Memutihkan Wajah Secara Alami

Penampilan merupakan hal utama yang menjadi fokus dan diperhatikan dengan seksama. Penampilan tidak hanya terbatas pada model dan cara berpakaian. Kulit wajah juga menjadi salah satu bagian dari penampilan seseorang secara keseluruhan. Tidak ada satu orang pun yang menghendaki kulit wajahnya kusam dan tampak tidak bersinar. Berbagai macam cara dilakukan demi kulit wajah yang putih berseri-seri. Memutihkan wajah bisa dilakukan dengan banyak cara dan menggunakan beragam bahan. Namun, tahukah Anda cara memutihkan wajah secara alami agar tidak membahayakan kulit Anda di kemudian hari?

Bahan Dan Cara Memutihkan Wajah Secara Alami Dan Aman

Berbagai produk kosmetik pemutih wajah yang beredar di pasaran semakin banyak dan bervariasi. Beberapa diantaranya bahkan menjanjikan putih seketika dan mengklaim bahwa formula mereka memiliki cara memutihkan wajah secara alami dalam 1 hari. Akan tetapi, perlu disadari bahwa sesuatu yang instant bisa jadi membawa efek samping yang kurang baik. Oleh sebab itu, sebaiknya jangan mengambil resiko demi wajah yang putih namun pada akhirnya akan membahayakan kesehatan kulit wajah Anda.

Berikut ini adalah beberapa bahan dan cara memutihkan wajah secara alami aman, ampuh dan cepat. Diantaranya adalah:

1. Beras

Bahan makanan yang satu ini ternyata memiliki kegunaan yang tidak terduga. Beberapa orang jaman dahulu menggunakan beras sebagai bahan pemutih wajah dengan cara menumbuk beras hingga lembut dan mengaplikasikannya sebagai masker. Namun, cara ini dinilai agak terlalu ribet dan memakan waktu. Diketahui, air rendaman beras juga memiliki efek memutihkan wajah Anda.

Cara memutihkan wajah secara alami dengan air beras adalah sebagai berikut:

a. Jangan membuang dan sisihkan air bekas cucian beras Anda di pagi hari

b. Biarkan air beras tersebut selama beberapa waktu hingga mengendap

c. Gunakan hasil endapan beras sebagai masker di sore atau malam hari

d. Tunggu selama sekitar 20 menit

e. Cuci wajah dengan air hingga bersih

f. Lakukan secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal

2. Bengkoang

Sudah tidak diragukan lagi bahwa buah yang satu ini dijadikan bahan dasar krim atau kosmetik pemutih wajah. Kandungan vitamin C dan B memang cukup tinggi sehingga dipercaya bisa membantu Anda memutihkan kulit wajah secara alami.

Berikut cara memutihkan wajah secara alami dengan bengkoang, yaitu:

a. Kupas dan cuci bengkoang hingga bersih

b. Parut atau blender hingga lembut

c. Peras parutan bengkoang hingga menyisakan airnya saja

d. Tinggalkan air perasan hingga membentuk endapan

e. Gunakan endapan bengkoang sebagai masker wajah

f. Cuci bersih wajah Anda dan dapatkan wajah yang lebih putih dalam beberapa kali pemakaian.

3. Lidah Buaya

Selain kulit wajah kusam, flek hitam juga merupakan momok yang sangat ditakuti oleh para wanita. Secara tidak disadari, flek hitam yang muncul akan membuat wajah terlihat kurang menarik. Flek hitam terjadi karena zat melanin yang menggelap. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak faktor seperti paparan sinar matahari, efek samping penggunaan kosmetik yang tidak sesuai dengan kulit wajah dan lain sebagainya.

Oleh sebab itu, banyak ahli kosmetik yang menyarankan menggunakan lidah buaya untuk mengatasi munculnya flek hitam di wajah Anda. Lidah buaya mengandung zat yang bernama Aloesin yang berfungsi untuk menekan pembentukan melanin agar kulit wajah tidak menghitam. Cara memutihkan wajah secara alami dengan bengkoang sangat mudah. Anda cukup mengoleskan gel lidah buaya pada permukaan wajah saja. Setelah 15 menit, bilaslah wajah hingga bersih. Cara ini akan efektif jika Anda melakukannya secara rutin.

