Cara Cek No Resi JNE Mudah dan Cepat untuk Kamu yang Belanja Online

2
40

Minat masyarakat untuk membeli barang secara online melalui e-Commerce terus mengalami peningkatan. Berdasarkan riset portal kode diskon situs belanja online, CupoNation menyatakan bahwa pada tahun 2018 jumlah pembeli online mencapai 11,9 persen dari total populasi masyarakat Indonesia. Penyebab utama minat masyarakat adalah kemudahan tanpa harus repot mendatangi toko secara langsung. Berbicara belanja online tak bisa lepas dari jasa pengiriman barang, seperti JNE. Perusahaan pengiriman dan logistik yang berpusat di Jakarta ini menyediakan layanan cek resi secara mudah dan cepat. Namun sayangnya, tak semua pembeli tahu cara cek no resi JNE. Kamu masih bingung bagaimana caranya? Silahkan simak informasi lengkap berikut ini.

Langkah Mengecek No Resi JNE dengan Cepat dan Mudah

Setiap melakukan belanja online di e-Commerce, seperti BukaLapak, Lazada, Shopee, atau lainnya, kamu akan memperoleh no resi yang terdiri dari 15-16 digit. Selanjutnya, kamu perlu melakukan cek resi untuk memantau pengiriman atau lokasi barang belanjaanmu. Berikut langkah cek no resi JNE secara cepat dan mudah, yaitu:

1. Buka website JNE atau unduh aplikasi MyJNE secara gratis di Play Store. Apabila kamu jarang melakukan belanja online, sebaiknya cukup cek nomor resi JNE melalui website.

2. Masukkan no resi pada kolom ‘cek kiriman kamu di sini’ atau ‘lacak kiriman’. Masukkan no resi secara benar, sebab sering terjadi barang tidak ditemukan karena kesalahan saat input. Jika sudah yakin benar, kemudian pilih tombol ‘tracking’. Tunggu beberapa detik akan muncul status dari barang kamu. Adapun penjelasan atau keterangan status pengiriman paket JNE, diantaranya:

  • Manifested: Paket atau barang telah berada di pusat JNE tempat pengirim (penjual)
  • On-Process: Paket masih dalam proses menuju kotamu.
  • On-Transit: Paket sedang dalam perjalanan atau masih berada di kota lain (transit) menuju wilayahmu. Rata-rata lamanya pengiriman JNE selama 2-3 hari. Namun kemungkinan bisa lebih lama apabila jarak wilayah antara pengirim dan penerima cukup jauh.
  • Received on destination: Paket sudah berada di kotamu, sehingga hari ini atau besok kurir akan mengantar ke rumahmu.
  • Delivered: Paket telah sampai atau sudah diterima.
  • Redelivery atau AU (antar ulang): Paket diantar ulang karena hari sebelumnya tidak ada penerima. Apabila di hari kedua masih belum ada penerima, maka kurir biasanya meninggalkan surat pemberitahuan bahwa kamu harus mengambil sendiri paket ke kantor JNE.
  • BA (Bad Address): Alamat yang kamu berikan kurang lengkap. Maka dari itu usahakan untuk memberikan alamat secara lengkap, berupa nama, RT/RW, jalan/gang, No rumah, desa/kelurahan, kecamatan, kota, kode pos, dan No HP.
  • MR (Miss Route): Ada kesalahan dalam pengiriman paket.
  • CC (Criss-Cross): Paket tertukar dengan milik orang lain.
  • Cnee Unknown: Kurir tidak dapat menemukan karena namamu tidak ada yang mengenali. Oleh karena itu, sebaiknya selalu sertakan no HP agar kurir bisa langsung menghubungimu.

Cara Klaim atau Pengaduan kepada JNE

JNE memberi layanan klaim atau mengganti rugi apabila ada kerusakan atau kehilangan barang akibat kelalaian petugas JNE. Namun klaim ini hanya bisa dilakukan oleh pihak pengirim. Jadi, jika barang yang kamu terima ada kerusakan atau hilang, maka lakukan pengaduan kepada pihak tempatmu membeli. Si pengirim akan melakukan klaim dengan syarat masih dalam batas pengajuan, yakni 14 hari sejak tanggal seharusnya barang diterima.

Apakah kamu sekarang sudah paham cara cek no resi JNE? Sangat mudah dan cepat, ya. Jangan lupa selalu berhati-hati setiap membeli barang secara online dengan cara memantau keberadaan barang selama pengiriman.

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.