan hutan beserta aneka ragam binatang koleksi hutan. Kamu bisa membawa anak-anak untuk mengajarkan kepada mereka jenis-jenis fauna.

13. Queen Garden Waterboom

Destinasi wisata lain yang sayang untuk dilewatkan adalan Queen Garden Waterboom. Tempat wisata air di Batam ini merupakan favorit banyak wisatawan. Tiket masuk dibanderol dengan harga Rp 35.000 saat weekdays dan Rp 55.000 saat weekend. Waterboom ini merupakan wisata air terbesar di Kepulauan Riau dengan luas 7 hektare. Di sini kamu bisa menikmati banyak sekali wahana air, diantaranya 4 seluncuran tinggi, 6 seluncuran pendek, semi olympic pool, lazy river, dan masih banyak lagi.

14. Golden City Batam

Salah satu destinasi wisata edukasi yang sayang untuk dilewatkan adalah Golden City Batam. Ini merupakan tempat wisata rumah adat di Batam. 31 rumah adat dari seluruh Indonesia dengan ukuran kecil tersusun pada sebuah track mengelilingi taman. Wisata ini sangat cocok dikunjungi oleh pelajar atau kamu yang ingin belajar mengenal rumah adat. Selain itu di sini juga disediakan beberapa patung binatang, dianataranya kuda, gajah, panda, kuda, beruang, dan sebagainya. Sambil belajar kamu juga bebas mengabadikan momen melalui foto. Tertarik untuk mencoba?

15. Pantai Marina

Bagi kamu yang mencari tempat wisata untuk anak di Batam bisa mengunjungi Pantai Marina. Letaknya berada di bagian barat kepulauan Batam. Pantai ini menawarkan keindahan laut beserta biotanya. Selain itu, juga disediakan taman hijau untuk bermain anak-anak. Biaya masuk pantai ini cukup murah, yakni Rp. 3000 bagi anak-anak dan Rp 6.000 bagi orang dewasa.

16. Pantai Sakera

Pantai Sakera merupakan salah satu tempat wisata di Bintan Batam yang cukup populer. Kamu perlu melakukan penyebrangan memakai kapal feri dari Batam, kemudian melanjutkan perjalanan darat sekitar 15 menit dari pelabuhan. Sesampainya di Pantai Sakera kamu akan disambut dengan putihnya pasir dan birunya air laut. Kamu bisa melakukan aktivitas berenang atau sekedar relaksasi di tepi pantai. Ombak di pantai ini cukup tenang, sehingga aman bagi anak-anak.

17. Bukit Tanjung Uma

Apakah kamu mencari spot terbaik untuk menikmati Kota Batam? Jika iya, kamu bisa mengunjungi salah satu tempat wisata di Lubuk Baja Batam, yakni Bukit Tanjung Uma. Dari sini kamu bisa puas menikmati pemandangan Lubuk Baja, Nagoya, Pelita, Jodoh, dan perbatasan perairan Indonesia dengan Singapura. Waktu yang pas untuk datang ke sini adalah saat menjelang matahari terbenam hingga malam hari.

18. Pantai Tanjung Bemban

Bicara wisata bahari di Batam memang tak ada habisnya, satu lagi pantai yang wajib kunjungi adalah pantai Tanjung Bemban. Kamu bisa menyaksikan lalu lalang perahu yang menuju Singapura. Pantai ini menjadi tempat wisata favorit di Batam, karena suasana dan sajian makanan lautnya yang tak terkalahkan.

19. Pulau Abang Besar

Jika selama ini kamu hanya mengenal keindahan bawah laut di Bunaken, sekarang saatnya kamu mencoba melihat keindahan yang ditawarkan Pulau Abang Besar. Di sini kamu bisa melakukan snorkeling dan diving untuk menyaksikan keindahan taman bawah laut.

20. Masjid Agung Batam

Ketika berkunjung ke Batam kamu tak boleh melewatkan Masjid Agung Batam yang terletak di Jl. Engku Putri, Batam Kota. Masjid ini merupakan ikon kota Batam. Kamu bisa melakukan wisata religi dengan melihat keindahan arsitektur bernilai seni tinggi.

21. Alun-Alun Engku Putri

Destinasi yang tak boleh terlewatkan selanjutnya adalah Alun-Alun Engku Putri. Sebagaimana di kota lain, Alun-Alun di Batam juga di desain begitu cantik dan rapi. Setiap sore banyak masyarakat dan wisatawan yang menghabiskan waktu santai di sini. Sekitar alun-alun dikelilingi tempat ibadah, pusat perbelanjaan, dan masih banyak lagi.

22. Batam City Square

Sudah menjadi rahasia umum bahwa Batam menjadi sentra perdagangan terbesar karena letak geografisnya. Setelah puas mengunjungi berbagai wisata alam, kamu wajib mendatangi Batam City Square untuk berburu buah tangan. Tempat belanja di Batam ini menyediakan berbagai produk dari dalam dan luar negeri dengan harga lebih rendah dibandingkan kota lain. Tak hanya berbelanja, di sini kamu juga bisa menikmati wahana hiburan. Batam City Square menyediakan fasilitas belanja dan rekreasi dalam satu tempat.

23. Nagoya Hill Shopping Mall

Apabila belum puas di Batam City Square, kamu bisa mendatangi tempat wisata belanja di Batam lainnya, yakni Nagoya Hill Shopping Mall. Pusat perbelanjaan ini merupakan surganya barang dengan harga miring. Kamu bisa mendapatkan berbagai produk fashion, seperti tas, sepatu, baju branded yang dijual murah.

24. Golden Prawn

Setelah puas berburu barang branded dengan murah, selanjutnya kamu juga harus mengunjungi wisata kuliner Golden Prawn. Di sini kamu bisa menikmati tempat wisata di Batam selain pantai yang menyediakan aneka seafood lezat. Konsep ruangan dibuat terbuka, sehingga kamu juga merasakan segarnya hembusan angin. Tak hanya restoran, di sini juga tersedia hotel bintang lima.

25. Harbour Bay Food Court

Selain Golden Prawn, ada pula tempat wisata kuliner dengan harga lebih terjangkau, yakni harbour Bay Food Court. Menu yang ditawarkan juga aneka seafood, diantaranya Kelong Seafood, Hawai Seafood, Wey Wey Seafood.

Nah, itulah 25 tempat wisata di Batam. Cukup banyak dan semua menarik hati untuk didatangi. Agar wisatamu bisa memuaskan sebaiknya gunakan paket wisata Batam yang sudah banyak tersedia. Dari sini tujuan wisatamu bisa terorganisir dengan baik. Namun jangan lupa untuk memastikan bahwa agen perjalanan yang kamu pilih terpercaya dan berpengalaman. Selamat menikmati liburanmu di Kepulauan Batam.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.