Berkarir di dunia transportasi terutama pelaut diminati oleh segelintir orang. Alasannya tak lain adalah penghasilan yang menggiurkan dan juga memiliki pengalaman mengarungi lautan luas. Salah satu bentuk mewujudkannya adalah dengan menuntut ilmu di sekolah pelayaran. Sekolah terbaik akan menjadikan peluang karir sebagai pelaut semakin cemerlang. Dan buat yang masih bingung mesti memilih sekolah mana, berikut referensi sekolah pelayaran terbaik di Indonesia.

Rekomendasi Sekolah Pelayaran Terbaik Di Indonesia Tahun 2020

Dalam menentukan sekolah pelayaran sebaiknya pilihlah sekolah yang telah diakui IMO. IMO atau International Maritime Organization merupakan lembaga kelas dunia yang dinaungi oleh PBB guna mengatasi permasalahan kemaritiman. Karir kemaritiman semakin terbuka seiring dengan meningkatnya jumlah permintaan tenaga pelayaran dunia. Apakah Anda tertarik terjun sebagai pelaut seperti nenek moyang? Jika Anda tertarik, berikut beberapa sekolah pelayaran terbaik di Indonesia yang bisa dijadikan acuan saat hendak menempuh pendidikan kemaritiman.

1. BP3IP Jakarta

Sekolah Pelayaran Terbaik Di Indonesia

BP3IP atau Balai Besar Pendidikan Penyegaran dan Peningkatan Ilmu Pelayaran merupakan lembaga milik pemerintah. Lembaga yang berlokasi di Jakarta ini berfungsi sebagai tempat pendidikan dan pelatihan para pelaut yang telah diakui oleh IMO.

Para calon pelaut dibekali ilmu kemaritiman yang diajarkan oleh instruktur professional. Jadi sudah tidak heran apabila lulusan baik dari lembaga formal maupun nonformal BP3IP memiliki kompetensi yang berdaya saing.

2. STIP Jakarta

Sekolah Pelayaran Terbaik Di Indonesia

Masih di Jakarta, terdapat sekolah pelayaran yang dinaungi langsung oleh Kementerian Perhubungan Indonesia yakni STIP. STIP atau Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran merupakan sekolah pelayaran negeri tertua di Indonesia. Sebagai sekolah tinggi ilmu pelayaran terbaik di Indonesia, STIP berhasil mencetak lulusan yang berkompeten. Kesempatan menjadi seorang pelaut pun semakin terbuka.

3. BP2IP Tangerang

Sekolah Pelayaran Terbaik Di Indonesia

Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran(BP2IP) merupakan sebuah sekolah kemaritiman yang berada di Tangerang. Jadi untuk warga Tangerang dan sekitarnya bisa memilih BP2IP Tangerang untuk dijadikan sebagai tempat menuntut ilmu kelautan. Di BP2IP peserta didik diberikan fasilatas simulator, laboratorium dan ruang belajar yang nyaman. Demi meningkatkan sofskill calon pelaut, BP2IP menyediakan aneka macam ekstrakurikuler.

4. Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar

Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar menjadi solusi buat warga Sulawesi yang tidak ingin jauh-jauh untuk menempuh pendidikan kelautan. Sekolah pelayaran yang berdiri sejak 1921 ini memiliki 3 jurusan utama yakni nautika, teknika, dan KALK. Selama masa diklat calon pelaut dari sekolah pelayaran terbaik di Indonesia tidak boleh menikah. PIP Makassar memiliki fasilitas canggih seperti engine room control dan full mission ship simulator. Pelatihan pelayaran menggunakan kapal latih Sultan Hasanudin.

5. Akademi Maritim Cirebon

Untuk Anda warga pesisir pantai utara bisa memilih Akademi Maritim Cirebon sebagai tempat menempuh pendidikan kelautan. Sekolah pelayaran ini telah berdiri sejak tahun 1986. Lulusan dari Akademi Maritim Cirebon akan menjadi perwira pelayaran yang ahli di bidang nautika dan teknika. Selain itu juga akan mencetak peserta didiknya menjadi perwira pelayaran kompeten bidang ketatalaksanaan pelayaran niaga.

