Wajib Tahu! Ini Dia Barang yang Dilarang Naik ke Kabin Pesawat

0
38

Apakah Anda termasuk orang yang belum pernah bepergian dengan pesawat? Nah, kalau begitu Anda harus baca informasi di bawah ini. Traveling dengan pesawat tidak seperti menggunakan alat transportasi lainnya. Ada beberapa larangan dan anjuran yang harus dipatuhi supaya perjalanan menjadi aman dan lancar. Berikut ini adalah beberapa barang yang dilarang naik ke kabin pesawat. Perhatikan ya Sobat supaya perjalanan Anda lancar dan tidak terkendala apapun!

10 Barang yang Tidak Boleh Dibawa Naik ke Kabin Pesawat

Banyak alasan mendasar yang memunculkan peraturan larangan membawa barang tertentu. Kesemuanya adalah murni untuk kepentingan kenyamanan dan keamanan perjalanan. Sebagai penumpang, Anda harus mematuhinya. Jangan mencoba untuk melanggar apalagi dengan cara sembunyi-sembunyi. Pasti awak pesawat akan menemukannya. Bagi Anda yang baru saja akan bepergian dengan pesawat, berikut ini beberapa benda yang dilarang naik ke kabin pesawat tanpa terkecuali. Diantaranya adalah:

1. Benda Tajam

Benda tajam adalah benda-benda yang memiliki bentuk tajam dan berpotensi menimbulkan bahaya baik bagi pembawanya atau orang lain. Beberapa contohnya adalah pisau, gunting kuku, silet dan lain sebagainya. Pastikan untuk mengecek peralatan tulis menulis atau kosmetik sebelum berangkat. Bisa jadi ada benda-benda yang memiliki bentuk tajam seperti cutter.

2. Benda Tumpul

Salah satu contoh benda tumpul adalah stick golf, tongkat bilyar atau pemukul baseball. Benda seperti ini menjadi benda yang dilarang naik ke kabin pesawat. Meskipun bukan berupa benda tajam, namun benda seperti ini rentan berbahaya. Namun Anda tidak perlu khawatir. Walaupun tidak bisa dibawa naik ke kabin, benda tumpul ini bisa disimpan di bagasi.

3. Senjata Api

Penumpang pesawat sangat dilarang untuk membawa benda ini. Barang yang dilarang naik ke kabin pesawat ini membahayakan keselamatan penumpang lain. Lagi pula, kepemilikan senjata api juga masih sangat terbatas di Indonesia ini. Warga sipil pasti akan melewati serangkaian prosedur tertentu untuk bisa memilikinya.

4. Bahan Peledak

Bahan peledak juga merupakan bahan yang dilarang untuk dibawa ke kabin pesawat. Selain membahayakan penumpang lain, benda ini juga mudah terbakar dan bisa berakibat fatal.

5. Benda dengan Kandungan Gas

Anda juga tidak diperkenankan membawa benda-benda yang memiliki kandungan gas. Hal ini terbilang berbahaya mengingat akan terjadi tekanan pada ketinggian tertentu. Tekanan ini bisa mengakibatkan ledakan yang nantinya akan berbahaya bagi para penumpang. Barang yang dilarang dibawa naik ke kabin pesawat ini contohnya adalah tabung aerosol, cat semprot dan lain sebagainya.

6. Zat Cair yang Lebih dari 100 ml

Anda mungkin akan mengalami pengecekan lebih lama jika diketahui membawa benda cair yang ukurannya melebihi 100ml. Hal ini dikarenakan alasan keamanan. Beberapa bahan peledak ada yang berbentuk cair dan sangat sulit dikenali. Oleh sebab itu, benda cair lebih dari 100 ml termasuk dalam kategori barang yang dilarang naik ke kabin pesawat. Benda cair yang dimaksud di sini bukan hanya berbentuk cair saja. Parfume, lotion, sabun cair hingga shampoo yang kapasitasnya melebihi 100 ml pasti akan dilarang.

7. Benda Berbau Tajam

Jangan berfikir untuk membawa oleh-oleh berupa terasi atau durian dari kampung ya Sobat! Petugas bandara pasti akan menyitanya. Terasi, durian, nangka termasuk ke dalam barang yang tidak boleh dibawa ke dalam kabin. Barang ini menimbulkan bau menyengat yang bisa mengganggu kenyamanan penumpang lainnya. Mungkin bagi Anda pecinta buah durian, mencium bau durian akan terasa menyenangkan. Namun hal ini belum tentu berlaku bagi orang lain.

8. Produk Olahan Hewan

Susu, keju, daging adalah contoh dari produk olahan dari hewan yang juga dilarang untuk dibawa ke dalam kabin pesawat. Produk-produk ini mengandung bakteri patogen yang berpotensi menginfeksi kesehatan dan orang lain. Sebagai pencegahan, awak pesawat akan menyingkirkan benda ini jika Anda ketahuan membawanya.

Itulah beberapa barang yang dilarang naik ke kabin pesawat yang harus Anda ketahui. Ketatnya pemeriksaan adalah proses penegakan dari aturan yang diberlakukan. Keamanan adalah prioritas yang diutamakan. Jadi, pastikan Anda menghindari membawa barang-barang ini jika bepergian dengan pesawat. Patuhilah peraturan yang ditetapkan supaya perjalanan Anda lancar dan aman sampai di tempat tujuan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.