Pengertian Kebugaran Jasmani

Kebugaran memiliki pengertian sebagai kompilasi kegiatan dan latihan olahraga yang dikerjakan di suatu tempat tertentu. Sedangkan jasmani memiliki pengertian yang berhubungan dengan tubuh atau raga. Pengertian kebugaran jasmani secara umum adalah semua bentuk kegiatan olahraga yang bertujuan untuk mendapatkan kesehatan, meningkatkan kekuatan dan daya tahan tubuhnya. Kebugaran jasmani seseorang diperlukan untuk dapat melakukan aktifitas sehari-hari dengan lancar. Supaya lebih jelas dan mendapatkan gambaran yang lengkap tentang pengertian istilah ini, mari kita simak uraian dibawah ini.

Pengertian Kebugaran Jasmani Menurut Para Ahli Ahli

Banyak ilmuwan yang berpendapat mengenai pengertian kebugaran jasmani secara rinci dan mendetail. Mereka semua memiliki pendapat yang berbeda-beda namun tetap dalam satu tujuan atau pengertian. Berikut ini adalah makna kebugaran jasmani menurut pandangan dari beberapa ahli yaitu :

1. Menurut Rusli Lutan

Menurut Rusli Lutan, seorang penulis buku kesehatan dan olahraga, kebugaran jasmani berarti kemampuan seseorang dalam melakukan segala bentuk aktifitas sehari-hari. Kemampuan ini melibatkan tiga unsur yaitu kekuatan, daya tahan dan fleksibilitas.

2. Menurut Muhajir

Kebugaran jasmani memiliki pengertian sebagai kekuatan dan kemampuan fisik seseorang dalam menjalani kegiatan sehari-hari tanpa merasa lelah.

3. Menurut Djoko Pekik Irianto

Djoko Pekik Irianto merupakan salah satu profesor ilmu kesehatan juga memiliki definisinya sendiri. Menurutnya, kebugaran jasmani adalah kemampuan seorang manusia untuk mengerjakan aktifitas keseharian dan tetap memiliki cadangan energi untuk melakukan kegiatan lain.

Manfaat Kebugaran Jasmani

Setelah melihat satu persatu pengertian kebugaran jasmani menurut para ahli, sekarang mari kita ketahui lebih mendalam manfaat kebugaran jasmani. Seseorang yang kebugaran jasmaninya terjaga pasti akan dapat menjalani hari-hari dengan nyaman dan lancar.

Berikut ini adalah berbagai macam manfaat dari kebugaran jasmani secara umum, yaitu:

  1. Membantu memperlancar aliran tubuh ke seluruh tubuh dengan meningkatkan sistem kerja jantung
  2. Mencegah resiko terkena penyakit jantung dan serangan jantung mendadak
  3. Mengurangi resiko terjadinya penyakit seperti ostoeporosis, tekanan darah tinggi, diabetes dan lain sebagainya
  4. Mencegah terjadinya kegemukan atau obesitas pada tubuh
  5. Membantu meningkatkan supply energi sehingga bisa melakukan aktifitas lebih banyak
  6. Meningkatkan stamina dan kekuatan tubuh untuk tampil energik dan bersemangat
  7. Membantu mengelola stress berlebih sehingga tidak akan menimbulkan depresi
  8. Membantu meningkatkan kemampuan organ dalam proses penyembuhan
  9. Meningkatkan kemampuan tubuh dalam merespon lebih cepat
  10. Meningkatkan kekuatan dan daya tahan otot di seluruh tubuh
  11. Meningkatkan fleksibilitas dan kelenturan tubuh
  12. Membantu merangsang proses pertumbuhan dan perkembangan anak-anak
  13. Membentuk mental kuat, berani, percaya diri dan mampu bekerja sama
  14. Meningkatkan rasa tanggung jawab pada pemeliharaan kebugaran dan kesehatan tubuh

Tujuan Kebugaran Jasmani Secara Spesifik

Pengertian kebugaran jasmani mengacu pada makna sehat tubuh, jiwa dan raga. Umumnya, kita melatih kebugaran jasmani untuk tujuan spesifik. Berikut ini adalah tujuan kebugaran jasmani:

1. Menghindari Penyakit

Banyak penyakit yang bisa dihindari jika kita selalu menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Penyakit-penyakit tertentu menyerang seseorang yang kebugaran tubuhnya buruk seperti darah tinggi dan penyakit jantung. Kegemukan atau obesitas juga bisa terjadi ketika seseorang mengabaikan kebugaran jasmaninya sedikit demi sedikit. Lemak menumpuk dalam tubuh terlalu lama tanpa pernah termanfaatkan dan terus menerus menumpuk.

