Pilek Saat Hamil

Mengalami pilek saat hamil adalah sesuatu hal wajar terjadi karena adanya perubahan daya tahan tubuh yang lebih rentan terhadap penyakit. Walapun flu masih tergolong penyakit yang wajar terjadi dan tidak terlalu berbahaya, namun tidak jarang banyak yang merasa kebingungan untuk memilih obat yang aman dan cocok. Selain itu penyakit pilek ini juga membuat tidak nyaman karena terkadang diikuti dengan rasa sakit kepala atau demam dan harus segera disembuhkan.

Obat Tradisional Batu Pilek Untuk Ibu Hamil

Mengobati flu saat hamil dengan menghindari obat kimia adalah tindakan yang bijak dan lebih menenangkan. Dengan demikian And tidak perlu merasa khawatir obat tersebut akan membawa dampak buruk bagi janin yang dikandung. Beberapa obat alami yang direkomendasikan adalah sebagai berikut ini :

1. Madu

Pilek Saat Hamil

Seperti yang kita tahu, madu memiliki banyak sekali khasiat baik untuk pengobatan atau sebagai daya tahan tubuh. Bagi ibu hamil yang pilek saat hamil, mengkonsumsi madu adalah obat yang pas. Caranya bisa dilakukan dengan mencampurkan madu dengan air hangat. Selain itu Anda bisa juga mencampurkan rebusan jahe dan kayu manis dengan madu sebagai obat pilek.

Di dalam madu ini terdapat anti bakteri yang dapat mengobati pilek dan virus yang bersarang di tubuh. Selain itu madu juga kaya akan antioksidan yang dapat melawan bakteri, jamur dan virus penyebab penyakit. Di sisi lain, madu juga kaya akan nutrisi yang baik bagi ibu hamil dan janin. Kandungan zat yang ada di dalamnya antara lain adalah asam folat, kalsium, vitamin, protein, karobhidrat dan lain sebagainya.

2. Jahe

Salah satu rempah yang ampuh untuk mengobati flu saat hamil adalah jahe. Ini adalah obat alami yang dapat digunakan dengan mudah dan murah. Selain itu jahe juga dapat melegakan pernafasan dan mencegah virus pilek semakin menyebar atau parah.

Jahe ini mengandung gingerol, minyak atsiri zingiberena dan antioksidan yang dapat mengurangi flu saat hamil. Kebaikan lain yang didapatkan dengan mengkonsumsi jahe adalah kandungan mineral dan asam amino yang bisa memperlancar peredaran darah.

3. Bawang putih

Ternyata bawang putih juga dapat dijadikan obat pilek saat hamil yang aman dan tentu saja selalu ada di rumah. Anda dapat menjadikannya sebagai obat dengan mengkonsumsi satu buah dalam sehari.

Dari bawang putih ini Anda dapat memperoleh banyak zat yang baik bagi tubuh antara lain enzim, selenium, mineral, vitamin C, sulfur dan lain sebagainya. Dengan kandungan antibakteri dan antioksidan, bawang putih system kekebalan tubuh semakin meningkat dan pernafasan lancar.

4. Air kacang hijau

Selain bagus untuk kesuburan dan memiliki nutrisi yang tinggi, ternyata kacang hijau juga dapat digunakan sebagai obat pilek saat hamil. Dengan mengkonsumsi kacang hijau, daya tahan tubuh akan meningkat dan penyakit pilek yang terjadi dapat segera sembuh. Anda dapat mengkonsumsinya dengan menambahkan gula atau susu agar rasanya manis dan lebih nikmat bila dikonsumsi saat keadaan masih hangat.

5. Jeruk nipis atau lemon

Tingginya kandungan vitamin C dalam jeruk nipis dan lemon dapat digunakan sebagai obat pilek saat hamil karena banyak mengandung antibakteri. Selain itu jeruk nipis dan lemon juga dapat menjadi antioksidan sehingga daya tahan tubuh semakin kuat dan memulihkan kesehatan.

Namun bila ibu hamil memiliki riwayat penyakit lambung, sebaiknya mencampurkannya dengan minuman hangat lain agar tidak membuat masalah dengan lambung. Anda dapat encampur air perasan lemon atau jeruk nipis dengan madu atau air hangat.

Tips Agar Pilek Saat Hamil Segera Sembuh

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan bila pilek saat hamil agar segera sembuh.

1. Hindari minum air dingin

Saat pilek, hindari minum air dingin yang dapat memperparah flu. Minumlah air yang hangat dan usahakan minum yang banyak agar tubuh terhidrasi dan daya tahan tubuh membaik.

2. Konsumsi makanan berkuah hangat

Untuk meredakan pilek saat hamil, Anda dapat mencoba untuk mengkonsumsi makanan yang berkuah hangat. Akan lebih baik lagi bila kuah makanan tersebut banyak menggunakan rempah-rempah sehingga dapat membuat sensasi lega dan meredakan pilek. Selain itu dengan mengkonsumsi makanan berkuah akan menambah jumlah cairan dalam tubuh dan menghangatkan.

3. Steam

Menghirup air panas atau sering disebut dengan steam juga dapat membantu meredakan pilek saat hamil. Cara ini dapat membantu juga untuk menghilangkan hawa dingin yang menyebabkan pilek. Caranya adalah dengan menempatkan air panas di dalam baskom dan lanjutkan dengan menghirup uap air tersebut.

Agar uap air dapat terhirup sempurna, Anda dapat menutup kepala Anda dengan handuk dan menghadap ke baskom. Agar hasilnya lebih maksimal, Anda dapat mencampurnya dengan minyak kayu putih atau peppermint yang dapat melegakan pernafasan dan meringankan pilek. Setelah melakukannya, Anda akan merasa pernafasan lebih lega dan rongga hidung menjadi bersih.

4. Istirahat yang cukup

Bila Anda merasa daya tahan menurun dan pilek, segeralah beristirahat karena merupakan sinyal tubuh butuh beristirahat. Dengan melakukan istirahat dalam waktu yang cukup, daya tahan akan membaik dan pilek akan segera sembuh.

5. Meninggikan bantal

Saat Anda pilek, tidur dengan tumpukan bantal yang lebih tinggi akan membuat pernafasan semakin lancar dan lega.

6. Membuang lendir

Usahakan selalu membuang lendir yang terdapat di rongga hidung maupun rongga tenggorokan saat pilek. Dengan cara ini kotoran dan bakteri yang ada akan semakin berkurang dan mempercepat penyembuhan.

Nah, jadi jangan bingung lagi untuk memilih obat pilek saat hamil yang aman dan tanpa bahan kimia. Selain itu semua bahan yang digunakan juga sangat mudah dijumpai di rumah dan mudah digunakan. Jangan lupa juga untuk menerapkan beberapa tips yang telah diberikan agar pilek segera sembuh dan tidak semakin parah. Selamat mencoba, semoga segera sembuh dan sehat kembali.