Berapa Sih Ukuran Lapangan Futsal? Ini Dia Penjelasan Lengkapnya

0
32

Belakangan ini, futsal menjadi salah satu cabang olahraga yang paling digemari oleh banyak orang. Olahraga sepak bola mini yang sekarang ini kian menjamur menjadi salah satu ajang untuk mengeluarkan keringat yang cukup populer baik di kalangan orang dewasa maupun anak-anak. Pasalnya, olahraga yang satu ini cukup murah dan mudah untuk dilakukan. Bila Anda termasuk salah satu penggemar olahraga futsal, penting untuk mengetahui informasi terkait luas ukuran lapangan futsal, jumlah pemain dan tata cara permainannya.

Futsal, Olahraga Mini Soccer Ringan Dan Mudah

Futsal sering kali diidentikkan dengan sepak bola, hanya saja dilakukan di dalam ruangan dan skala yang lebih kecil. Lapangan futsal berbentuk persegi panjang. Ukuran lapangan futsal bisa dikatakan satu per tiga dari ukuran lapangan sepak bola biasa. Tata cara permainannya pun juga hampir mirip dengan sepak bola. Berikut ini adalah semua informasinya termasuk ukuran lapangan futsal beserta keterangannya.

1. Ukuran Lapangan Futsal

Jika diperhatikan secara detail, terkadang Anda yang hobi bermain futsal akan merasakan bahwa beberapa lapangan futsal memiliki luas yang berbeda. Ada yang lebar dan ada yang sempit. Hal ini dikarenakan adanya perbedaan ukuran lapangan. Namun, berapa ukuran lapangan futsal internasional dan nasional?

  • Ukuran lapangan futsal standar nasional adalah panjang antara 25 meter hingga 42 meter dengan lebar antara 15 meter hingga 25 meter.
  • Ukuran lapangan futsal standar internasional adalah panjang minimal 38 meter hingga 42 meter dengan lebar antara 18 meter hingga 25 meter.

Ukuran di atas adalah ukuran lapangan futsal standar FIFA dan AMF. Oleh karena futsal merupakan salah satu cabang olahraga yang makin banyak dipertandingkan, banyak lapangan futsal di Indonesia yang sudah menggunakan standar ukuran lapangan tersebut. Tidak seperti lapangan sepak bola yang membutuhkan area yang sangat luas, lapangan futsal bisa dikatakan cukup kecil dan terjangkau. Oleh sebab itu, banyak sekali yang mendirikan dan menyewakan lapangan futsal di tengah perkotaan.

2. Kelengkapan Lapangan Futsal

Berbicara mengenai salah satu cabang olahraga, tentu saja Anda harus mengetahui keseluruhan informasi di dalamnya. Berikut ini diantaranya :

a. Garis Tanda

Garis tanda merupakan garis-garis yang ada dalam lapangan futsal dan memiliki fungsi tersendiri. Garis yang berada di samping lapangan atau panjang lapangan disebut dengan Touch Line sedangkan garis lebar lapangan disebut Goal Line. Lapangan futsal dibagi menjadi dua bagian yang sama luas. Garis pembaginya disebut dengan garis tengah. Garis tengah ini membagi ukuran persegi panjang menjadi dua daerah yang sama besar. Garis ini memiliki lebar 8 cm. Di tengah lapangan, ada lingkaran dengan jari-jari sepanjang 3 meter.

b. Daerah Penalti

Daerah penalti berada di depan gawang yang ditandai dengan garis berbentuk setengah lingkaran atau busur dengan jari-jari 6 meter.

c. Titik Penalti

Titik penalty yang pertama terletak pada jarak 6 meter dari garis gawang atau titik tengah antara dua gawang, sedangkan titik penalty yang kedua terletak di 10 meter dari garis gawang.

d. Daerah Tendangan Sudut

Daerah tendangan sudut berada di empat sudut atau pojok lapangan. Daerah ini ditandai dengan garis yang membentuk seperempat lingkaran dengan panjang jari-jari sebesar 25 cm.

e. Daerah Bebas

Daerah bebas merupakan daerah yang terletak pada jangkauan 5 meter dari garis tengah. Pada daerah bebas, Anda akan menemui meja wasit pertandingan yang letaknya minimal 2 meter dari garis tepi lapangan futsal. Dari tepi daerah bebas ini, wasit akan mengawasi jalannya pertandingan. Jika terjadi pelanggaran, wasit diperkenankan untuk masuk ke dalam lapangan futsal.

f. Daerah Pergantian Pemain

Daerah pergantian pemain berada di Touch Line yaitu berjarak 5 meter dari garis tengah. Daerah ini diberi tanda garis yang memotong Touch Line dengan ukuran 40 cm ke luar lapangan dan 40 cm ke dalam lapangan.

