Oleh-Oleh Khas Batam

Batam merupakan sebuah kota di ke Kepulauan Riau yang memiliki banyak destinasi menarik. Jika berlibur atau sekedar singgah ke kota perbatasan Indonesia dengan Malaysia ini, wajib mencicipi makanan khas Batam. Sebagai kota yang menjadi perairan Internasional, menjadikan Batam selalu berinovasi dalam menciptakan makanan yang menjadi oleh-oleh khas. Penasaran apa saja oleh-oleh khas Batam yang wajib kamu bawa pulang? Yuk intip

Oleh-Oleh Khas Batam Yang Recommended

Setelah puas menjelajahi berbagai destinasi menarik di Kota Batam, kamu bisa beranjak menuju pusat oleh-oleh. Aneka jajanan dan souvenir unik khas Batam dapat bebas kamu pilih sesuai keinginan. Saking banyaknya opsi yang tersedia, terkadang kamu justru bingung ingin memilih yang mana.

Biar kamu nggak kebingungan lagi, berikut rekomendasi oleh-oleh khas Batam yang terkenal hingga mancanegara dan bisa kamu bawa pulang.

1. Cokelat Rocklate

Tatkala berkunjung ke kota industri di Kepulauan Riau ini tidak lengkap jika tidak membawa cokelat rocklate. Makanan satu ini merupakan makanan khas Batam yang diolah dengan kombinasi antara coklat dan marshmallow. Kebayang kan sensasi betapa lembut dan lumernya cokelat di mulut. Harga yang ditawarkan untuk sebuah cokelat rocklate pun beragam mulai dari Rp 26.000an hingga Rp 65.000an.

2. Bingka Bakar

Bingka Bakar tidak jauh berbeda dengan Bika Ambon namun pengolahannya berbeda. Bingka Bakar khas Batam ini berasal dari Kerajaan Melayu yang kini menjadi camilannya orang Batam. Kue yang berwarna kuning dan berlubang-lubang ini dimasak dengan cara dipanggang. Semerbak harum bingka bakar, oleh-oleh khas Batam membuat siapapun ingin segera menyantapnya tatkala masih hangat. Bahan yang digunakan untuk sebuah bingka bakar adalah santan, tepung terigu, telur, dan gula.

3. Layer cake

Layer cake khas batam merupakan makanan khas Batam seperti kue lapis legit. Rasa manis dari kue satu ini patut untuk dijadikan oleh-oleh khas. Varian rasa yang ditawarkan juga beragam seperti cheese, mocha, coklat, fresh pandan, dan original. Kue layer khas Batam ini mudah ditemukan di pusat oleh-oleh atau mall-mal di Kota Batam.

4. Kek Pisang Villa

Dilihat dari namanya sepertinya makanan khas Batam satu ini terlihat menarik dibandingkan makanan khas yang lain. Jadi sudah tidak heran lagi jika kue ini menjadi incaran banyak wisatawan. Kek pisang villa merupakan makanan berbahan dasar pisang dengan topping bervariasi. Oleh-oleh khas Batam ini memiliki berbagai varian rasa seperti rasa original, juicy prunes, cinamoon, hingga rainbow layer.

5. Luti Gendang

Makanan khas Batam yang bisa dijadikan oleh-oleh selanjutnya adalah luti gendang. Makanan satu ini terbuat dari tepung terigu yang diolah menjadi sebuah roti dengan ikan tuna sebagai isinya. Roti ini disajikan dengan cara digoreng membuat tekstur luti gendang menjadi renyah di luar lumer di dalam.

Perpaduan manis gurih kue satu ini bisa didapatkan dengan harga Rp 3.500 per buah. Jika ingin buat oleh-oleh untuk kerabat dekat bisa memesan luti gendang satu kotak yang dibanderol dengan harga Rp 75.000.

6. Brownis lava

Seperti brownis lainnya, brownis lava merupakan roti yang berpadu dengan lezatnya coklat. Namun yang membuat brownis satu ini berbeda terdapat pada adonannya. Takarannya yang tidak sembarangan membuat brownis lava memiliki lelehan coklat khas saat disantap. Varian rasanya ada blackforest, kacang dan juga cheese cake.

7. Teh Bunga Rosella

Di Batam bunga rosella diolah menjadi teh tubruk sebagai obat herbal dan menjadi oleh-oleh khas Batam yang tahan lama. Pasalnya bunga cantik namun sedikit langka ini memiliki nilai gizi tinggi. Jadi selain khasiat yang dirasakan untuk kesehatan, aromanya pun menggoda. Teh bunga rosella juga cocok untuk mengawali semangat pagi dengan secangkir teh.

8. Kaus T-Obenk

Kalau di Jogja ada Dagadu, Bali punya Joger, Batam tak mau kalah dengan kaos T-Obenk. Jadi selain makanan, wisataan juga bisa memborong kaos T-Obenk ini untuk dibagikan ke kerabat. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau untuk kaos dengan bahan premium yakni mulai Rp 60.000. Kaos T-Obenk dengan kata-kata lucu nan unik ini bisa ditemukan di Jalan Engku Putri, Teluk Tering.

9. Barang elektronik

Mumpung di Batam, kamu bisa memanfaatkan momentnya untuk membeli barang-barang elektronik. Pasalnya harga elektronik seperti handphone, laptop dan juga tablet harganya relative murah disbanding harga ibukota. Karena gadget di Batam masuk dengan mudah tanpa bea cukai.

Jadi sudahkah terbesit dalam benakmu oleh-oleh khas Batam kekinian apa yang hendak dijadikan sebagai buah tangan? Untuk teman kantor atau nongkrong kamu bisa memilih oleh-oleh jenis makanan khas supaya terbagi rata. Sementara untuk keluarga atau kerabat dekat seperti pacar kamu bisa memilih kaos T-Obenk. Atau kalau mau yang terkesan agak mewah gadget pun bisa dijadikan pilihan.