Jangan Anggap Sepele! Ini Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan

0
18

Anda sedang mengalami rasa sakit perut sebelah kanan? Gangguan kesehatan satu ini memang paling sering di alami banyak orang dan cukup sulit diterka penyebabnya. Hal ini sering kali membuat orang terlambat dalam menangani, padahal gangguan kesehatannya memerlukan pengobatan dengan segera. Ada beberapa jenis rasa sakit pada perut. Mulai dari yang ringan, kram, sampai tajam dan terasa mensuk. Selain itu, pola menjalar rasa sakit dan gejala lain yang menyertai juga perlu dicermati. Maka dari itu, kali ini akan dibagikan informasi tentang penyakit yang mungkin Anda alami serta penanganan untuk mengurangi rasa sakitnya.

Penyakit Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan

Berikut ini beberapa gangguan kesehatan yang di antara gejalanya berupa sakit perut sebelah kanan. Silahkan cocokkan dengan berbagai keluhan yang Anda rasakan.

Penumpukan Gas

Penyebab paling sering sakit perut sebelah kanan adalah akibat penumpukan gas. Kondisi ini biasanya terjadi setelah Anda kebanyakan mengkonsumsi makanan penghasil gas, seperti kacang-kacangan atau sayur silangan (kembang kol, brokoli). Selain itu, intoleransi terhadap makanan juga dapat menjadi penyebab kelebihan gas ini.

Beberapa tanda gas berlebih, yakni sakit perut sebelah kanan dan dapat berpindah-pindah, kembung, serta buang gas terus-menerus. Untuk mengatasinya dapat dengan mengkonsumsi probiotik dan menggunakan pakaian longgar. Meskipun bukan gangguan yang serius, Anda tetap harus pergi ke dokter apabila timbul sakit pada dada, mual, buang air besar berdarah, dan rasa sakit yang berkepanjangan.

Sembelit atau Konstipasi

Sakit perut sebelah kanan juga dapat menjadi pertanda mengalami sembelit atau konstipasi. Kondisi sembelit yang semakin memburuk biasanya akan disertai muntah dan pembengkakan. Perlu digaris bawahi bahwa sembelit tidak hanya berupa feses yang sulit keluar atau keras, tetapi juga frekuensi yang berkurang. Orang dewasa secara normal akan buang air besar 3 kali seminggu dan di waktu yang teratur.

Beberapa cara bisa Anda lakukan untuk meringankan gangguan kesehatan ini, diantaranya, mengompres perut menggunakan air hangat, berbaring dengan posisi kepala lebih tinggi, mengkonsumsi probiotik dan makanan kaya serat, serta meminum larutan baking soda. Selain itu, mengurangi stres dan banyak bergerak atau olahraga juga terbukti mampu menjadi solusi.

Kram Menstruasi

Anda sedang menstruasi? Jika iya, mungkin tamu bulanan ini yang menjadi penyebab rasa sakit perut sebelah kanan. Rasa sakitnya konstan tetapi tidak menusuk. Dalam dunia medis dikenal dengan istilah dysmonorrhea (kram menstruasi). Setiap wanita mungkin mengalami penambahan gejala yang berbeda, diantaranya rasa sakit di punggung bagian bawah, nyeri payudara, mual, atau sakit kepala.

Saat mengalami gangguan ini sebaiknya perbanyak minum air putih, kompres bagian yang sakit dengan air hangat, pijat perut secara lembut, serta hindari makanan berlemak atau cepat saji. Sebagian wanita mungkin menjadi malas bergerak karena kram menstruasi, padahal olahraga dapat membantu tubuh untuk memproduksi hormon endorfin yang mampu mengurangi rasa nyeri dan memperbaiki mood.

Radang Usus Buntu

Pada kondisi tertentu, sakit perut sebelah kanan ternyata tak boleh dianggap remeh. Sebab bisa jadi gangguan tersebut menjadi tanda dari radang usus buntu. Rasa sakitnya yang parah berawal dari sekitar pusar kemudian pindah ke bagian kanan bawah. Selain itu, penderita usus buntu juga akan mengalami demam, susah buang angin, mual, penurunan nafsu makan, serta pembengkakan perut.

Apabila Anda mengalami gejala yang disebutkan, segera periksakan diri ke dokter. Radang usus buntu merupakan kondisi darurat medis yang membutuhkan tindakan secepatnya. Terlambat dalam menangani akan menyebabkan pecahnya apendiks dan infeksi menyebar ke bagian perut lainnya. Selain itu, hindari mengonsumsi makanan pedas dan mengandung garam tinggi.

