Sekolah Pilot Terbaik di Indonesia

Pilot menjadi profesi yang didambakan oleh segelintir orang di Indonesia. Bahkan banyak anak TK yang ketika ditanya apa cita-citanya sebagian besar menjawab sebagai pilot. Di Indonesia sendiri telah marak berbagai sekolah penerbangan baik negeri maupun swasta. Demi menggapai cita-cita sebagai pilot, Anda harus pandai dalam memilah sekolah pilot terbaik di Indonesia.

Rekomendasi Sekolah Pilot Terbaik di Indonesia

Sekolah penerbangan biasanya terletak di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, dan Tangerang. Melalui sekolah penerbangan inilah calon pilot belajar mengenai teknik mengemudi sebuah maskapai penerbangan. Agar peluang karir dunia penerbangan makin cemerlang, alangkah baiknya Anda memilih sekolah penerbangan terbaik. Berikut referensi sekolah penerbangan terbaik di Indonesia yang bisa dijadikan alternatif pilihan.

1. Bali International Flight Academy (BIFA)

Bali International Flight Academy

Bali International Flight Academy atau lebih dikenal dengan sebutan BIFA ini terletak di kawasan Air Strip Desa Sumberkima. Tepatnya berada di Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng. Sesuai namanya, sekolah ini dikelola oleh orang luar negeri. BIFA merupakan sekolah pilot terbaik di Asia karena menggunakan fasilitas berstandar internasional.

Untuk bisa masuk ke sekolah penerbangan Bali yang memiliki lahan seluas 7000 m2 ini calon peserta didik harus menempuh seleksi ketat. Salah satu bentuk kerjasama untuk jebolan Bali International Flight Academy ini adalah maskapai ternama, Garuda Indonesia.

2. Bandung Pilot Academy (BPA)

Sekolah Pilot Terbaik di Indonesia

Bandung Pilot Academy (BPA) merupakan sekolah yang didirikan pada tahun 2008. Biaya sekolah yang menggunakan teknologi abad 21 ini berkisar di Rp 850 juta. Dengan biaya segitu peserta didik sekolah pilot terbaik di Indonesia menempuh pendidikan selama 12 bulan. Untuk melatih keterampilan mengemudi peserta, dilakukan pelatihan di Bandara Husein Sastranegara, Bandung. Mengingat penerbangan yang melayani transportasi menuju luar negara menjadikan calon peserta didik harus fasih berbahasa Inggris. Sebagai syarat masuk calon pilot harus lolos TOEIC dengan skor minimal 400.

3. Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug

Sekolah Pilot Terbaik di Indonesia

Sekolah ini merupakan sebuah sekolah penerbangan yang berdiri sejak tahun 1952. Sekolah yang dikelola pemerintah ini berada di daerah Curug, Legok, Tangerang. Sebagai sekolah negeri tentu untuk seleksi masuknya pun sangat ketat, mulai dari seleksi administrasi, TPA, kesehatan, dan juga kesamaptaan. Tidak cukup sampai disitu saja calon peserta didik harus melewati tahap psikotes, wawancara, dan juga tes bakat terbang. Demi mengedepankan kualitas sekolah pilot terbaik di Indonesia ini hanya meluluskan 20 peserta didik setiap tahunnya. Selama masa diklat peserta didik tidak boleh menikah.

4. Nusa Flying International

Tempat pendidikan Nusa Flying International berlokasi di Kalimalang, Bekasi. Sementara untuk pelatihan penerbangan Bandara Inten II dan Bandara Achmad Yani. Masa pendidikan dan pelatihan dari sekolah penerbangan ini adalah 1,5 tahun. Sekolah dengan biaya 828 juta ini telah bekerja sama dengan maskapai Lion Air, sehingga banyak jebolan sekolah ini bekerja di Lion Air. Pelatihan yang diberikan oleh Nusa flying International ini berupa PPL, CPL, MER, dan IR.