3. Ukuran Gawang Futsal

Ukuran gawang futsal bisa dikatakan hampir mirip dengan gawang sepak bola. Ukuran Gawang futsal memiliki tinggi 2 meter dan lebar 3 meter. Gawang berada tepat di tengah-tengah Goal Line.

4. Ukuran Bola Futsal

Ukuran Bola Futsal

Perlengkapan futsal yang satu ini cukup penting keberadaannya. Bola menjadi titik poin permainan futsal. Ukuran bola futsal yang standar adalah memiliki keliling 62 hingga 64 cm dengan berat 0,4 hingga 0,44 kg. Jika bola dipantulkan akan menghasilkan lambungan setinggi 55 hingga 56 cm pada pantulan pertama. Pada umumnya, bola futsal terbuat dari bahan kulit seperti halnya bola dari permainan sepak bola.

5. Lama Pertandingan

Futsal diminati karena pertandingannya berlangsung dalam waktu yang cukup singkat dan lapangannya dapat dengan mudah ditemui. Berbeda dengan sepak bola yang memakan waktu cukup panjang, lama pertandingan futsal adalah 2 x 20 menit dengan perpanjangan waktu 2 x 5 menit jika hasil masih imbang. Jeda istirahat antar dua pertandingan adalah 10 menit atau maksimal 15 menit. Dalam pertandingan futsal, diperbolehkan meminta waktu time-out dengan syarat tim yang meminta time-out sedang dalam menguasai bola.

6. Jumlah Pemain olahraga futsal

Dalam pertandingan futsal, jumlah pemain olahraga futsal yang berada di lapangan adalah sebanyak 5 orang di setiap kelompok. 4 orang pemain inti di lapangan dan 1 orang sebagai penjaga gawang. Penjaga gawang memiliki kostum yang sedikit berbeda dengan pemain inti, sama seperti dalam pertandingan sepak bola. Di dalam olahraga ini, diperbolehkan memiliki pemain cadangan. Adapun jumlah pemain cadangan olahraga futsal maksimal 7 orang dan tidak ada batasan dalam proses pergantian pemain.

Sejarah Singkat Futsal

Tahukah Anda sejarah futsal? Futsal adalah istilah yang berasal dari bahasa Spanyol dan Portugis. Asal katanya adalah dari kata Futbol yang berarti sepak bola dan Sala yang berarti ruangan. Kedua kata ini kemudian digabungkan dan membentuk istilah Futsal yang berarti sepak bola yang dilakukan di dalam ruangan.

Berdasarkan sejarah futsal, olahraga ini diketahui berawal pada sekitar tahun 1930an. Pada waktu itu, seorang pelatih sepak bola yang berasal dari Argentina, Juan Carlo Cerini, mengalami kesulitan ketika hendak melatih anak buahnya. Hujan yang teramat deras menghalangi latihan yang seharusnya rutin dilakukan. Karena tidak ingin anak buahnya absen berlatih, Cerini memiliki gagasan untuk melakukan latihan di dalam ruangan.

Hasil latihan sepak bola di dalam ruangan ini pun tetap memiliki kualitas yang tidak jauh berbeda dengan latihan di lapangan. Target fisik dan stamina yang dicapai hampir sama dengan latihan yang dilakukan di lapangan sepak bola. Hal inilah yang kemudian melahirkan ide untuk membuat sebuah cabang olah raga yang serupa dengan sepak bola namun dilakukan dalam skala yang lebih kecil dan di dalam ruangan.

Futsal memang menjadi salah satu olahraga favorite yang banyak digandrungi terutama oleh anak muda. Selain jumlah pemainnya yang sedikit, lama pertandingan dan ukuran lapangan futsal yang tidak terlalu luas menjadi salah satu faktor utamanya. Meskipun tidak untuk tujuan mencapai prestasi berolahraga, futsal sering dijadikan ajang untuk berlatih fisik dan kegiatan bersama saat berkumpul bersama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.