Diet IU Amankah? Berikut Penjelasan Kelebihan dan Kekurangannya

0
50

Korea Selatan memang merupakan negara yang memandang kecantikan dari fisik tubuh yaitu kurus dan langsing. Itulah mengapa public figure di negara tersebut berusaha keras membentuk tubuhnya sesuai dengan standar yang diinginkan masyarakat. Bagi pecinta drama Korea, pasti sudah familiar dengan artis cantik berbadan kurus yang satu ini. Dialah IU atau nama lengkapnya adalah Lee Ji Eun. Semua orang yang mengenalnya pasti akan jatuh cinta pada tubuh kurusnya. IU menjalani diet yang bisa dibilang cukup ekstrem. Karena diet IU inilah, wanita cantik ini berhasil mempertahankan bentuk tubuhnya. Namun, bisakah diet yang dilakukan artis papan atas Korea ini diaplikasikan dalam kehidupan kita?

Menu Makanan Ekstrem dalam Diet IU

Diet IU adalah cara yang dilakukan oleh artis IU untuk mendapatkan bentuk tubuh yang diinginkan. Diet ini berhasil menurunkan berat badan IU sebanyak 5 kg dalam waktu satu minggu. Sebuah pencapaian yang sangat luar biasa bagi seseorang yang berniat untuk menurunkan berat badannya dalam waktu singkat. Berikut ini adalah menu diet IU yang dilakukannya selama ini. Diantaranya adalah :

  • Satu buah Apel untuk menu sarapan
  • Ubi untuk menu makan siang
  • Protein Shake untuk menu makan malam
  • Tidak ada asupan makanan lain selain makanan diatas

Selain menerapkan menu makanan diatas, IU juga tetap melakukan olahraga untuk membentuk tubuh dan ototnya. Tidak heran jika dalam waktu yang sangat singkat, menu diet IU ini mampu membuatnya menurunkan 5 kg berat badan. Menu ini banyak ditiru oleh semua orang, namun pencapaian hasilnya sangat bervariasi. Ada yang berhasil menurunkan 2 kg, 3 kg, dan sebagainya. Hal ini tergantung dari pola olahraga dan aktivitas yang dilakukannya.

Kelebihan dan Kekurangan Menu Diet IU

Menu diet IU memang banyak terbukti bisa menurunkan berat badan secara drastis. Bagaimana tidak, dengan tetap melakukan aktivitas normal, asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh sangat minim sekali. Dalam satu hari, seseorang membutuhkan kalori sekitar 2000 kalori dan 60 gram protein. Namun, dalam diet yang dilakukan oleh IU, dia hanya menerima sekitar 300 kalori setiap harinya yaitu dari satu buah apel yang bernilai 70 kalori dan sisanya dari ubi. Sedangkan protein, hanya didapatkan saat makan malam.

Jumlah makanan yang seperti ini memang dapat menurunkan berat badan secara drastis. Hal ini dikarenakan tubuh membakar lemak yang ada di dalam tubuh untuk menggantikan asupan makanan yang dikurangi. Jika Anda melakukan diet IU ini dalam waktu yang singkat, mungkin tidak akan menjadi masalah. Namun, jika dilakukan dalam waktu yang cukup panjang, Anda bisa mengalami kekurangan gizi.

Tidak baik melakukan diet ketat. Selain akan mengganggu kemampuan tubuh untuk melakukan aktivitas harian, diet ketat juga bisa berbahaya bagi tubuh Anda sendiri. Anda akan menjadi mudah lemas, daya pikir menurun, mudah terserang penyakit dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, dari pada melakukan diet IU dalam waktu yang panjang, lebih baik menggantinya dengan diet sehat berikut ini.

Rekomendasi Diet untuk Mendapatkan Tubuh Ideal Plus Sehat

Sebelum memilih jenis diet apa yang sesuai dengan karakter Anda, sebaiknya Anda memahami bagaimana konsep diet yang sebenarnya. Diet yang baik bukan memangkas semua makanan yang masuk. Diet adalah mengurangi bahkan meniadakan asupan makanan yang berbentuk kalori, karbohidrat dan lemak. Ketiga unsur ini jika ada di dalam tubuh secara berlebihan akan ditimbun sebagai lemak di bawah kulit. Hal inilah yang menjadi penyebab naiknya berat badan kita.

