Universitas Pariwisata dan Perhotelan Terbaik

Pariwisata Indonesia merupakan salah satu industri yang cukup menjanjikan, karena itulah banyak generasi muda yang bersiap untuk terjun di dalamnya. Universitas pariwisata dan perhotelan terbaik di Indonesia berikut ini akan menghasilkan generasi muda yang ahli dan kompeten. Mereka akan dididik menjadi tenaga profesional dan berilmu untuk mengembangkan potensi pariwisata Indonesia.

Universitas Pariwisata dan Perhotelan Terbaik di Indonesia

Besarnya potensi pariwisata di Indonesia didasarkan atas kekayaan alam Indonesia yang sangat melimpah. Di setiap sudut negeri ini dipenuhi oleh destinasi wisata yang memukau. Tempat-tempat inilah yang menarik wisatawan lokal ataupun asing untuk berlibur.

Jika industri pariwisata Indonesia tidak didukung sumber daya manusia memadai, maka sektor ini akan lumpuh dan tidak terarah. Itulah pentingnya sekolah-sekolah pariwisata yang bertujuan untuk menghasilkan orang-orang terampil di sektor ini.

Berikut ini adalah beberapa sekolah atau universitas pariwisata dan perhotelan terbaik yang ada di Indonesia. Diantaranya adalah:

1. Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung

Sekolah tinggi yang satu ini berdiri di bawah naungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi RI. Sekolah ini berdiri sejak tahun 1959 dan berlokasi di daerah Bandung. Kampus ini berlokasi di daerah yang strategis dan mudah sekali ditemukan.

Ada tiga jurusan yang disediakan oleh Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung ini. Diantaranya adalah jurusan Kepariwisataan, Perjalanan dan Hospitality. Ketiganya memiliki beberapa pilihan program studi yang tersedia dalam beberapa jenjang seperti S1, D3 dan D4.

2. Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti

Sekolah yang dulunya dikenal dengan nama Akademi Perhotelan dan Pariwisata Trisakti ini berdiri pada tahun 1969. Sekolah ini telah meluluskan setidaknya 13 ribu alumni yang telah terserap dan tersebar di seluruh penjuru tanah air dan luar negeri.

Sekolah ini menjadi universitas pariwisata dan perhotelan terbaik karena telah menyandang akreditasi A oleh BAN PT. Di sini, terdapat beberapa jenjang pendidikan seperti D1, S3, D4 hingga S1 yang bisa dipilih sesuai dengan minat dan bakat.

Sekolah ini tidak hanya meluluskan tenaga terampil saja, namun juga telah banyak mendapatkan penghargaan dari beberapa instansi. Salah satu yang pernah diraih adalah penghargaan inovasi dari Menteri Kebudayaan dan Pariwisata RI.

3. Sekolah Tinggi Pariwisata Pelita Harapan

Sekolah Tinggi Pariwisata Pelita Harapan ini menyediakan dua jurusan utama yaitu manajemen perhotelan dan usaha wisata. Kedua jurusan ini menjadi pilihan terbaik karena mampu menghasilkan lulusan yang kompeten di bidangnya.

Sekolah Tinggi ini masuk dalam jajaran universitas pariwisata dan perhotelan terbaik yang layak diperhitungkan. Mereka berhasil mendapatkan akreditasi A dari BAN PT dan memenangkan banyak sertifikat penghargaan.

4. Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid

Sekolah tinggi Pariwisata Sahid berlokasi di Surakarta. Sekolah ini menyediakan dua program yaitu perhotelan dan pariwisata. Jurusan perhotelan terdiri dari dua jenjang yaitu D3 dan D4 Perhotelan. Keduanya memperoleh akreditasi A dari BAN PT.

Sedangkan program kedua adalah pariwisata yang membawahi D3 dan D4 jurusan usaha perjalanan wisata. Keduanya juga mendapatkan akreditasi yang sama yaitu A.

Sekolah tinggi Pariwisata Sahid termasuk sebagai salah satu universitas pariwisata terbaik di Indonesia. Mereka memiliki sarana dan fasilitas yang sangat lengkap untuk mahasiswanya. Diantaranya adalah laboratorium, dapur, perpustakaan, travel bus, pastry dan lain sebagainya.

