Tempat Wisata di Tanjung Pinang

Tanjung Pinang adalah ibu kota dari Provinsi Riau. Kota ini berada di Pulau Bintan yang terkenal dengan keindahannya. Oleh karena itu, wajar saja jika Anda bisa menemukan berbagai tempat wisata di Tanjung Pinang yang unik dan menarik. Beragam tempat wisata mulai dari wisata pantai dan wisata alam lain bisa ditemukan di kota ini. Objek wisata di Tanjung Pinang selalu ramai oleh pengunjung.

Pengunjung yang datang nyatanya bukan hanya wisatawan lokal saja. Banyak wisatawan luar daerah bahkan wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Tanjung Pinang pada saat liburan. Wisata alam dengan nuansa yang indah memukau tidak kalah dengan pemandangan yang bisa Anda temukan di Bali, Jogja, maupun Bandung.

10 Tempat Wisata di Tanjung Pinang Cocok Buat Liburan

Jika Anda berencana untuk melakukan liburan di Pulau Bintan, Anda bisa membuat daftar beberapa tempat wisata di Tanjung Pinang berikut. Rekomendasi ini akan membuat perjalanan Anda menjadi semakin terarah dan tidak terlupakan.

1. Pantai Tanjung Siambang

Mari mulai dengan mengunjungi objek wisata alam pantai yang ada di Pulau ini. Sebenarnya, ada beberapa pantai yang bisa Anda kunjungi di Tanjung Pinang. Pantai Tanjung Siambang merupakan pantai yang sangat menawan.

Pantai ini terletak di Pulau Dompak, sebuah pulau yang menjadi pusat pemerintahan di Riau. Pulau Dompak dihubungkan dengan jembatan yang berjumlah dua ke pusat kota Tanjung Pinang yang berada di Pulau Bintan. Pantai Tanjung Siambang menjadi objek wisata di Tanjung Pinang yang selalu ramai dikunjungi. Pantai ini aman untuk anak-anak karena jauh dari ombak yang besar.

2. Pantai Impian

Wisata pantai lain yang tidak kalah indahnya adalah Pulau Impian. Pantai ini memiliki jenis pasir yang putih. Hamparan keindahan pasir putih akan membuat siapa saja merasa takjub ketika memandangnya. Pemandangan yang disuguhkan di pantai ini ternyata langsung menghadap ke Pulau Bintan. Anda bisa menikmati fasilitas yang lengkap ketika berkunjung mulai dari jajaran restoran yang khas dan resort.

3. Pantai Lagoi

Masih dari tempat wisata di Tanjung Pinang dengan tema pantai, Anda bisa mengunjungi sebuah pantai terkenal bernama pantai Lagoi. Banyak orang yang mengatakan bahwa pantai ini merupakan miniatur dari Singapura. Mengapa dikatakan demikian?

Benar sekali, dulunya setiap orang yang berkunjung ke pantai harus membayar dengan menggunakan mata uang SGD. Hal unik yang bisa Anda temukan di pantai ini adalah Batu Granit yang menghiasi pantai. Pantai Lagoi bisa dikatakan sangat mirip dengan pulau Bali. Di tempat ini, Anda bisa menemukan tempat spa, diskotik, dan resort-resort keren.

4. Pulau Penyengat

Beralih dari wisata pantainya yang indah dan mempesona, mari kita pergi ke Pulau Penyengat. Pulau Penyengat merupakan Pulau yang letaknya tidak jauh dari Tanjung Pinang. Anda bisa menuju pulau ini dalam waktu kurang lebih 15 menit dari Kota Tanjung Pinang.

Pulau ini merupakan saksi bisu dari sejarah Kesultanan Riau melawan penjajah pada abad ke 18. Ada beberapa tokoh orang besar dan pahlawan yang berpengaruh pada kemerdekaan Indonesia di tempat ini. Anda bisa menemukan sebuah masjid megah bernama Masjid Raya Sultan Riau di Pulau ini. Dinding masjid dibuat dari bahan unik yaitu putih telur.

5. Gedung Gonggong / Laman Boenda

Tempat Wisata di Tanjung Pinang

Laman Boenda atau sering disebut Gedung Gonggong karena bentuk gedungnya seperti Seafood Gonggong adalah salah satu Icon yang dimiliki oleh Kota Tanjung Pinang atau Kepulauan Riau. Bentuk yang menyerupai gonggong yang merupakan makanan Seafood yang terkenal di daerah itu dan sekitarnya.

Gedung yang diresmikan 2016 akhir lalu semakin terkenal akibat banyak Vlogger yang mereview tempat tesebut dan menshare di media mereka masing2 dan banyak juga pengunjung yang mengabadikan foto di tempat itu dan mensharenya. Tak puas jika anda berkunjung ke kota tersebut tapi tidak mampir ketempat ini.

