Sakit Perut Sebelah Kiri? 11 Penyakit Ini Bisa Jadi Penyebabnya

1
57

Anda sedang merasakan sakit perut sebelah kiri? Jangan anggap remeh dan segeralah cari tahu apa penyebabnya. Di dalam perut terdapat banyak organ penting dan hal itu memungkinkan ada banyak penyakit yang bisa terjadi. Dengan mengetahui dengan pasti apa yang jadi permasalahannya, Anda dapat mengambil tindakan yang paling tepat agar penyembuhan dapat dilakukan dengan maksimal. Jangan sampai penyakit yang Anda derita berlarut-larut dan bertambah parah hingga sulit untuk disembuhkan.

Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri

Berikut ini adalah beberapa penyebab sakit perut sebelah kiri yang sering terjadi pada banyak orang.

1. Hernia

Hernia adalah penyakit yang cukup umum di masyarakat kita dan ini dapat menyebabkan sakit perut sebelah kiri yang serius. Kondisi ini terjadi karena adanya usus yang keluar menembus bagian lemah dari dinding perut di lipatan paha atau menusuk bagian diafragma. Tonjolan yang terjadi akan memicu rasa sakit terutama saat dalam keadaan mengangkat benda berat, batuk atau membungkuk. Untuk menyembuhkan penyakit hernia ini harus diupayakan dengan operasi karena tidak bisa sembuh dengan sendirinya. Bila ada keluhan seperti yang sudah disebutkan, segeralah periksakan sehingga tidak terjadi komplikasi dan berakibat fatal.

2. Luka lambung

Penyebab lain yang dapat menyebabkan sakit perut sebelah kiri adalah adanya luka lambung. Biasanya luka ini dapat muncul setelah makan dan yang biasanya dikeluhkan adalah di bagian kiri atas atau tengah. Rasa yang cukup menyiksa dan tidak nyaman bisa semakin buruk pada saat dipakai berbaring ataupun setelah makan.

3. Gastritis

Gastristis dapat juga muncul sebagai rasa sakit perut sebelah kiri. Hal ini terjadi karena adanya iritasi di lapisan lambung dan dipicu karena terlalu banyak minum minuman yang beralkohol. Gejalanya dapat muncul dengan adanya rasa terbakar atau perih di perut kiri atas, perut terasa begah atau penuh dan mual muntah. Munculnya sakit dapat terjadi dengan mendadak ataupun perlahan dalam rentang waktu tertentu.

4. Nyeri ligamen

Bila Anda merasakan sakit perut sebelah kiri saat hamil, hal itu bisa jadi adalah gejala nyeri ligament. Ini terjadi karena ligamen berkembang karena adanya perubahan ukuran rahim. Seperti yang kita ketahui, ligament memiliki fungsi untuk menyokong bagian rahim dan sekitarnya ke bagian lipat paha. Jadi tidak heran bila ibu hamil yang mengalaminya memiliki keluhan nyeri perut sebelah kiri.

5. Dispepsia (indigestion)

Dispepsia ini bisa terjadi dengan gejala sakit perut sebelah kiri atas dan kiri bawah. Umumnya penderita merasa sakit setelah makan karena lambungnya memproduksi asam yang berlebihan. Asam inilah yang dapat membuat lambung, usus dan kerongkongan menjadi iritasi. Bila Anda sering bersendawa, perut begah, penuh, kembung, mulas atau mual, bisa jadi Anda terserang penyakit ini. Jangan anggap remeh sakit ini karena dapat membuat Anda tidak nyaman, sakit dan bahkan panas. Bila dirasa keadaannya memburuk, segeralah ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat.

6. Angina

Merasa ada nyeri dada yang menjalar ke bagian perut sebelah kiri? Bisa jadi itu adalah penyakit angina. Hal ini dapat muncul karena disebabkan oleh aliran darah yang berkurang ke otot jantung. Bila keadaan memburuk, rasa yang muncul adalah dada yang sesak atau terasa diremas.

7. Diverticulitis

Penyebab yang paling sering terjadi dalam kasus sakit perut sebelah kiri bawah adalah diverticulitis. Hal ini terjadi karena adanya peradangan di diverticula dan organ yang diserang adalah colon desenden. Diverticula adalah kantong-kantong kecil yang terdapat di titik-titik lemah pada bagian usus besar. Rentang usia yang paling sering terjangkit sakit ini adalah 40 tahun ke atas.