2. Menurunkan Kandungan Lemak Jahat

Seperti disebutkan sebelumnya, lemak yang menumpuk dalam tubuh adalah faktor utama kegemukan. Untuk bisa membakar lemak ini, seseorang harus bekerja keras mengubahnya menjadi energi. Salah satu caranya adalah dengan berolahraga atau melakukan kegiatan kebugaran tubuh. Jika lemak dibiarkan terus menerus, ia akan berubah menjadi lemak jahat dan menyebabkan berbagai macam sumber penyakit.

3. Mengurangi Kemungkinan dan Resiko Kanker

Setiap orang memiliki bibit kanker dalam dirinya, hanya saja tidak semua memiliki faktor pemicu. Biasanya munculnya kanker dipicu oleh hal-hal seperti makanan, gen dan sebagainya. Namun, resiko kanker ini dapat diminimalis dengan selalu menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh. Aktifitas dan olahraga fisik yang berkualitas akan menjaga kualitas tubuh dan kebugaran jasmani Anda.

4. Meningkatkan Energi dan Mood

Dalam definisi kebugaran jasmani, kondisi mental dan psikologis seseorang memiliki hubungan sejajar dengan kondisi fisiknya. Semakin bagus dan berkualitas fisik seseorang, semakin baik pula kondisi mental dan psikologisnya. Anda bisa menjaga mood dan energi dengan melakukan olah raga ringan. Hal ini sangat bermanfaat saat Anda harus berhadapan dengan kondisi yang tak terduga.

Unsur Kebugaran Jasmani

Seperti yang bisa dilihat dari pengertian kebugaran jasmani, istilah ini memiliki beberapa unsur di dalamnya. Unsur-unsur yang mendukung agar supaya tujuan dan manfaatnya dapat tercapai melalui proses yang tepat. Berikut ini unsur kebugaran jasmani:

1. Kekuatan

Kekuatan merupakan faktor utama dalam kebugaran jasmani. Kata kekuatan merujuk pada kemampuan otot untuk melakukan aktifitas dan latihan-latihan dengan tekanan tertentu. Contohnya adalah melakukan sit up untuk melatih kekuatan otot perut. Push up untuk melatih kekuatan lengan. Squat jump untuk melatih kekuatan otot kaki.

2. Daya Tahan Otot

Daya tahan otot adalah kemampuan otot untuk menahan dan mendukung aktivitas sehari-hari. Dalam batas tertentu, otot masih memiliki sisa kekuatan yang akan membuatnya bertahan dalam melakukan sebuah aktifitas atas latihan.

3. Daya Tahan Otot dan Paru-paru

Daya tahan yang satu ini merupakan kompilasi dari kekuatan beberapa organ tubuh yang menunjang kekuatan dan ketahanan tubuh pada umumnya secara jangka panjang. Otot sebagai penggerak, paru-paru sebagai penyedia oksigen dan jantung sebagai pemompa darah. Sejauh mana ketiga organ ini mampu bertahan menghadapi aktifitas atau latihan tertentu.

4. Kelincahan

Kelincahan merupakan salah satu unsur dalam definisi kebugaran jasmani yang ditunjukkan dengan kemampuan bergerak kesana kemari kesegala arah dengan cepat dan tangkas.

5. Kelenturan

Kelenturan atau flesibilitas adalah kemampuan seseorang untuk menggerakkan setiap bagian tubuhnya dalam batasan satu ruang gerak tanpa mengalami cedera otot atau sendi.

6. Daya Ledak

Daya ledak bisa diartikan sebagai kekuatan otot seseorang untuk mampu menahan beban berat dalam kecepatan tinggi.

7. Koordinasi

Istilah koordinasi dalam definisi kebugaran jasmani berarti kemampuan seseorang untuk bisa bekerja sama dengan orang lain dalam mencapai tujuan tertentu.

8. Keseimbangan

Dalam pengertian kebugaran jasmani, keseimbangan mengacu pada kemampuan tubuh untuk bertahan di posisi apapun dalam kondisi seimbang.

9. Ketepatan

Ketepatan berhubungan dengan kemampuan seseorang mengarahkan sebuah gerakan menuju sebuah titik tujuan tertentu.

10. Reaksi

Dalam hal ini, reaksi dapat diartikan sebagai kemampuan seseorang untuk bertindak dengan cepat dan segera dalam menanggapi rangsangan yang datang.

Itulah semua informasi mengenai pengertian kebugaran jasmani dan semua manfaat serta unsur yang ada di dalamnya. Kebugaran jasmani merupakan hal penting yang tidak boleh diabaikan jika kita menginginkan hidup yang berkualitas. Kebugaran jasmani akan mempersiapkan fisik dan mental kita dalam menghadapi segala hal yang mungkin terjadi esok hari. Oleh sebab itu, selalu jaga kesehatan dan kebugaran jasmani Anda dengan olahraga cukup, makanan bergizi, dan pikiran positif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.