Jalan-Jalan ke Singapore Lewat Batam

Menghabiskan waktu libur di Singapore memang banyak diminati orang Indonesia. Pasalnya, selain sangat bersih dan disiplin, negara ini memiliki banyak sekali destinasi seru dan terkenal. Sebut saja Universal Studios, Sentosa Island, Singapore Flyver, dan masih banyak lagi. Untuk sampai di Singapore, saat ini orang-orang banyak yang lebih memilih lewat Batam karena lebih murah dan cepat dibandingkan harus naik pesawat Jakarta-Singapore. Anda penasaran bagaimana cara jalan-jalan ke Singapore lewat Batam? Baca informasi ini hingga selesai.

Langkah Mudah Jalan-Jalan ke Singapura Lewat Batam

Jalan-jalan ke Singapura lewat Batam akan terasa lebih mudah dan cepat apabila Anda mengikuti langkah berikut ini:

1. Persiapkan paspor dan visa

Anda tentu sudah tahu bahwa paspor dan visa menjadi dokumen wajib saat bepergian ke luar negeri, termasuk jalan-jalan ke Singapore melalui Batam. Secara sederhana, paspor menjadi identitas selama perjalanan di luar negeri sedangkan visa merupakan tanda izin untuk masuk ke negara tersebut.

Bagi Anda yang mungkin belum memahami cara mengurusinya adalah dengan datang ke kantor imigrasi terdekat. Beberapa dokumen perlu dipersiapkan antara lain, KTP, Kartu Keluarga, Akta Kelahiran/Ijazah, dan materai. Besar biaya tergantung jenis paspor yang diminta, yakni paspor biasa atau elektronik.

2. Penerbangan menuju Bandara Hang Nadim

Perjalanan awal dimulai dengan melakukan penerbangan ke Bandara Hang Nadim, Batam. Tenang saja, hampir semua bandara sudah melayani rute penerbangan ini. Besar biaya tergantung pesawat dan kelas yang dipilih. Jika Anda berangkat dari Jakarta, maskapai yang bisa digunakan antara lain, Garuda Indonesia, Lion Air, Citilink, Sriwijaya Air, dan Batik Air. Sementara untuk kota-kota lain, silahkan cek maskapai dan jadwal penerbangan di website resmi masing-masing bandara.

3. Penyebrangan dari pelabuhan Batam

Sesampainya di Bandara Hang Nadim, silahkan beli tiket kapal ferry menuju Harbourfront, Singapore. Sebab harganya sedikit lebih murah jika dibandingkan dengan tiket yang dijual di pelabuhan. Beberapa Pelabuhan Batam yang melayani penyeberangan rute ini yaitu, Pelabuhan Batam Center, Tanjung Balai, Tanjung Pinang, dan Sekupang. Pada umumnya, orang lebih banyak memilih Pelabuhan Batam Center karena lebih dekat dari bandara dan hanya butuh 1 jam untuk sampai di Singapore

4. Menuju imigrasi dan custom Singapura

Setibanya di Harbourfront, Anda bisa menuju imigrasi dan custom untuk pengecekan paspor, visa, dan barang bawaan. Biasanya petugas juga meminta dokumen lain, seperti bukti pemesanan hotel, tiket balik, surat undangan, atau lainnya. Maka dari itu, usahakan menaruh semua dokumen tersebut dalam tas yang mudah diambil, sehingga proses pengecekan lebih cepat.

Bagi Anda yang jalan-jalan ke Singapore lewat Batam untuk berlibur, silahkan pilih lajur “All Passports”. Sementara untuk Anda yang tujuannya bekerja, tinggal di sana, sekolah, atau memegang employment past, maka gunakan lajur “Singapore Passports”. Sebelum meninggalkan lajur imigrasi ini, pastikan bahwa paspor sudah diberi cap oleh petugas.

Demikian langkah yang perlu Anda tempuh jika ingin jalan-jalan ke Singapore lewat Batam. Selama di sana jangan lupa untuk menghindari beberapa perbuatan yang dilarang, karena jika tidak Anda akan dikenakan denda bahkan sanksi pidana. Beberapa larangan tersebut di antaranya, membuang sampah sembarangan, tidak menyiram toilet umum, bermesraan di tempat umum, bertengkar di tempat umum, merokok sembarang tempat, menyeberang sembarangan, maka dan minum dalam transportasi umum. Selamat menikmati liburan menyenangkan di Singapore bersama keluarga tercinta, ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.