Orang yang mengalaminya akan mengalami mual muntah, demam, sembelit, diare, perut sensitive dan lain sebagainya. pertolongan pertama yang bisa Anda lakukan saat mengalaminya adalah dengan beristirahat, mengkonsumsi antibiotic dan memperbaiki pola makan. Namun bila kasusnya sudah parah, mungkin memerlukan tindakan operasi untuk menyembuhkannya.

8. Sakit ginjal

Infeksi pada organ ginjal dapat menjadi pemicu sakit perut sebelah kiri bawah. Umumnya sakit ini karena adanya peradangan di bagian kadung kemih dan menjalar ke organ ginjal. Gejala yang bisa terjadi saat keadaan akut adalah ingin buang air terus menerus dan adanya sensasi panas saat Anda buang air kecil, air kencing berdarah dan lain sebagainya.

9. Kehamilan ektopik

Waspadalah bila Anda merasa sakit perut sebelah kiri bawah saat hamil karena bisa jadi hal ini karena adanya kehamilan ektopik. Kehamilan ini merupakan jenis hamil yang abnormal karena embrio tertanam di bagian luar rahim. Biasanya embrio tertanam di bagian tuba falopi dimana tempat tersebut merupakan saluran yang menghubungkan indung telur dengan rahim. Bila hal ini fatal, bisa terjadi pendarahan yang terus menerus dengan sakit yang luar biasa dan mengancam keselamatan ibu hamil tersebut.

10. Peradangan pankreas

Pancreas merupakan salah satu organ yang penting dalam tubuh manusia dan letaknya ada di bagian kiri atas perut. Tak heran bila pankreas terganggu kinerjanya yang dirasakan adalah adanya rasa sakit perut sebelah kiri pada bagian atas dan bisa menjalar ke punggung. Biasanya rasa sakit bertambah parah saat makan, minum atau berbaring. Umumnya gejala yang dirasakan adalah mual muntah, diare, demam, bagian putih mata menguning dan perut sakit bila disentuh.

11. Kista ovarium

Salah satu hal yang bisa terjadi saat sakit perut sebelah kiri pada wanita adalah terjadinya kista ovarium. Biasanya rasa sakit ini muncul karena adanya kista yang semakin membesar dan memicu seringnya buang air kecil karena menekan kandung kemih. Jika hal itu semakin parah, hal yang dapat terjadi adalah pendarahan internal ataupun nyeri yang hebat. Gejala yang muncul bisa jadi seperti nyeri dengan demam, sakit perut yang parah, kulit dingin berkeringat dan lain sebagainya.

Kapan Harus Ke Dokter Saat Merasakan Sakit Perut Bagian Kiri?

Gejala apa saja yang harus membuat Anda lebih waspada dan harus segera mendapat penanganan ke dokter? Berikut ini adalah gejalanya :

  1. Dalam kondisi hamil atau menyusui
  2. Demam yang naik turun atau tak kunjung turun
  3. Sakit yang diderita terus menerus terjadi selama 24 jam
  4. Ada bagian perut yang membengkak dan sakit
  5. Menurunnya nafsu makan dan tubuh menjadi lemas
  6. Terjadi sembelit yang menyiksa dan tak kunjung sembuh
  7. Berat badan menurun dengan drastis dan tidak nafsu makan
  8. Sering buang air kecil dan terasa sangat sakit
  9. Dehidrasi karena kekurangan cairan tubuh sehingga tubuh menjadi lemas
  10. Kulit dan mata menguning
  11. Terjadi muntah darah dan perut menolak dimasuki makanan
  12. Adanya darah di feses saat buang air besar
  13. Rasa nyeri di dada yang sangat menyiksa
  14. Nafas yang terasa sesak
  15. Perut terasa begah dan penuh dengan angin

Ternyata ada banyak sekali penyebab sakit perut sebelah kiri yang dapat terjadi. Kenalilah gejala yang muncul sehingga Anda tahu apa yang sebenarnya terjadi. Jangan anggap remeh setiap keluhan yang Anda hadapi dan segeralah ambil tindakan yang sesuai dan disarankan agar tidak bertambah parah dan berakibat fatal.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.