Pengertian Wawasan Nusantara

Dalam pelajaran di sekolah, sering kita mendengar mengenai istilah wawasan nusantara terutama dalam pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Pengetahuan tentang wawasan nusantara telah ditanamkan sejak kita masih kecil supaya kita memiliki cara yang sama dalam memandang, meninjau dan melihat bangsa sendiri. Selain teori tentang wawasan nusantara menurut para ahli yang kita dapat di sekolah, apakah Anda sebenarnya mengerti dengan mendalam pengertian wawasan nusantara. Bagaimana cara implementasinya dalam kehidupan sehari-hari. Inilah uraian lengkapnya.

Pengertian Wawasan Nusantara Menurut Para Ahli

Beberapa ahli ilmu kenegaraan merumuskan pengertian wawasan nusantara sesuai dengan pandangan dan pendapat mereka masing-masing. Namun, kita dapat mengartikan wawasan nusantara secara garis besar. Istilah ini mengandung dua kata yaitu wawasan dan nusantara. Wawasan memiliki arti sebagai cara pandang, cara meninjau, cara melihat dan semua yang bersifat dan berhubungan dengan indrawi.

Sedangkan, Nusantara berarti satu kesatuan pulau-pulau di Indonesia. Jadi, wawasan nusantara adalah mengacu pada cara pandang kita terhadap Bangsa Indonesia dengan melihatnya sebagai satu kesatuan pulau dan kepulauan. Berikut ini adalah beberapa versi pengertian wawasan nusantara menurut para ahli, diantaranya adalah :

1. Menurut Prof. Dr. Wan Usman

Menurut beliau, wawasan nusantara adalah cara pandang bangsa Indonesia sendiri terhadap diri dan tanah airnya. Cara pandang ini melihat Indonesia sebagai negara kepulauan dan aspek kehidupan yang beragam.

2. Menurut Kel. Kerja LEMHANAS (Lembaga Pertahanan Nasional)

Berdasarkan pendapat LEMHANAS, wawasan nusantara diartikan sebagai kaidah dan tata cara menyikapi permasalahan bangsa Indonesia terkait diri dan lingkungannya. Bangsa Indonesia sebagai negara yang bernilai strategis dan mengutamakan persatuan kesatuan hendaknya memiliki cara pandang dan sikap tersendiri dalam merespon perbedaan.

Bagaimana bangsa ini menyelenggarakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara adalah cara termudah untuk menerapkan wawasan nusantara. Tentunya dengan maksud demi mencapai tujuan nasional.

3. Berdasarkan Tap MPR Tahun 1993 dan 1998 Tentang Garis Besar Haluan Negara

Pengertian wawasan nusantara adalah cara pandang, tinjau, sikap dan respon yang akan ditunjukkan dari bangsa Indonesia terhadap diri dan lingkungannya yang beraneka ragam. Cara pandang yang merujuk pada diri sendiri dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan dalam menyelenggarakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Wawasan nusantara bertujuan untuk mencapai apa yang diimpikan dan diidamkan oleh seluruh bangsa Indonesia yaitu persatuan.

Fungsi Wawasan Nusantara

Melihat beragamnya pengertian wawasan nusantara oleh beberapa pendapat, dapat disimpulkan bahwa pada intinya istilah ini memiliki satu tujuan yaitu menyamakan pendapat. Ada fungsi yang hendak dimanfaatkan dari dua kosa kata tersebut. Kali ini, kita akan membahas mengenai fungsi dari wawasan nusantara. Fungsi dari wawasan nusantara akan dibagi menjadi beberapa kelompok berdasarkan pendapat ahli dan pembagian lainnya. Jadi, wawasan nusantara sangat penting untuk:

1. Fungsi Wawasan Nusantara secara Umum

Jika kita melihat definisi dan pengertian wawasan nusantara diatas, kita akan melihat beberapa hal berikut ini. Wawasan nusantara berfungsi sebagai rambu, peraturan, pedoman yang dipergunakan untuk menentukan segala keputusan sehubungan dengan penyelenggaraan negara. Segala sesuatu yang diputuskan untuk kepentingan negara harus didasarkan pada kepentingan seluruh rakyat dalam satu kesatuan.

2. Fungsi Wawasan Nusantara menurut Cristine S.T. Kansil, S.H., MH dkk

Dalam sebuah buku pendidikan karangan Cristine S.T. Kansil, S.H., MH dkk, menyatakan bahwa wawasan nusantara digunakan untuk membentuk persatuan dan kesatuan. Istilah ini juga menjadi dasar yang melandasi pengambilan keputusan kebijakan dan strategi nasional agar supaya tetap mengedepankan persatuan dan kesatuan.

