Cek Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri Berikut, Ini Penyebab Utamany

0
68

Rasa nyeri atau sakit di bagian pinggang mungkin adalah salah satu hal yang sering dirasakan oleh banyak orang. Namun jika sakitnya hanya pada bagian tertentu saja, seperti sakit pinggang sebelah kiri, Anda wajib waspada. Hal ini pasti membuat Anda penasaran apakah penyebabnya. Sakit pinggang bisa dialami oleh siapa saja. Tidak hanya oleh orang-orang yang sudah tua atau orang-orang yang mengalami penyakit tertentu. Orang dewasa atau bahkan anak muda pun banyak yang mengalaminya.

6 Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri

Anda mungkin mengalami sakit pinggang sebelah kiri seperti kesakitan pada bagian pinggang ketika bergerak disertai dengan kesemutan dan mati rasa. Anda juga seringkali kesulitan ketika hendak duduk atau bersandar. Bahkan ada pula yang mengalami rasa sakit hingga menjalar ke leher dan kepala. Semua gejala ini pasti memiliki penyebab tertentu. Semua rasa sakit yang Anda alami adalah cara tubuh mengabarkan bahwa ada sesuatu yang sedang terjadi dalam tubuh Anda.

Untuk mengetahui penyebab pastinya, Anda harus memeriksakan kondisi tubuh pada dokter ahli. Namun, sebagai informasi tambahan, berikut ini adalah beberapa penyebab yang membuat Anda mengalami sakit pinggang sebelah kiri. Diantaranya adalah :

1. Ketegangan Otot

Penyebab pertama adalah otot yang mengalami penegangan. Anda harus mengingat lagi apakah beberapa hari ke belakang pernah melakukan aktivitas cukup berat. Hal ini bisa berpengaruh terhadap kondisi otot. Olahraga berat, mengangkat beban yang terlalu berat dan lain sebagainya bisa menyebabkan sakit pinggang sebelah kiri.

Jika Anda melakukan gerakan atau aktivitas spontan yang terlalu berat, otot yang berada di daerah pinggang dapat mengencang atau tertarik. Hal ini bisa membuat otot tersebut menjadi tegang dan bahkan tidak jarang bisa robek. Itulah mengapa Anda akan merasakan nyeri di pinggang.

Jika sakit pinggang kiri Anda memang disebabkan oleh ketegangan otot, Anda tidak perlu khawatir. Rasa nyerinya bisa reda dan kembali pulih setelah Anda beristirahat selama beberapa waktu. Tapi jika Anda ingin memulihkannya dengan cepat, Anda bisa mengikuti program fisioterapy.

2. Saraf Terjepit

Saraf terjepit terjadi karena pergeseran bantalan tulang belakang atau bisa juga karena terjadi kerusakan pada bagian tulang punggung. Umumnya, sakit pinggang sebelah kiri yang disebabkan oleh saraf terjepit disertai dengan rasa kesemutan dan rasa nyeri yang sangat hebat. Rasa nyerinya bahkan menjalar ke bagian paha dan kaki.

Untuk kasus saraf terjepit, ada banyak pilihan pengobatan yang bisa dilakukan. Diantarnya adalah pemberian obat-obatan, fisioterapi, operasi hingga tindakan laser. Semua tindakan tersebut dilakukan berdasarkan tingkat kesulitan penyembuhan saraf yang terjepit. Pastikan Anda segera mengambil tindakan medis jika diketahui penyebab sakit pinggang sebelah kiri dikarenakan saraf terjepit.

3. Stenosis Spinal

Stenosis spinal juga merupakan kondisi dimana saraf mengalami tekanan. Hampir serupa dengan saraf terjepit. Namun, stenosis spinal disebabkan oleh penyempitan tulang belakang.

Gejala penyakit ini selain sakit pinggang sebelah kiri, pasien juga mengalami rasa kram, kebas dan rasa lemas pada bagian tubuh tertentu. Hal ini tergantung dari bagian saraf manakah yang mengalami tekanan.

Penderita stenosis spinal juga akan mengalami nyeri hebat saat berdiri atau berjalan. Salah satu penyebab terjadinya stenosis spinal adalah tulang yang berubah karena mengalami penuaan. Bantalan saraf mengalami perubahan dan menekan saraf yang ada di sekitarnya sehingga menyebabkan nyeri.

