Begini Cara Daftar Paspor Online, Praktis dan Hemat Waktu!

2
72

Apakah Anda berencana pergi liburan ke Singapore atau Malaysia? Banyak orang yang mendambakan bisa traveling ke luar negeri karena hal ini sangat menyenangkan. Untuk bisa pergi ke luar negeri, Anda harus memiliki paspor. Sebenarnya mengurus administrasi untuk membuat paspor tidak sulit. Namun, bagi yang belum berpengalaman akan terasa membingungkan. Kabar baiknya, sekarang ini sudah ada layanan daftar paspor online sehingga Anda bisa lebih hemat waktu dan biaya dibandingkan mengurus secara offline.

Cara Membuat Paspor Online 2019

Saat bepergian ke luar negeri kita membutuhkan paspor sebagai tanda pengenal. Paspor memuat nama, tanggal lahir, foto, alamat dan lain sebagainya. Ini adalah salah satu prosedur yang penting dan harus diurus sebelum pergi ke luar negeri. Namun perlu Anda ketahui bahwa cara membuat paspor online ini tidak lantas semuanya bisa dilakukan secara online.

Ada beberapa hal yang harus dilakukan secara langsung di kantor imigrasi seperti proses verifikasi dan juga wawancara. Langkah yang ditempuh secara online ini adalah salah satu usaha agar mempersingkat waktu sehingga tidak harus berlama-lama mengantri dalam setiap prosesnya. Cara bikin paspor online adalah sebagai berikut ini:

1. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengunduh aplikasi antrian paspor online. Nama aplikasinya adalah “Layanan Paspor Online” yang telah dibuat resmi oleh Direktorat Sistem Dan Teknologi Informasi Kemigrasian Indonesia.

2. Setelah mengunduh aplikasi tersebut, daftarkan diri Anda dengan menggunakan akun Google atau Facebook yang dimiliki. Isilah dengan seksama formulir yang disediakan seperti nama lengkap, nomor NIK, tanggal lahir, password, username, nomor HP, jenis kelamin dan nomor hp.

3. Setelah akun Anda berhasil dibuat, segeralah melakukan login dan klik pilihan “Antrian Paspor”.

4. Langkah selanjutnya dalam tahap pendaftaran online ini adalah memilih kantor imigrasi yang paling dekat dan mudah dijangkau di daerah Anda.

5. Selanjutnya isilah formulir yang sudah disediakan dengan mengisi dengan lengkap jumlah pemohon, waktu kedatangan, tanggal kedatangan dan pilihlah opsi “Lanjut”

6. Step berikutnya silahkan masukkan data pemohon lalu klik “Simpan”. Setelah ini Anda akan mendapatkan jadwal kedatangan yang sudah ditentukan oleh sistem.

Apabila Anda tidak bisa mengaksesnya dengan aplikasi, Anda bisa menggunakan cara lain untuk daftar antrian paspor online seperti dengan masuk melalui situs resmi imigrasi.

Langkahnya adalah sebagai berikut :

1. Buka situs antrian.imigrasi dan pilih pendaftaran di kolom yang berada di pojok kanan bawah.

2. Isilah daftar diri Anda dengan lengkap

3. Lanjutkan dengan tahapan selanjutnya sesuai yang diminta di situs

4. Saat pendaftaran sudah disetujui dan sesuai dengan jam dan tanggal yang dibuat, simpanlah kode booking yang ada dalam situs

5. Anda dapat menunjukkan kode booking atau QR barcode yang didapat di petugas atau admin saat sampai di kantor imigrasi.

Yang perlu Anda tahu adalah cara daftar paspor online ini hanya berlaku untuk pembuatan baru atau perpanjang paspor online. Jadi untuk Anda yang ingin mengurus paspor yang rusak, hilang atau berubah identitasnya tidak bisa menggunakan aplikasi ini. Solusi bagi paspor yang hilang adalah dengan datang ke KANIM dengan melengkapi persyaratan penggantian paspor yang dilengkapi sura kehilangan dari kepolisian.

Keuntungan Daftar Paspor Online

Keuntungan menggunakan sistem online ini adalah Anda dapat mendaftarkan antrian dengan jatah maximal 5 orang sekaligus. Syaratnya adalah anggota yang didaftarkan berada dalam 1 kartu keluarga dan bila di luar itu tidak bisa ikut dalam antrian kolektif. Bagi yang sudah mendapat jadwal antrian namun tidak datang di waktu yang ditentukan, Anda baru bisa mendaftar ulang kembali 30 hari kemudian.

Anda bisa memilih cara daftar paspor online ini agar nantinya prosesnya lebih cepat daripada harus datang ke kantor dan menunggu lama hanya untuk mendapatkan antrian. Semoga informasi cara bikin paspor online ini membantu dan dapat menghemat waktu Anda agar tidak terbuang percuma. Memaksimalkan teknologi akan membawa banyak manfaat bagi kehidupan Anda sekaligus memperlancar urusan administrasi yang dibutuhkan. Selamat melakukan perjalanan, semoga perjalanan Anda ke luar negeri menyenangkan.

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.