Pendaftaran PPDB Kota Bandar Lampung – Ayo Daftar Sekolah Online

1
50

Bulan Juni-Juli adalah masa-masa awal tahun ajaran baru. Pada bulan-bulan ini, proses penerimaan siswa baru dimulai. Beberapa tahun belakang ini, proses penerimaan siswa baru atau PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) mulai menggunakan tata cara baru yaitu dengan sistem online. Begitu juga dengan Pendaftaran PPDB Kota Bandar Lampung tahun 2019 saat ini. Meskipun belum semua sekolah menggunakan cara registrasi PPDB online, namun sistem online setidaknya telah memberikan kemudahan agar proses pendaftaran dapat berjalan cepat dan lancar.

Pendaftaran PPDB Kota Bandar Lampung Secara Online

Portal resmi untuk pendaftaran PPDB online kota Bandar Lampung adalah bandarlampung.siap-ppdb.com. Di portal resmi ini, Anda bisa melihat semua informasi yang berkaitan dengan lengkap seperti nama sekolah, alur pendaftaran dan lain sebagainya. Anda bisa melakukan cara daftar PPDB online lewat HP ataupun lewat internet.
Proses atau alur pendaftaran PPDB kota Bandar Lampung adalah sebagai berikut :

1. Calon siswa mendatangi sekolah yang ingin dituju dengan membawa persyaratan seperti ijazah sekolah sebelumnya, KK dan berkas lainnya.

2. Calon siswa mengambil formulir pendaftaran yang disediakan oleh panitia PPDB

3. Formulir tersebut diisi dengan lengkap dan benar sesuai berkas yang dibawa kemudian diserahkan kembali pada panitia

4. Panitia akan melakukan entry data sesuai dengan formulir dan berkas yang diserahkan oleh calon siswa

5. Panitia akan mencetak bukti pendaftaran yang telah dilakukan oleh calon siswa

6. Calon siswa akan mendapatkan bukti pendaftaran bahwa calon siswa sudah mendaftar untuk proses PPDB online.

Proses pendaftaran telah selesai. Calon siswa dipersilahkan menunggu di rumah untuk menunggu jadwal ujian PPDB. Jadwal ujian dapat dilihat melalui portal resmi PPDB kota Bandar Lampung. Ujian seleksi PPDB biasanya dilakukan secara serentak oleh seluruh sekolah yang mengikuti proses pendaftaran PPDB online. Setiap calon siswa hanya diperbolehkan memilih satu sekolah sebagai calon sekolah tujuan. Oleh sebab itu, pilihlah sekolah yang dekat dengan tempat tinggal karena akan lebih diutamakan.

Proses Seleksi PPDB Kota Bandar Lampung

Seleksi penerimaan peserta didik baru dilakukan dengan cara ujian secara online yaitu melalui internet. Tempat pelaksanaan ujian bisa dilakukan dimana saja asalkan laptop atau PC terhubung dengan internet. Anda harus mempersiapkan kondisi jaringan internet agar tidak terjadi kendala pada saat mengerjakan soal ujian.

Seleksi akan dilakukan berdasarkan hasil ujian yang telah dilakukan. Berikut ini ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan seleksi kelulusan calon siswa yaitu :

1. Jarak terdekat antara rumah calon siswa (data sesuai KK) dengan sekolah yang dituju. Hal ini dikarenakan pihak sekolah akan lebih mengutamakan untuk calon-calon siswa yang bertempat tinggal di daerah sekitar sekolah.

2. Usia yang lebih tua diutamakan

3. Calon siswa yang mendaftar terlebih dahulu diutamakan

Sistem pendaftaran PPDB kota Bandar Lampung dengan cara online terbukti lebih efektif dan efisien. Selain menghemat waktu dan biaya, sistem online ini akan membaca data secara menyeluruh dan mengelompokkannya dengan lebih akurat. Hal ini dikarenakan sistem ujian online akan memilih dan mengerucut pada calon-calon siswa yang bertempat tinggal di sekitar sekolah terutama di wilayah sekitar kota Bandar Lampung.

Itulah beberapa informasi mengenai tata cara daftar sekolah lewat PPDB online kota Bandar Lampung. Jika Anda masih merasa bingung, mintalah bantuan atau tanyakan pada panitia sekolah terlebih lagi untuk proses ujian seleksinya. Jangan lupa untuk selalu mengecek update yang ada di situs resmi PPDB online.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.