4. Gangguan pada Ginjal

Ginjal terletak di bagian kanan dan kiri perut, tepatnya dekat dengan pinggang. Sehingga, jika terjadi permasalahan pada ginjal, gejala pertama yang muncul adalah nyeri atau sakit pinggang sebelah kiri dan kanan. Gangguan ginjal yang paling sering terjadi adalah batu ginjal dan infeksi ginjal. Biasanya sakit pinggang karena gangguan ginjal terasa di bagian pinggang antara tulang rusuk paling bawah hingga daerah panggul.

Batu ginjal adalah sebuah penyakit dimana terdapat endapan kecil dan keras di dalam ginjal. Endapan inilah yang menyebabkan rasa nyeri ketika seseorang hendak buang air kecil. Endapan batu ginjal berasal dari mineral dan garam yang mengendap dan mengeras. Dalam tahap tertentu, endapan ini dapat diluruhkan dengan bantuan pengobatan dan minum air putih sebanyak-banyaknya. Namun jika endapannya sudah terlalu besar dan keras, tindakan operasi mungkin menjadi salah satu solusi tercepat penyembuhannya.

Infeksi ginjal umumnya disebabkan karena terjadinya infeksi saluran kemih yang dibiarkan terus menerus. Infeksi ini disebabkan oleh serangan virus atau bakteri. Jika tidak segera ditangani, infeksi ini bahkan bisa membahayakan nyawa seseorang. Gejala infeksi ginjal selain sakit pinggang sebelah kiri dan kanan adalah demam, sering buang air kecil, sesak nafas hingga batuk.

5. Terjadi Cedera Otot dan Tulang

Anda mungkin saja mengalami cedera otot atau tulang di daerah sekitar pinggang. Sakit pinggang sebelah kiri bisa dialami oleh orang-orang yang terbentur bagian pinggangnya. Benturan ini terjadi dengan benda keras seperti kecelakaan menabrak mobil atau menabrak perabot. Hal ini dapat menyebabkan tulang atau otot di sekitar pinggang mengalami kerusakan. Nyeri yang dialami merupakan respon dari kerusakan otot atau tulang yang terjadi.

6. Kelainan pada Organ Reproduksi

Ada beberapa kasus yang bisa menyebabkan seseorang mengalami sakit pinggang sebelah kiri. Diantaranya adalah kista ovarium, endometriosis, miom atau kehamilan. Masalah-masalah yang terjadi pada organ reproduksi rawan menyebabkan nyeri di daerah pinggang. Hal ini dikarenakan organ tersebut berada di daerah panggul.

Kista ovarium adalah kantung padat yang berisi cairan yang muncul di daerah ovarium dan sekitarnya. Kista ini berbentuk benjolan dan pada beberapa kasus bahkan tidak menimbulkan gejala yang berarti. Jika sakit pinggang sebelah kiri Anda disebabkan oleh kista, sudah pasti penanganan medis harus segera dilakukan.

Endometriosis adalah ketika jaringan yang seharusnya tumbuh di dalam rahim malah muncul di luar rahim. Kondisi ini sering kali terjadi pada kaum wanita. Gejala selain sakit pinggang adalah nyeri hebat saat menstruasi. Banyak wanita yang selama masa menstruasi mengalami rasa nyeri yang tidak lagi bisa ditahan. Tidak sedikit dari mereka bahkan yang jungkir balik menahan rasa sakit. Oleh sebab itu, waspadai nyeri hebat saat menstrusi. Jangan dibiarkan berlarut tanpa diketahui penyebabnya.

Miom adalah benjolan berupa tumor jinak yang tumbuh di area rahim. Beberapa penderita miom tidak merasakan gejala-gejala tertentu. Meski demikian, bagi seorang wanita, Anda tetap harus waspada jika terkait gangguan atau masalah yang terjadi di sekitar organ reproduksi.

Sakit pinggang sebelah kiri mungkin tidak terlalu menjadi beban pikiran ketika hanya berlangsung sesaat. Apalagi rasa sakitnya tidak berulang kali muncul. Namun beda kondisinya jika sakit yang Anda alami terus datang dan rasa nyerinya semakin parah. Anda harus segera memeriksakannya pada dokter ahli supaya diketahui penyebab pastinya. Sebaiknya jangan meremehkan rasa sakit atau nyeri yang dikabarkan oleh tubuh Anda. Sakit atau nyeri tersebut adalah pertanda gangguan atau datangnya permasalahan dalam tubuh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.