Universitas Swasta Terbaik di Indonesia

Perguruan tinggi atau universitas yang bagus dan berkualitas tidak hanya didominasi oleh perguruan tinggi negeri. Banyak juga universitas swasta terbaik di Indonesia yang bisa dituju sebagai tempat menimba ilmu. Universitas ini tidak kalah bagus dan berkualitas dengan universitas milik Pemerintah. Mereka memiliki sistem pengajaran dan operasional yang terstruktur serta organisasi yang solid. Tidak salah jika universitas-universitas ini mampu bersaing dengan universitas negeri yang lain.

Daftar Universitas Swasta Terbaik di Indonesia

Webometrics, sebuah lembaga penyelenggara pemeringkat perguruan tinggi, merilis hasil penilaian terkait rangking perguruan tinggi di seluruh dunia. Peringkat ini diumumkan pada Juli 2020 yang lalu.

Penilaian Webometrics didasarkan pada beberapa aspek seperti Presence, Visibility, Transparency dan Excellence. Setiap komponen penilaian ini memiliki bobot tersendiri. Semakin baik dan tinggi penilaiannya, semakin baik peringkatnya.

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki banyak sekali universitas. Beberapa diantaranya masuk dalam rangking terbaik versi Webometrics. Berikut ini adalah 10 universitas swasta terbaik di Indonesia yang perlu Anda ketahui, yaitu :

1. Telkom University

Universitas yang berlokasi di Bandung Jawa Barat ini menduduki peringkat terbaik ke 5 di Indonesia dan peringkat ke 1435 dari seluruh dunia. Telkom University dikelola oleh Yayasan Pendidikan Telkom dan mulai beroperasi sejak tahun 2013.

Meskipun terbilang universitas baru, namun kualitas Telkom University tidak main-main. Bahkan, di tahun 2019 lalu, universitas ini mendapatkan penghargaan sebagai universitas terbaik di Indonesia oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti).

2. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Di urutan kedua, ada Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang menempati posisi ke 11 di Indonesia dan 1906 di dunia versi Webometrics. Universitas ini sudah berdiri cukup lama yaitu sejak tahun 1981 tepatnya pada tanggal 1 maret.

Universitas ini berlokasi di Yogyakarta dan telah dikelola secara profesional dengan manajemen yang modern. Tidak mengejutkan jika sekolah milik yayasan Muhammadiyah ini menempati posisi atas dari universitas swasta terbaik di Indonesia.

3. Universitas Bina Nusantara

Kampus yang terletak di Jakarta Barat ini mulai berdiri sejak 1 Juli 1981. Universitas ini berada di dalam naungan Lembaga Pendidikan Bina Nusantara. Universitas ini menempati posisi 14 di Indonesia dan 2111 di seluruh dunia.

Bina Nusantara pada mulanya hanyalah sebuah lembaga kursus komputer yang berdiri pada tahun 1974. Namun dengan manajemen dan operasional yang baik, lembaga ini mampu merangkak naik dan menjelma menjadi sebuah universitas.

Universitas Bina Nusantara banyak menghasilkan alumni yang menjadi publik figure. Beberapa diantaranya berkecimpung dalam dunia politik dan hiburan. Kampus ini menargetkan mahasiswanya untuk lulus tepat waktu dengan kualitas yang baik.

4. Universitas Narotama Surabaya

Universitas swasta terbaik di Indonesia pada urutan keempat adalah kampus universitas Narotama Surabaya. Kampus ini berdiri sejak 8 Februari 1981. Saat ini, universitas Narotama memiliki 4 fakultas dan 8 program studi dengan akreditasi B.

Univ. Narotama Surabaya masuk dalam jajaran universitas terbaik pada urutan ke 18 secara nasional. Kampus yang satu ini memang menekankan pada pemanfaatan Informasi dan Teknologi berbasis internet di kancah Internasional.

5. Universitas Mercu Buana

Di posisi selanjutnya, ada universitas Mercu Buana yang berlokasi di Kembangan Jakarta Barat. Kampus ini menempati posisi ke 20 nasional dan ke 2674 peringkat internasional. Universitas Mercu Buana berhasil menorehkan namanya di kancah internasional.

Universitas Mercu Buana berdiri sejak tanggal 22 Oktober 1985. Kampus ini mulai memperoleh Akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional mulai tahun 2016. Sejak itulah, universitas ini terus meningkatkan kualitas pendidikan dan pengajarannya.

