Cara Daftar Akun Gmail Melalui Computer dan HP yang Mudah

0
32

Apakah Anda sedang mencari cara daftar akun Gmail? Ya, aplikasi email besutan Google ini tengah populer di kalangan masyarakat. Cara pengoperasian dan fitur yang disediakan membuat Gmail lebih diminati daripada aplikasi lainnya. Melalui Gmail Anda bisa mengirim pesan email secara mudah dan lengkap. Selain itu, akun Gmail merangkap sebagai akun Google, ini berarti secara otomatis Anda terhubung dengan aplikasi Google lainnya, seperti Google Play, Google Drive, Youtube, dan masih banyak lagi.

Tak dapat dipungkiri bahwa era digital merambah semua aspek, sehingga memiliki akun email adalah sebuah kewajiban. Contoh, dalam mengirim lamaran pekerjaan, Anda akan diminta untuk menggunakan email. Nah, untuk memudahkan Anda, kali ini diberikan informasi mengenai langkah membuat akun gmail melalui computer dan HP secara lengkap.

Langkah Mudah Membuat Gmail di Laptop dan HP Secara Gratis

Pada dasarnya cara buat akun Gmail di laptop dan Hp itu sama. Namun ada beberapa langkah awal yang membedakan. Jadi, Anda perlu memperhatikan alat apa yang akan digunakan untuk mendaftar Gmail. Berikut cara lengkap membuat akun Gmail melalui laptop dan HP, yaitu:

Tahap Registrasi Gmail di Komputer

Berikut cara yang perlu Anda lakukan agar bisa buat akun gmail cepat di laptop, yaitu:

1. Masukkan alamat gmail.com pada kolom web browser Anda, lalu klik ‘create account.

2. Lakukan pengisian data diri dengan benar untuk memudahkan apabila nanti terjadi sesuatu. Adapun data yang perlu Anda isi diantaranya:

  • Nama lengkap yang akan Anda gunakan sebagai user name atau nama pengguna
  • Alamat email yang Anda inginkan dengan mencantumkan @gmail.com. Misal anisarahma92@gmail.com. Apabila muncul tulisan ‘That username is taken. Try another’, berarti Anda perlu mengganti dengan lainnya karena alamat tersebut telah terpakai.
  • Password yang mudah Anda ingat, namun tidak mudah ditebak orang lain. Kemudian ulangi dengan mengisi password pada kolom konfirmasi sandi Anda.
  • Tanggal lahir Anda secara lengkap dan benar.
  • Gender atau jenis kelamin Anda.
  • Nomor HP atau ponsel yang aktif. Kegunaan nomor HP adalah memudahkan apabila nanti Anda lupa dengan password.
  • Lokasi Anda yakni Indonesia.

3. Klik tombol ‘Langkah berikutnya’. Maka kemudian akan muncul halaman pop up privasi dan persyaratan. Anda perlu melakukan scroll hingga bagian bawah lalu klik tombol ‘saya setuju’. Selamat Anda telah berhasil membuat akun gmail baru di laptop. Apabila Anda ingin langsung menggunakan maka klik ‘continue’.

Tahap daftar akun Gmail di HP

Akun Gmail juga bisa Anda akses melalui HP. Bahkan akun ini memudahkan Anda untuk menjalankan semua aplikasi Google yang ada di android. Berikut cara buat akun gmail baru lewat HP yang perlu Anda lakukan, yakni:

1. Masuk ke menu pengaturan atau setting lalu pilih akun atau account

2. Klik add account atau tambah akun dan cari ikon Google, sehingga muncul pilihan sign in dan create a new account.

3. Pilih create a new account untuk buat akun gmail baru di android.

4. Sebagaimana cara daftar di laptop, Anda perlu mengisi data secara benar. Namun tampilan di HP berbeda dengan laptop. Data yang harus Anda isi, yaitu:

  • Nama lengkap pada kolom nama depan dan belakang, lalu tekan ‘next’
  • Tanggal lahir dan jenis kelamin, lalu tekan ‘next’
  • Alamat email yang mudah Anda ingat, lalu tekan ‘next’
  • Masukkan password yang mudah Anda ingat minimal 8 karakter, kemudian ulangi pada kolom di bawahnya, lalu tekan ‘next’

5. Selanjutnya akan muncul kotak privasi dan persyaratan, di sini Anda perlu meng-klik tombol ‘I agree’

6. Setelah itu akan muncul konfirmasi username dan password, lalu tekan ‘next’

7. Anda akan dihadapkan dengan kolom pilihan pembayaran. Di sini Anda cukup melewatinya dengan memilih ‘No thanks’, lalu tekan ‘next’

8. Beberapa detik kemudian Anda akan memperoleh pemberitahuan bahwa proses registrasi account gmail baru telah berhasil.

Tahap verifikasi nomor HP untuk akun Gmail

Perlu diketahui, pada saat melakukan registrasi Gmail di laptop maupun HP, Anda perlu melakukan verifikasi nomor telepon yang telah didaftarkan. Hal ini bertujuan untuk memudahkan Anda melakukan riset password apabila terjadi lupa kata sandi. Maka dari itu, sebenarnya merupakan tindakan yang salah ketika Anda buat akun gmail baru tanpa no hp. Berikut cara mudah melakukan verifikasi nomor, yaitu:

  1. Masukkan alamat https://myaccount.google.com/security-chekup pada kolom browser Anda
  2. Pilih ikon segitiga merah lalu klik ‘verifikasi nomor ponsel sekarang’, lalu klik ‘dapatkan kode’. Kode akan dikirim melalui sms ke nomor yang telah Anda daftarkan.
  3. Masukkan kode yang dikirim oleh Google. Apabila Anda menggunakan HP, biasanya terjadi deteksi kode secara langsung. Lalu klik ‘verifikasi’
  4. Selamat proses verifikasi Anda telah berhasil. Apabila nanti terjadi perubahan nomor HP (nomor sudah tidak aktif), maka Anda perlu memperbaharui data nomor HP.

Kelebihan Akun Gmail dibandingkan Aplikasi Lain

Setelah mengetahui cara buat akun Gmail, mungkin selanjutnya Anda perlu mengetahui kelebihan dari pada aplikasi lain, yakni:

  1. Fitur filter spam. Menggunakan Gmail akan menghindarkan Anda dari email spam, sehingga tidak sembarang email dapat masuk ke inbox.
  2. Tidak ada iklan pop up. Anda tentu jengkal dengan keberadaan iklan pop up yang tiba-tiba muncul memenuhi layar saat membuka aplikasi. Namun ini tidak terjadi saat menggunakan Gmail.
  3. Dapat akses secara offline. Gmail tetap bisa dibuka meski tak tersambung dengan jaringan internet, namun di sini Anda tidak dapat memperbaharui email yang masuk.
  4. Fitur hangout. Tidak sekadar layanan pesan email, Gmail juga menyediakan hangout. Ini merupakan fitur video call dengan banyak orang.

Nah, itulah daftar akun gmail melalui computer dan HP. Cukup mudah, ya. Pada dasarnya Gmail tersedia dalam bahasa Inggris. Apabila dirasa kesulitan, Anda bisa mengubah setelan bahasa untuk buat akun Gmail berbahasa Indonesia. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.