Diet tidak boleh menghilangkan asupan makanan seperti vitamin, minerat, serat, protein yang pada dasarnya sangat penting untuk tubuh. Jika Anda kehilangan sari makanan tersebut, bisa dipastikan tubuh Anda akan mengalami gangguan. Bahkan, IU sendiri pun dikabarkan hampir pingsan karena menjalani diet ekstrimnya.

Ada banyak cara diet lainnya yang bisa Anda terapkan selain diet IU. Meski memang diet artis ini memberikan hasil yang signifikan, namun sekali lagi tidak baik untuk dilakukan dalam waktu lama. Ada banyak cara diet yang bisa membantu Anda menurunkan berat badan namun tidak melupakan faktor kesehatan. Diantaranya adalah :

1. Diet Paleo

Diet paleo ini berasal dari kata paleolitikum yaitu zaman dimana manusia mendapatkan makanan dengan cara mengumpulkan dan berburu. Diet ini fokus pada konsumsi makanan yang dimakan oleh manusia pada jaman tersebut. Peminat diet paleo sangat pantang terhadap makanan olahan seperti pemanis buatan, daging olahan, dan lain sebagainya. Meskipun hanya makan makanan tertentu saja seperti daging, ikan, buah, sayur, kacang, namun mereka tetap dapat melakukan penurunan berat badan dengan bantuan olahraga.

2. Diet Tinggi Protein

Program diet yang kedua selain diet IU adalah diet tinggi protein. Sebanyak apapun Anda makan protein, bahan makanan ini tidak akan menambah berat badan Anda. Selain itu, protein merupakan salah satu zat makanan yang paling dibutuhkan oleh tubuh.

Melakukan diet tinggi protein memang tidak secara langsung menurunkan berat badan Anda. Prosesnya akan secara bertahap sesuai dengan kemampuan Anda mengurangi karbohidrat dan lemak. Protein juga sangat bagus untuk pembentukan otot. Oleh sebab itu, jika Anda mengiringi diet ini dengan olahraga, dijamin bentuk tubuh ideal akan menjadi milik Anda.

3. Diet Keto

Diet keto merupakan kependekan dari ketogenik. Diet ini sangat berbeda dengan diet IU yang mengurangi segala macam unsur yang dibutuhkan tubuh. Diet keto hanya mengurangi asupan karbohidrat dan menggantinya dengan makanan tinggi lemak. Mengapa malah digantikan oleh lemak? Karena di sini, lemak menggantikan sumber energi yang seharusnya didapatkan dari karbohidrat.

Tubuh kita membutuhkan energi supaya bisa melakukan aktivitas. Energi ini didapatkan dari pembakaran gula yang bersumber dari karbohidrat. Ketika supply karbo dikurangi, otomatis tubuh akan menggantinya dengan material lainnya untuk mendapatkan energi. Dan supply penggantinya adalah lemak.

Jika Anda melakukan diet keto, ada banyak makanan yang dilarang untuk dikonsumsi. Makanan-makanan ini adalah makanan yang sehari-hari menemani aktivitas kita. Diantara makanan yang dilarang adalah makanan manis, biji-bijian, tepung, buah yang manis, umbi-umbian dan lain sebagainya. Sedangkan makanan yang dianjurkan adalah daging, ikan, telur, keju, alpukat, yogurt dan lain sebagainya.

Apapun diet makanan yang Anda pilih sebaiknya dipertimbangkan dengan seksama dan bijaksana. Jangan karena banyak memberikan hasil maksimal pada orang lain lantas Anda mengikutinya dengan serta merta. Tidak semua orang memiliki ketahanan fisik yang sama. Ada orang yang kuat hingga mampu tidak makan selama beberapa hari. Namun ada juga yang lemah hingga tak mampu menahan lapar dalam waktu beberapa jam saja.

Diet IU memang layak dipertimbangkan jika Anda merasa fisik tubuh cukup kuat. Namun, jika tubuh sudah mengalami gangguan, sebaiknya segera dihentikan. Jangan lupa untuk selalu mengimbangi program diet dengan latihan atau olahraga supaya tubuh tetap sehat dan dapat terbentuk sempurna sesuai yang diinginkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.