6. Universitas Gunadarma

Universitas swasta terbaik di Indonesia versi Webometrics tahun 2020 ini adalah Universitas Gunadarma yang menempati posisi keenam. Mulanya, universitas ini adalah sebuah lembaga yang mengajarkan Program Pendidikan Ilmu Komputer.

Beberapa saat setelah itu, lembaga ini berubah menjadi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Gunadarma pada tahun 1984. Pada tahun 1991, dibuka juga Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gunadarma.

Kedua sekolah tinggi ini bergabung menjadi sebuah universitas pada tahun 1996. Dalam kurun waktu lebih dari 20 tahun, Universitas Gunadarma berhasil membuktikan dan membaktikan dirinya menjadi salah satu tempat belajar terbaik.

7. Universitas Islam Indonesia

Berada di posisi ketujuh dari daftar universitas swasta terbaik di Indonesia, Universitas Islam Indonesia nampaknya cukup terpandang. Apalagi, kampus ini merupakan kampus tertua yang ada di Indonesia karena didirikan pada tahun 1945.

Universitas Islam Indonesia berlokasi di Yogjakarta. Sejak tahun 2013, kampus ini berhasil meraih Akreditasi A dari BAN-PT dengan nilai tertinggi dari seluruh Perguruan Tinggi Swasta yang ada di Indonesia.

Universitas Islam Indonesia ini berada di peringkat ke 31 secara nasional dan urutan ke 3125 secara global. Pencapaian ini cukup membanggakan bagi universitas dengan 9 Fakultas dan hampir 60 Program Studi ini.

8. Universitas Dian Nuswantoro

Di urutan kedelapan, ada Universitas Dian Nuswantoro yang menjadi salah satu universitas swasta terbaik di Indonesia. Universitas yang berlokasi di Semarang Jawa Tengah ini, berada di posisi ke 31 terbaik skala nasional menurut Webometrics.

Universitas ini berdiri pada tanggal 30 agustus 2001 dan telah meraih akreditasi A dari BAN-PT Indonesia. Kampus ini didirikan oleh Yayasan Dian Nuswantoro dari yang awalnya adalah sebuah lembaga kursus komputer.

9. Universitas Muhammadiyah Malang

Provinsi Jawa Timur pun tak kalah dalam menyumbang perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Universitas Muhammadiyah Malang, yang juga dikenal dengan nama kampus putih, berada di posisi kesembilan universitas swasta terbaik di Indonesia.

Kampus yang satu ini bernaung di bawah yayasan Muhammadiyah seperti halnya kampus universitas Muhammadiyah di kota lain. Kampus ini menjadi kampus yang cukup populer dan banyak diminati terutama bagi warga Jawa Timur.

Universitas Muhammadiyah Malang menempati posisi ke 33 sebagai universitas terbaik di seluruh Indonesia versi Webometrics. Posisi ini menjadikan kampus putih menjadi universitas swasta terbaik kedua di provinsi Jawa Timur setelah Unnar Surabaya.

10. Universitas Katolik Parahyangan

Posisi terakhir universitas swasta terbaik di Indonesia ditempati oleh Universitas Katolik Parahyangan yang berlokasi di kota Bandung Jawa Timur. Kampus ini didirikan dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan ahli berpendidikan tinggi di Indonesia.

Universitas ini didirikan pada tanggal 17 Januari 1955 dimana jumlah sarjana pada saat itu tidak lebih dari 50 orang. Indonesia masih sangat kekurangan tenaga ahli berpendidikan. Atas dasar itulah, Gereja Katolik merasa terpanggil untuk mendirikan sebuah sekolah untuk meningkatkan kualitas manusia Indonesia.

Setelah puluhan tahun bergelut dalam dunia pendidikan Indonesia, Universitas Kristen Parahyangan telah membuktikan kiprahnya. Mereka mampu menghasilkan orang-orang terdidik dan terlatih untuk membangun Indonesia dan bahkan kini masuk dalam jajaran universitas terbaik Indonesia.

Itulah 10 universitas swasta terbaik di Indonesia menurut penilaian Webometrics yang dirilis pada Juli 2020 lalu. Harapannya, semakin banyak universitas baik dan berkualitas di Indonesia, semakin baik pendidikan di Indonesia. Dengan demikian, kualitas sumber daya manusia Indonesia pun akan semakin meningkat.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.