5. Perkasa Flight School

Perkasa Flight School merupakan sekolah penerbangan terbaik di Indonesia dan anak perusahaan PT. Mitra Aviasi Perkasa. Dengan biaya sebesar Rp645 juta sampai Rp725 juta, peserta didik akan mendapatkan pelatihan Private dan Commercial Pilot License, Multi-Engine Rating, dan Instrument Rating. Syarat untuk bisa masuk ke perkasa Flight School adalah berasal dari SMA jurusan IPA atau SMK jurusan listrik, elektro, dan otomotif. Tinggi badan calon peserta minimal 160 cm dan berusia minimal 17 tahun.

6. Aero Flyer Institute

Aero Flyer Institute berdiri di bawah naungan maskapai penerbangan Batavia Air. Lisensi yang diperoleh peserta berupa PPL, CPL, MER, dan IR. Dengan biaya sebesar kurang lebih 845 juta, peserta akan memiliki jumlah jam terbang sebesar 180 jam atau selama 2 tahun. Meski tergolong sekolah penerbangan baru, fasilitas yang ada menjadikan Aero Flyer Institute sebagai sekolah pilot terbaik di Indonesia. Pelatihan penerbangan menggunakan fasilitas yang berstandar dan dilakukan di berbagai bandara nasional.

7. Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan (ATKP) Surabaya

Sekolah Pilot Terbaik di Indonesia

Akademi ini lebih dikenal dengan ATKP Surabaya. Sekolah pilot tersebut berdiri pada tahun 1989. Sekolah penerbangan ini memiliki dua jurusan yaitu jurusan teknik penerbangan dan keselamatan penerbangan. Program diklat ATKP terdiri dari diploma dan nondiploma. Sebelum menjadi peserta didik Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan ini calon peserta wajib melampirkan syarat administrasi. Diantaranya SKCK, fotocopy paspor, KTP, KK, akte kelahiran, dan pas photo.

8. Eagle Air Academy

Sekolah Pilot Terbaik di Indonesia

Eagle Air Academy berbeda dengan sekolah pilot lainnya. Pasalnya sekolah pilot terbaik di Indonesia ini pembiayaanya boleh dicicil. Meski demikian tidak mengurangi kualitas jebolan Eagle Air Academy karena diajar oleh instruktur handal.

Untuk mendapatkan lisensi pilot professional, peserta didik harus menempuh pendidikan dan pelatihan selama 8 bulan. Mereka akan dilatih secara khusus untuk mengasah skills mengendalikan dan mengemudi sebuah maskapai.

9. Proflight Pilot School

Sekolah Pilot Terbaik di Indonesia

Sekolah pendidikan khusus pilot Proflight Pilot School ini mencetak lulusannya menjadi pilot handal. Para calon pilot digembleng teori dan praktik penerbangan demi mendapatkan lisensi PPL, CPL, dan IR. Sekolah ini berdiri pada tahun 2010 lalu.

Silabus yang diberikan sesuai dengan perkembangan kompetensi pilot saat ini. Lulusan dari sekolah tinggi Proflight Pilot School ini memiliki kompetensi teknik dan keselamatan penerbangan yang mumpuni.

10. Flybest Flight Academy

Sekolah Pilot Terbaik di Indonesia

Jika sekolah penerbangan lainnya berada di Jakarta dan Surabaya, Flybest Flight Academy ini berada di Bandara Hang Nadim, Batam. Biaya pelatihan dibanderol pada angka 945 juta dengan masa pelatihan 14 bulan. Fasilitas yang diberikan untuk calon pilot termasuk 4 unit aircraft. Untuk menggunakannya peserta didik Flybest Fligh Academy didampingi oleh 6 instruktur asing yang berpengalaman.

Itulah daftar sekolah pilot terbaik di Indonesia yang bisa jadi referensi Anda para calon pilot. Mau memilih yang paling mahal pun tidak masalah asal sesuai dengan hasil yang diperoleh nantinya. Menjadi seorang pilot maskapai penerbangan menjadi dambaan karena hasil yang menggiurkan. Agar karir penerbangan cemerlang, pastikan Anda memilih sekolah penerbangan yang terbaik.

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.