Batu Ginjal

Penyakit lain yang juga memiliki gejala sakit perut sebelah kanan adalah batu ginjal. Kurangnya konsumsi air dan diet terlalu tinggi protein menjadi penyebab paling banyak seseorang mengalami gangguan kesehatan ini. Terbukti, 85% batu di ginjal berupa zat kalsium.

Berbeda dengan penyakit sebelumnya, sakit perut karena batu ginjal akan menjalar sampai ke selangkangan dan kemaluan. Rasa sakitnya datang seperti gelombang dan terus meningkat. Gejala yang paling mudah dikenali adalah rasa sakit ketika buang air kecil, jumlahnya sangat sedikit tetapi sering, serta terdapat darah dalam urin.

Penanganan pertama saat mengalami gejala batu ginjal adalah mengkonsumsi air putih dengan cukup. Apabila ukuran batu masih kecil, biasanya akan ikut bersama urin. Namun, jika sakit tetap berlanjut, maka segera periksakan ke dokter untuk memperoleh obat penghambat alfa atau bahkan operasi.

Kista Ovarium

Penyebab lain sakit perut sebelah kanan pada wanita adalah adanya kista ovarium. Sebenarnya, kista ini tumbuh ketika masa subur atau menstruasi dan akan hilang dengan sendirinya. Namun, pada kondisi tertentu, kista bisa tidak kunjung hilang, semakin membesar, dan menimbulkan rasa sakit.

Selain perut yang nyeri di bagian kanan, gejala kista ovarium diantaranya, menstruasi tidak teratur, kembung, susah dan sakit saat BAB, sering buang air kecil, mual, dan merasa cepat kenyang padahal makan hanya sedikit.

Untuk mengurangi rasa sakit karena gangguan ini Anda bisa mengompresnya dengan air hangat. Kemudian, rutin konsumsi buah yang mengandung senyawa betasianin, seperti buah bit. Sebaliknya, kurangi makanan dan minuman berbahan kedelai, sebab kandungan estrogennya cukup tinggi.

Sindrom Iritasi Usus

Gangguan kesehatan satu ini sering kali tak disadari oleh banyak orang. Saat Anda mengalami sakit perut sebelah kanan berulang disertai kembung, diare dan konstipasi bergantian, terdapat lendir pada feses, bisa jadi terdapat iritasi pada usus. Penyebab penyakit ini belum dapat diketahui pasti, karena setiap orang memiliki faktor yang berbeda-beda.

Untuk mengurangi rasa sakit dari iritasi usus atau IBS, Anda bisa melakukan beberapa perawatan ringan. Mulai dari menghindari faktor pemicu, mengkonsumsi suplemen, sampai dengan meminimalisir stres.

Hernia

Rasa sakit perut sebelah kanan pada pria dapat menjadi gejala dari hernia. Untuk memastikannya adalah dengan mengecek apakah ada tonjolan kecil di area pangkal paha. Selain itu, Anda akan merasakan tidak nyaman dan sakit ketika mengangkat sesuatu, mengejan, batuk, atau berolahraga.

Beberapa cara penanganan sementara saat hernia adalah dengan mengompres bagian yang sakit dengan pak es selama 10-15 menit. Namun ingat, jangan menempelkannya langsung pada kulit, melainkan bungkus menggunakan handuk. Selain itu, kenakan pakaian longgar, terutama pada bagian pinggannya. Kemudian gerakkan secara perlahan otot-otot kunci. Caranya, tidur telentang dan naikkan kedua lutut sehingga kaki sedikit menekuk. Letakkan bantal diantara kaki tersebut. Ulangi gerakan ini setidaknya sampai 10 kali.

Itulah beberapa gangguan yang menjadi penyebab sakit perut sebelah kanan serta penanganan sementaranya. Usahakan jangan mengonsumsi obat pereda nyeri bebas, seperti ibuprofen atau aspirin secara sembarangan. Sebab kemungkinan justru memperparah gangguan. Segera konsultasikan kepada dokter apabila sakit Anda berkelanjutan. Hindari menunda-nunda pemeriksaan. Semakin cepat sakit Anda ditangani oleh ahlinya, maka semakin mudah pula proses pengobatan dan sembuhnya. Semoga lekas sehat, ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.