4. Susu Beruang

Susu beruang adalah produk dari pabrik pengolahan makanan yang cukup terkenal. Susu ini terbuat dari susu sapi murni dengan kandungan vitamin A, C, D, B2, B6, dan B12. Selain itu, susu beruang juga mengandung AHA dengan kadar yang cukup tinggi. AHA atau Alpha Hydroxy Acid adalah senyawa yang berfungsi sebagai eksfoliator. Eksfoliasi adalah proses pengelupasan kulit yang mati.

Cara memutihkan wajah secara alami dan permanen dengan susu beruang terbilang cukup mudah. Anda bisa langsung mengoleskan susu beruang menggunakan kapas di malam hari dan mendiamkannya selama kurang lebih 20 menit. Penggunaan masker susu bengkoang dengan rutin akan menghasilkan kulit putih dan cerah secara permanen. Anda juga bisa menggunakan susu bengkoang sebagai masker yang dicampur dengan bahan lain seperti madu atau minyak zaitun.

5. Lemon

Lemon masih merupakan family dari buah jeruk manis dan jeruk lemon, namun lemon diketahui memiliki kandungan vitamin C yang paling tinggi diantara jeruk lainnya. Vitamin C memiliki kemampuan untuk mencerahkan dan menyehatkan kulit wajah dan juga tubuh Anda. Di samping itu, lemon juga mengandung AHA yang bisa menangkal radikal bebas.

Penggunaan lemon sebagai bahan alami untuk memutihkan dan mencerahkan kulit wajah memang tidak diragukan lagi. Namun dalam pengaplikasiannya Anda harus ekstra hati-hati. Jika digunakan secara langsung, dikhawatirkan lemon akan mengiritasi kulit wajah Anda karena kadar asamnya yang sangat tinggi. Oleh sebab itu, sebaiknya gunakan perasan air lemon dan campuran bahan lain seperti madu atau minyak zaitun jika ingin menggunakannya sebagai masker wajah.

6. Yogurt

Yogurt adalah salah satu produk olahan susu yang umumnya dikenal sebagai minuman. Namun siapa yang menyangka bahwa yogurt juga bermanfaat untuk memutihkan kulit wajah Anda. Yogurt mengandung kalsium, zinc dan vitamin B kompleks. Kalsium akan mencegah kulit dari kekeringan, zinc berguna untuk mengatasi permasalahan kulit dan vitamin B berfungsi untuk menyehatkan dan mencerahkan kulit wajah.

Cara memutihkan wajah secara alami ampuh menggunakan yogurt dapat Anda lakukan dengan langkah-langkah di bawah ini:

a. Gunakan yogurt plain atau yogurt tanpa rasa

b. Aplikasikan yogurt pada wajah Anda sebagai masker secara langsung

c. Pijit dengan halus kulit wajah Anda

d. Biarkan selama kurang lebih 5 menit sebelum kemudian dibilas hingga bersih

7. Pepaya

Buah yang satu ini sangat melimpah dan tersedia sepanjang tahun. Banyak sekali varietas buah pepaya yang bisa Anda temui di sekitar seperti pepaya thailand, pepaya california dan lain sebagainya. Selain baik untuk pencernaan, pepaya diketahui mengandung enzim papain yang berfungsi untuk regenerasi kulit. Selain itu, pepaya juga mengandung vitamin A, C dan E sebagai anti oksidan yang bisa menutrisi dan melembabkan kulit wajah Anda.

Pepaya umumnya dipergunakan sebagai masker wajah dengan cara menghaluskannya hingga lembut terlebih dahulu. Buah ini cukup aman untuk digunakan secara langsung. Anda akan mendapatkan hasil yang permanen jika menggunakannya secara rutin selama beberapa kali dalam seminggu.

8. Putih Telur

Tidak sedikit orang yang mengetahui bahwa putih telur juga bisa digunakan untuk memutihkan wajah secara alami. Kandungan protein dan mikronutriennya akan membantu Anda mencerahkan, melembutkan dan membuat wajah menjadi putih berseri. Caranya adalah dengan mengoleskannya langsung pada kulit wajah. Namun, untuk Anda yang tidak tahan dengan bau amis, bisa ditambahkan perasan air jeruk lemon atau jeruk nipis agar bau amisnya berkurang.

Penampilan merupakan hal yang paling utama untuk keseharian kita. Oleh sebab itu, menjaga penampilan agar tetap baik dan pantas dipandang oleh orang lain merupakan suatu keharusan, termasuk juga menjaga kulit wajah. Untuk kulit wajah lebih putih, gunakan cara memutihkan wajah secara alami di atas agar Anda mendapatkan hasil yang maksimal dan permanen. Selamat mencoba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.