Sakit Kepala Sebelah Kanan

Sakit kepala dianggap sebagai penyakit wajar bila intensitasnya sedang atau hanya dalam waktu singkat. Namun, hal ini akan sangat mengganggu bila terjadi dalam waktu yang lama. Salah satu jenisnya adalah sakit kepala sebelah kanan. Penyebabnya bisa bermacam-macam sehingga Anda perlu mengenalinya.

Penyebab Sakit Kepala Sebelah Kanan

Ternyata ada banyak hal yang bisa menjadi penyebab sakit kepala sebelah kanan sehingga Anda harus waspada dan segera mencari tahu penyebabnya. Beberapa penyebabnya antara lain adalah sebagai berikut ini:

1. Arteritis temporalis

Salah satu penyebab sakit kepala disebelah kanan adalah arteritis temporalis. Yang terjadi pada kasus ini adalah adanya kerusakan arteri dan peradangan di bagian aliran darah ke otak. Efek fatal yang bisa terjadi bila sakit ini dibiarkan adalah kebutaan mendadak karena adanya infeksi serius di batang otak atas.

2. Trigeminal neuralgia

Biasanya penderita trigeminal neuralgia ini akan merasa kesakitan atau kepala terasa lebih berat di sisi kanan. Target utama dari penyebab ini biasanya menyerang saraf kranial kelima dan merupakan saraf yang paling besar di bagian kepala manusia. Penderita akan merasakan sakit dalam waktu lama hingga berhari-hari. Saat sudah menuju fase kronis, wajah Anda akan terasa nyeri dan bisa fatal bila tidak segera mendapat penanganan. Hal fatal yang bisa saja terjadi antara lain adalah tubuh penderita melemah dan bisa menjadi serangan stroke.

3. Gaya hidup yang dijalani

Sakit kepala sebelah kanan tidak bisa terlepas dari faktor gaya hidup yang Anda jalani. Hal yang bisa menjadi pemicunya antara lain adalah melewatkan jam makan, terlalu lelah, stress hingga otot menjadi tegang atau adanya masalah otot di bagian leher. Selain itu, bila Anda mengkonsumsi obat pereda nyeri dalam jangka waktu yang lama, bisa jadi itu menjadi penyebabnya.

4. Alergi dan infeksi

Sinus atau alergi bisa juga menjadi penyebab sakit kepala sebelah kanan karena adanya radang. Yang biasanya terjadi adalah adanya rasa sakit di dahi dan juga belakang tulang pipi.

5. Otot dan syaraf yang tegang

Penyebab lainnya adalah karena otot dan syaraf tegang. Otot dan syaraf tegang juga bisa menjadi pemicu terjadinya sakit kepala sebelah kanan cenut cenut. Biasanya sakit yang timbul disertai dengan rasa pusing yang bisa saja berdurasi lama atau pendek. Jadi, demi kenyamanan Anda dalam beraktivitas, jangan abaikan rasa sakit tersebut hingga mengganggu dan menimbulkan rasa tidak nyaman.

6. Stress

Saat stress, otak tidak dapat memasok oksigen dan darah yang cukup ke bagian atas dan terjadilah sakit kepala. Yang paling sering terjadi adalah sakit kepala migraine di salah satu sisi dan terasa sangat mengganggu. Migraine ini juga akan terasa semakin parah bila Anda melakukan kegiatan yang melelahkan atau memicu otot semakin tegang.

7. Occipital neuralgia

Di dalam tubuh manusia ada dua saraf oksipital dan bila terjadi iritasi, Anda akan merasakan kesemutan atau sakit di salah satu sisi kepala.

8. Menggunakan obat sakit kepala berlebihan dan terus menerus

Ternyata menggunakan obat sakit kepala dengan dosis yang berlebihan bisa juga menjadi pemicu sakit kepala sebelah kanan. Hal ini biasanya terjadi bila Anda terlalu sering mengkonsumsi obat tersebut sehingga saat bangun tidur sakitnya akan terasa lebih parah. Oleh karena itu, bijaklah dalam menggunakan obat dan jangan terlalu sering mengkonsumsi karena akan berakibat buruk.

Cara Cepat Dan Aman Mengatasi Sakit Kepala Disebelah Kanan

Anda dapat mencoba beberapa metode yang bisa meringankan sakit agar tidak bertambah parah dan bisa berangsur sembuh. Cobalah cara ini terlebih dahulu sebelum menggunakan obat karena bila terus menerus dilakukan akan berakibat buruk. Beberapa cara mengatasi sakit kepala sebelah kanan adalah sebagai berikut ini:

1. Relaksasi

Rilekskan diri Anda dengan cara mengatur nafas dan bermeditasi. Untuk hasil yang maksimal, Anda dapat melakukannya dengan memejamkan mata dan membayangkan sesuatu yang menyenangkan. Hal ini akan membuat Anda rileks lebih cepat dan sakit di kepala berangsur hilang.