5. Universitas Merdeka Malang

Salah satu universitas ternama di kota Malang ini memang cocok untuk dinobatkan sebagai universitas pariwisata dan perhotelan terbaik. Universitas ini memiliki jurusan pariwisata dan perhotelan dengan jenjang Diploma.

Dalam prodi pariwisata, siswa akan diajarkan bagaimana memiliki keterampilan dan kemampuan menyelenggarakan layanan dalam kapal pesiar, hotel dan restoran. Selain itu, sekolah ini juga mengajarkan bagaimana cara menjalankan usaha biro perjalanan, mengelola objek wisata dan lain sebagainya.

Dua jurusan yang disediakan di sekolah ini adalah D3 pariwisata dan D4 usaha perjalanan wisata. Keduanya mendapatkan predikat akreditasi B dari BAN PT.

6. Universitas Bunda Mulia

Meskipun jurusan pariwisata dan perhotelan di Universitas Bunda Mulia tergolong baru, namun jurusan ini mampu mendapatkan akreditasi A dalam tempo yang cepat. Jurusan ini rupanya menjadi unggulan bagi UBM itu sendiri.

UBM menyediakan dua jurusan yaitu Hospitality dan Pariwisata. Keduanya memiliki sistem pengajaran yang unik dan menarik yang tidak hanya mengandalkan pertemuan tatap muka saja. Sekolah ini juga menyediakan fasilitas belajar online sehingga siswanya bisa belajar dari mana saja.

Berikut ini adalah beberapa fasilitas yang disediakan oleh jurusan pariwisata UBM yaitu software fidelio, ruang belajar dan dapur umum, mock-up room dan lain sebagainya. Inilah yang menjadikan UBM sebagai salah satu universitas pariwisata dan perhotelan terbaik di Indonesia.

7. Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali

Bagi Anda yang ingin mendapatkan banyak pilihan program studi di sekolah pariwisata, tepat kiranya jika memilih Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali. Sekolah ini memiliki jurusan terlengkap sebagai sekolah pariwisata dan menjadi universitas pariwisata dan perhotelan terbaik di Indonesia.

Ada 9 jurusan yang disediakan oleh STP Nusa Dua Bali yaitu :

  • Manajemen Kepariwisataan
  • Administrasi Perhotelan
  • Bisnis Hospitaliti
  • Manajemen Akuntansi Hospitaliti
  • Manajemen Konvensi Dan Perhelatan
  • Manajemen Bisnis Perjalanan
  • Manajemen Tata Boga
  • Manajemen Divisi Kamar
  • Magister Terapan Pariwisata

Sekolah ini juga memiliki fasilitas dan sarana super lengkap yang patut diacungi jempo. Diantaranya adalah hotel berstandar bintang 4 dengan spa, lab komputer yang terdiri dari 3 lantai dimana setiap lantai berisi 30 komputer, perpustakaan dan lain sebagainya.

8. Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA Yogja

Sekolah tinggi yang satu ini berlokasi di kota yang potensi wisatanya sangat besar yaitu Yogjakarta. Tidak salah jika sekolah pariwisata berdiri di kota ini. Sekolah tinggi pariwisata AMPTA merupakan salah satu universitas pariwisata dan perhotelan terbaik di Indonesia.

Sekolah ini memiliki fasilitas super lengkap seperti laboratorium bahasa, bar, lab komputer, kitchen and pastry, studio musik dan lain sebagainya. Sekolah ini juga memiliki ruang belajar yang menarik karena berbentuk bangunan berdesain tradisional. Siapapun pasti akan betah belajar di dalamnya.

Itulah 8 universitas pariwisata dan perhotelan terbaik di Indonesia yang patut diperhatikan. Sekolah-sekolah ini menghasilkan sumber daya manusia berkualitas yang akan memperkuat bidang pariwisata negeri ini.

Bagi Anda yang ingin terjun di dunia pariwisata dan perhotelan, menempuh pendidikan di sekolah-sekolah ini adalah investasi terbaik. Anda bisa mengembangkan pengetahuan, kemampuan dan ketrampilan agar supaya bisa bersaing di dunia pariwisata.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.