Yuk Ketahui Cara Daftar SMS Banking BRI dan Aktivasinya

0
36

Apakah Anda salah satu nasabah Bank Rakyat Indonesia (BRI)? Bank milik pemerintah ini memiliki banyak nasabah yang tersebar di seluruh Indonesia. Sebagaimana taglinenya, melayani setulus hati, bank BRI selalu mengupayakan agar nasabahnya dapat mudah mengakses layanan perbankan. Salah satu wujudnya berupa layanan dalam bentuk SMS Banking BRI untuk tipe tabungan Simpedes, BritAma, dan Junior. Ayo cari tau cara daftar SMS banking BRI disini.

Pada dasarnya fitur ini disediakan agar Anda dapat melakukan transaksi cukup melalui sms, tanpa perlu ke ATM dan teller. Anda bisa melakukan berbagai macam transaksi di manapun dan kapanpun, seperti membayar tagihan listrik, cek saldo, membeli pulsa, dan masih banyak lagi. Namun sayangnya, belum banyak masyarakat yang paham bagaimana cara daftar sms banking BRI dan aktivasinya? Padahal fitur ini dapat membuat transaksi Anda semakin mudah, cepat, dan praktis. Maka dari itu kali ini akan dibagikan cara mudah melakukan pendaftaran sms banking BRI beserta aktivasinya.

Bagaimana Cara Daftar SMS Banking BRI?

Terdapat dua cara daftar sms banking BRI yang dapat Anda lakukan, yakni mendatangi kantor cabang BRI atau melalui ATM BRI. Berikut penjelasan mengenai proses pendaftaran kedua cara tersebut, yakni:

1. Daftar sms banking melalui unit kerja BRI

Cara termudah untuk melakukan pendaftaran sms banking BRI adalah dengan mendatangi unit kerja BRI (kantor cabang, KCP, KK, dan unit). Anda hanya perlu memberi tahu customer service untuk mendapatkan pelayanan daftar sms banking BRI. Kelebihan dari pendaftaran sms banking BRI melalui unit kerja adalah dapat melakukan transaksi yang bersifat finansial, seperti pembelian pulsa, transfer antar rekening, atau lainnya. Selain itu, juga bisa melakukan transaksi nonfinansial.

Biasanya Anda hanya diminta untuk mengisi formulir permohonan registrasi sms banking. Kemudian melampirkan fotokopi KTP yang masih berlaku, buku tabungan, dan ATM BRI sebagai bukti kepemilikan rekening. Setelah itu customer service akan mengarahkan Anda sampai sms banking BRI terdaftar.

2. Daftar sms banking melalui ATM

Bagi Anda yang memiliki banyak kesibukan, sehingga terhalang untuk pergi ke kantor BRI bisa melakukan daftar sms banking BRI melalui ATM. Namun pendaftaran melalui sms hanya bisa digunakan untuk transaksi non finansial, seperti cek saldo dan mutasi (perpindahan) rekening. Syarat yang diperlukan untuk daftar sms banking BRI via ATM ada dua, yakni ATM BRI dan nomor handphone aktif. Selanjutnya Anda bisa mengikuti panduan berikut ini:

  • Masukkan kartu ATM lalu input PIN
  • Tekan tombol menu transaksi lain
  • Pilih submenu registrasi lalu sms banking
  • Input atau masukkan nomor handphone yang akan Anda gunakan untuk transaksi sms banking BRI
  • Buat PIN untuk transaksi sms banking yang terdiri dari 6 digit. PIN ini bisa sama atau berbeda dengan PIN ATM.
  • Selamat kini Anda sudah bisa melakukan transaksi non finansial sms banking BRI

Cara menggunakan layanan sms banking BRI

Setelah Anda melakukan pendaftaran sekaligus aktivasi, selanjutnya perlu diketahui cara menggunakan transaksi SMS banking ini. Bank BRI menyediakan dua jenis layanan pada sms banking, yaitu:

1. SMS banking BRI berbasis menu. Di sini Anda dapat melakukan transaksi finansial maupun non finansial melalui menu sms banking yang tersedia dalam menu mobile BRI. Bagi Anda pengguna HP android dapat mendownload secara gratis aplikasi ini di Playstore. Selain itu, menu juga bisa Anda dapatkan melalui menu SIM Card, masing-masing provider memiliki menu sms banking yang berbeda.

2. SMS banking BRI Plain text. Anda tak perlu mendownload aplikasi, melainkan cukup mengirim perintah transaksi berupa kode tertentu (sesuai kebutuhan transaksi) kemudian kirim ke nomor 3300. Berikut kode yang Anda perlukan ketika bertransaksi menggunakan sms banking BRI, yaitu:

  • Transfer ke sesama rekening BRI: TRANSFER <spasi> BRI (nomor rekening tujuan) <spasi> nominal transfer <spasi> PIN
  • Transfer ke bank lain: TRANSFER <spasi> Kode bank tujan + nomor rekening <spasi> nominal transfer <spasi> PIN
  • Cek saldo sms banking BRI: SALDO <spasi> PIN
  • Membeli pulsa token PLN: BELI <spasi> PLNPRE <spasi> ID PLN <spasi> nominal transfer <spasi> PIN
  • Isi pulsa: PULSA <spasi> HP <spasi> nominal beli pulsa <spasi> PIN
  • Bayar kartu kredit: BAYAR <spasi> CITI nomor kartu <spasi> PIN

Biaya daftar sms banking BRI

Biaya daftar sms banking bri lewat atm maupun datang langsung ke kantor adalah gratis Namun saat Anda menggunakan fitur ini untuk melakukan transaksi finansial dibutuhkan pulsa agar sms dapat terkirim. Tarif pengiriman dan penerimaan sms banking tergantung operator seluler yang Anda gunakan. Bagi Anda pengguna kartu prabayar, maka pulsa akan dipotong langsung untuk membayar tarif yang dibebankan. Sementara bagi kartu pasca bayar akan menambah tagihan telepon di setiap bulan. Sebagai contoh, apabila Anda menggunakan kartu Telkomsel pra bayar, maka tarif pengiriman sms banking BRI sebesar Rp 350, sedangkan biaya sms diterima sebesar Rp 500.

Demikian cara daftar sms banking BRI dan aktivasinya. Sekarang Anda bisa mencoba untuk mendaftar dan mengaktivasi fitur tersebut. Ya, transaksi menggunakan sms banking lebih simpel dan tak membutuhkan jaringan internet, sebagaimana e-banking. Kendati demikian, fitur ini memiliki sedikit kekurangan yaitu Anda tidak dapat melakukan transaksi yang banyak dalam satu waktu.

Hal paling penting, setiap melakukan transaksi selalu pastikan bahwa format yang diinput telah benar, pulsa mencukupi, dan sinyal operator kuat. Sebab, ketika sinyal operator lemah, maka proses transaksi akan gagal. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba transaksi sms banking BRI.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.