6. Pulau Beralas Pasir

Jika Anda merupakan seorang yang berjiwa petualang, maka tempat rekreasi di Tanjung Pinang bernama White Sands Island ini tidak boleh dilewatkan. Pulau ini bisa ditempuh dalam waktu 15 hingga 20 menit dari Pulau Bintang. Pantai ini memang terkenal dengan pasir putihnya yang indah memanjakan mata.

White Sand Island bisa ditempuh menggunakan speedboat dari Desa yang bernama Teluk Bakau. Banyak aktifitas menarik yang bisa dilakukan oleh para wisatawan di tempat ini. Anda bisa mencoba melakukan diving, snorkeling, atau bahkan hanya bersantai sejenak bermain-main di pinggir pantai.

7. Crystal Lagoon

Jika Anda memiliki hobi berenang, maka Crstal Lagoon tidak boleh Anda lewatkan. Ini merupakan sebuah kolam renang yang terbesar di Asia Tenggara. Lokasi kolam ini pun sangat strategis yaitu berada di pinggir pantai. Dengan demikian, Anda bisa berenang sambil menikmati pemandangan pantai yang indah.

Kolam renang terbesar di Asia Tenggara ini memiliki debit air berjumlah 115.060.000 liter. Untuk mengisi kolam, diperlukan waktu cukup lama. Air kolam sendiri memang diambil dari air pantai yang sudah mengalami proses penyulingan terlebih dahulu.

Warna airnya sangat jernih. Selain berenang, Crystal Lagoon juga menyediakan beberapa aktivitas menarik seperti Boat ride dan Fly board. Anda bisa mencoba beberapa water sport di sana.

8. Vihara Seribu Wajah

Beralih ke wisata religi, terdapat tempat wisata di Tanjung Pinang keren bernama Vihara Seribu Wajah. Vihara ini menjadi tempat ibadah sekaligus tempat wisata. Vihara dibangun pada tahun 2010.

Seperti Vihara pada umumnya, terdapat beberapa arsitektur khas Vihara termasuk patung 1000 wajah di Vihara ini. Inilah yang membuat tempat ini menyita perhatian.

9. Masjid Raya Sultan Riau

Wisata religi lain yang bisa dikunjungi adalah Masjid Raya Sultan Riau. Masjid ini terletak di Pulau Penyengat. Masjid ini merupakan peninggalan kesultanan Melayu.

Warnanya hijau, kuning, terlihat sangat cantik bahkan dari kejauhan. Hingga sekarang, masjid ini dijadikan sebagai cagar budaya oleh pemerintah.

Tips Berlibur di Pulau Tanjung Pinang

Setelah menentukan tempat rekreasi di Tanjung Pinang yang akan Anda kunjungi, Anda juga bisa mengetahui beberapa tips untuk berlibur disini. Ada beberapa fakta unik dan menarik tentang kota Tanjung Pinang.

1. Menggunakan transportasi kapal

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengunjungi kota Tanjung Pinang adalah menggunakan transportasi kapal laut. Jika Anda melakukan perjalanan dari Jakarta, Anda bisa menuju Tanjung Priok menuju Pelabuhan Sri Bintan Tanjung Pinang. Dari pelabuhan tersebut, Anda bisa menggunakan kapal ferry menuju lokasi.

Ongkos untuk menaiki kapal ferry sangat brevariasi. Untuk kapal ferry besar dengan jarak tempuh kurang lebih 1 jam, Anda akan dikenakan biaya kurang lebih 44 ribu rupiah. Namun, harga tetap bisa berubah sewaktu –waktu.

2. Ketahui tranportasi umum di Tanjung Pinang

Untuk menuju tempat wisata di Tanjung Pinang , Anda harus mengetahui beberapa transportasi umum yang bisa digunakan di kota ini. Umumnya, alat transportasi di Tanjung Pinang bisa dilakukan menggunakan akses darat dan laut. Untuk rute darat, Anda bisa menggunakan bus-bus besar dengan jam-jam tertentu.

3. Pilih Penginapan

Sudah berlibur jauh, tentu Anda ingin menginap ketika berkunjung ke Tanjung Pinang. Dengan menginap dalam waktu tertentu, Anda bisa puas menikmati beragam tempat wisata di Tanjung Pinang.

Beberapa rekomendasi hotel yang bisa Anda pilih di kota ini adalah Comfort hotel, Pelangi hotel, Bintan Nirwana Hotel, Bintan Bukit Kursi Resort, Riau Holiday Indah, dan masih banyak lagi.

4. Ketahui bahasa daerah yang digunakan

Agar bisa berbaur dengan warga sekitar, Anda bisa mengetahui sedikit bahasa daerah yang mereka gunakan. Penduduk setempat menggunakan bahasa Melayu Klasik . Namun, sebagian masyarakat juga menggunakan bahasa Hokkien dan Tiochiu karena sebagian dari mereka merupakan keturunan Tionghoa.

Berwisata atau traveling di Tanjung Pinang itu asyik dan mengesankan. Anda bisa menentukan destinasi tempat wisata di Tanjung Pinang mulai dari sekarang. Jangan lupa, rencanakanlah liburan Anda dengan penuh persiapan yang matang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.