2. Beristirahat di ruangan gelap dan nyaman

Cara hilangkan sakit kepala sebelah kanan dapat Anda lakukan dengan beristirahat sebentar di tempat yang nyaman sehingga tubuh menjadi rileks. Sebisa mungkin beristirahatlah di tepat yang tenang, gelap dan nyaman. Cara ini lebih mujarab karena akan membuat ketegangan di syaraf Anda menjadi hilang.

3. Kompres

Melemaskan otot dapat dilakukan dengan cara menggunakan media kompres dingin ataupun panas. Kompreslah bagian belakang leher dengan kompres hangat dan juga bagian kening. Cara ini dapat membuat peredaran darah kembali lancar dan otot yang kaku lemas kembali. Setelah itu Anda dapat melanjutkannya dengan kompres dingin yang mengecilkan pembuluh darah sehingga sakit kepala berkurang.

4. Makan tepat waktu

Telat makan seringkali membuat Anda merasakan sakit kepala karena kadar gula darah yang menurun. Oleh karena itu, makanlah secara tertib dan tepat waktu sehingga tidak akan mengakibatkan sakit kepala.

5. Peregangan

Rasa tegang adalah hal utama yang memicu sakit kepala dan biasanya otot di bagian leher dan pundak menjadi kaku. Kelelahan, stress, banyaknya pikiran dan deadline akan semakin memperparah rasa sakit yang diderita. Untuk meringankan rasa sakitnya Anda dapat melakukan peregangan ringan di daerah kepala seperti menekuk kepala atau memutarnya perlahan.

6. Pemijatan ringan

Lakukan pemijatan yang ringan dan lembut dengan menggunakan ibu jari atau jari telunjuk dalam kurun waktu 7 hingga 15 detik. Anda dapat mengulang treatment ini hingga sakit yang dirasakan berkurang. Bila Anda tidak bisa melakukannya sendiri, mintalah bantuan untuk memijat di daerah pundak, kepala dan leher dengan tekanan yang pas. Jangan melakukan tekanan yang terlalu keras karena akan membuat sakit kepala semakin parah.

7. Cukup tidur

Terlalu banyak begadang atau kurangnya jam tidur berkualitas bisa membuat Anda terkena sakit kepala. Anda harus memenuhi porsi tidur selama 7 hingga 8 jam per hari agar tubuh tetap fit.

8. Meminimalisir konsumsi kafein dan alkohol

Bagi Anda yang gemar mongkonsumsi kafein dan alkohol, batasi jumlahnya atau berhentilah mengkonsumsi karena bisa menjadi pemicu sakit kepala.

9. Minum air dalam jumlah yang cukup

Minumlah air dengan cukup agar tubuh tidak kekurangan air dan dehidrasi. Bila Anda kekurangan asupan air, sakit kepala adalah salah satu hal yang bisa dengan mudah terjadi.

10. Mengelola stress

Kurangilah tingkat stres Anda dengan melakukan hal yang menyenangkan, beristirahat yang cukup dan juga berolahraga.

11. Berolahraga

Dengan berolahraga, kita akan membuat otot menjadi lebih rileks dan tentu saja badan akan menjadi lebih fit untuk menjalani aktivitas.

Apabila penanganan sakit kepala sebelah kanan berhari-hari belum membuahkan hasil, Anda dapat menempuh jalur medis. Jangan abaikan bila rasa sakit menjadi semakin parah karena bisa berakibat fatal. Segeralah hubungi dokter bila Anda merasakan tanda-tanda berikut ini :

  1. Anda merasakan pandangan semakin kabur atau malah kehilangan penlihatan mendadak
  2. Sakit kepala yang tidak tertahankan hingga tubuh menjadi lemah
  3. Sakit kepala semakin parah hingga Anda merintih kesakitan dan tidak bisa berkonsentrasi dalam mengerkjakan pekerjaan
  4. Timbulnya rasa sakit di mata dan juga telinga
  5. Penglihatan Anda menjadi ganda
  6. Kepala menjadi berat dan sakit bila digunakan beraktivitas

Jangan sepelekan sakit kepala sebelah kanan yang Anda derita dan segeralah mencari solusi. Bila treatment yang dilakukan belum berhasil, segeralah hubungi dokter. Bila masih saja terus terjadi dan bertambah parah biasanya dokter akan menyarankan tindakan CT scan untuk mengetahui keadaan Anda. Semoga informasi ini membantu.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.