3. Fungsi Wawasan Nusantara Dibedakan atas Konsep Implementasi

  • Sebagai konsep ketahanan nasional, wawasan nusantara mendasari pembangunan, pertahanan keamanan dan kewilayahan negara kesatuan dan persatuan.
  • Dalam konsep pembangunan nasional, wawasan nusantara mencakup seluruh kesatuan dalam politik, sosial, ekonomi dan budaya.
  • Dalam konsep geopolitik, wawasan nusantara merupakan kesatuan yang meliputi seluruh wilayah Indonesia dan warga negara meskipun dalam pemetaan kekuatan politik yang berbeda.
  • Sebagai wawasan kewilayahan, wawasan nusantara berfungsi untuk mengurangi konflik dan menghindari sengketa dengan bangsa lain.
Tujuan Wawasan Nusantara

Mempelajari pengertian wawasan nusantara membuat kita memahami bahwasanya bangsa ini setidaknya harus memiliki kacamata yang sama dalam melihat perbedaan. Secara umum, tujuan dari wawasan nusantara adalah untuk membangkitkan rasa nasionalisme di hati semua warga negara. Menciptakan sebuah nilai yang menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan bangsa di tengah beragamnya berbedaan warga negara Indonesia.

Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang majemuk dengan ratusan perbedaan di dalamnya. Warna kulit, bahasa, budaya, adat, agama, suku bangsa dan lain sebagainya adalah perbedaan yang nampak sekali dalam masyarakat Indonesia.
Namun dengan adanya wawasan nusantara, kita tidak lagi memandang semua hal itu sebagai sebuah perbedaan. Justru kita memandangnya sebagai sebuah kekayaan dan bentuk kemajemukan bangsa Indonesia.

Dengan memiliki cara pandang yang sama, semua warga negara akan memiliki prioritas dalam setiap tindakan dan perilakunya. Dengan cara meninjau yang sejalan, seluruh warga negara ini akan mempunyai sistem pengambilan keputusan yang tepat jika berhubungan dengan kedaulatan bangsa.

Mereka akan mampu mengambil keputusan untuk mengutamakan kepentingan bangsa dan negara diatas kepentingan kelompok dan golongan. Itulah pentingnya menanamkan wawasan nusantara kepada generasi muda sejak dini.

Implementasi Wawasan Nusantara dalam Berbagai Aspek Kehidupan

Wawasan Nusantara bukan hanya sebuah teori yang hanya untuk diajarkan di sekolah-sekolah. Pengertian wawasan nusantara harus didalami dengan sebenar-benarnya supaya bisa dimanfaatkan dan diimplementasikan dalam berbagai macam aspek kehidupan. Berikut ini adalah beberapa contoh dan perumpamaan implementasi wawasan nusantara dalam berbagai aspek kehidupan, diantaranya adalah :

1. Dalam Kehidupan Politik

Politik adalah sesuatu hal yang pasti ada dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Politik sebagai bentuk aspirasi dan wadah untuk menyalurkan suara dalam pemerintahan. Menurut pengertian wawasan nusantara, ilmu ini harus menjadi dasar semua pergerakan dan aktivitas politik di negara ini.

Contohnya adalah proses pemilihan kepala negara. Perbedaan tidak menjadi alasan terjadinya perpecahan karena pendapat yang tidak sama. Dengan wawasan nusantara, setiap orang akan memiliki kelapangan dada dalam menerima semua keputusan demi kebaikan bangsa dan negara.

2. Dalam Kehidupan Ekonomi

Kepentingan rakyat adalah kepentingan yang harus diutamakan dalam setiap pengambilan kebijakan ekonomi. Melihat kondisi geografis Indonesia, peraturan yang berhubungan dengan ekonomi harus dicondongkan pada faktor pemerintahan, industri dan pertanian. Pembangunan harus melibatkan rakyat secara aktif agar mereka turut serta menikmati hasil pembangunannya.

3. Dalam Kehidupan Sosial

Tidak dipungkiri bahwa Indonesia adalah negara yang majemuk dengan beragam kekayaan di dalamnya. Di sini, kita akan belajar bagaimana mengembangkan kehidupan sosial yang beragam tadi dalam satu kesatuan tanpa terpecah belah.

Bagaimana kita mampu mengatasi perbedaan yang sedemikian beragam dan mengambil keputusan yang tidak memberatkan satu pihak. Terakhir, kita juga akan belajar bagaimana kekayaan ini dapat menjadi sumber kemakmuran kehidupan masyarakat.

Jika sedari dini kita benar-benar memahami pengertian wawasan nusantara dan memiliki pandangan yang sama terhadap bagaimana cara mengaplikasikannya, hal baik akan tercipta. Perpecahan dalam negara ini tidak akan pernah terjadi. Perbedaan justru akan memperkaya dan bukan menjadi celah munculnya ketidak selarasan.