6. PIP Semarang

Tidak hanya di Makassar saja, Politeknik Ilmu Pelayaran juga hadir di kota bandeng presto, Semarang. PIP Semarang merupakan salah satu sekolah pelayaran terbaik di Indonesia dan diakui oleh IMO. Sekolah pelayanan ini langsung dikelola oleh kementerian Perhubungan Indonesia. Jebolan dari PIP Semarang dicetak menjadi Perwira Pelayaran Besar dan juga tenaga ahli ke pelabuhan.

7. AMN Cilacap

Meski kota kecil, Cilacap memiliki berbagai perguruan tinggi bidang transportasi. Salah satunya adalah Akademi Maritim Nusantara Cilacap. Sekolah penerbangan yang berawal dari Surakarta ini menyelenggarakan program diploma. Sementara untuk program studinya terdiri dari teknik, pengelolaan pelabuhan, dan nautika. Lokasinya yang berada di dekat Teluk Penyu ini membuat praktik pelatihan pelayaran menjadi semakin mudah.

8. AMY Yogyakarta

Sekolah Pelayaran Terbaik Di Indonesia

Yogyakarta yang terkenal sebagai kota pelajar juga tidak mau ketinggalan. Yogyakarta memiliki Akademi Maritim Yogyakarta (AMY). AMY Yogyakarta yang berdiri dengan 3 prodi ini diyakini sebagai akademi pelayaran terbaik di Indonesia. Program studi AMY yakni Ketatalaksanan Pelayaran Niaga, Nautika, dan Teknik dalam jenjang diploma. Sekolah penerbangan ini telah mendapat pengakuan dari IMO pada tahun 2016.

9. Politeknik Pelayaran Surabaya

Politeknik Pelayaran Surabaya

Politeknik Pelayaran Surabaya atau disebut juga sebagai Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BP2IP). Sekolah penerbangan ini memiliki 2 kampus yang beralamat di Perak dan Rungkut Surabaya. Banyak lulusan dari politeknik pelayaran ini yang berkecimpung dalam dunia pelayaran. BP2IP memiliki 3 prodi dalam jenjang diploma untuk mencetak tenaga ahli pemesinan, kelistrikan dan navigator kapal.

10. SMK Pelayaran Bhakti Samudera Surabaya

Kalau Anda sudah membulatkan tekad menjadi pelaut handal sejak tingkat SMP, Anda bisa masuk ke SMK Pelayaran Bhakti Samudera. Sekolah yang berada di Surabaya ini layaknya SMA Taruna Nusantara yang mencetak lulusannya menjadi perwira.

Menariknya dengan menuntut ilmu di sekolah pelayaran terbaik di Indonesia ini Anda akan mendapatkan dua ijazah sekaligus. Ada ijazah keluaran Kementerian Pendidikan yang bisa digunakan untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Dan ada juga keluaran Kementerian Perhubungan Laut yang bisa digunakan untuk bekerja di pelayaran.

11. STIMART AMNI Semarang

STIMART AMNI Semarang merupakan lembaga pelayaran tertua di Semarang yang berdiri sejak tanggal 9 September 1964. Dan pada tahun 2015 dengan sertifikat ISO 9001:2015 telah diakui oleh International Maritime Organization.

Kampus biru AMNI ini telah mencetak alumnusnya terserap di berbagai kapal domestic dan non domestic. Sejak februari 2020 STIMART AMNI telah berganti menjadi Universitas Maritim AMNI Semarang. Ada beberapa program studi unggulan STIMART AMNI yang bisa dipilih yakni S1-Manajemen transport dan D3-Nautika.

12. BPPTL Jakarta

BPPTL atau Balai Pendidikan dan Pelatihan Transportasi laut Jakarta ini berlokasi di Cipedak, Jagakarsa. Sebuah kecamatan yang berada di Jakarta Selatan. BPPTL menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan untuk pegawai negeri sipil transportasi laut. Diantaranya ada diklat teknis bidang perkapalan dan kepelautan, diklat teknikKPLP, diklat lalu lintas angkutan laut dan kenavigasian.

Itulah 12 sekolah pelayaran terbaik di Indonesia yang patut dijadikan tempat untuk menimba ilmu kemaritiman. Pilihlah sekolah pelayaran yang telah diakui kualitasnya oleh badan kemaritiman dunia (IMO) agar karir Anda lebih menjanjikan. Informasi diatas dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan lokasi juga untuk Anda yang daerahnya tidak memiliki sekolah pelayaran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.